Cara Merekam Suara Yang Baik Dengan Smartphone & Tablet

3 Jan 2013 11:00 37210 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu fitur terpenting pada ponsel selain SMS dan telepon adalah merekam. Fitur ini telah mengubah cara wartawan mendapatkan berita yang cepat dan praktis. Bagi Anda yang senang merekam suatu berita atau kejadian, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara merekam suara yang benar via smartphone dan tablet berikut ini.

Smartphone yang ada di genggaman Anda begitu cerdas. Dengan satu perangkat banyak sekali yang dapat dilakukan. Kita bisa menghabiskan waktu dengan bermain game, menambahkannya aplikasi-aplikasi yang canggih, bisa memotret, dan yang paling mendasar bisa SMS dan telepon. Salah satu fitur yang tidak asing lagi dan memang bukan fitur yang mutakhir yaitu merekam juga terus melekat pada smartphone dari dulu hingga sekarang. Fitur yang satu ini mengubah cara wartawan memperoleh data dari yang dulu mencatat sekarang tinggal menyodorkan smartphone ke dekat mulut narasumber.

Namun, sering terjadi masalah dengan hasil rekaman terutama bila Anda merekamnya di ruangan terbuka. Ganguan seperti suara kendaraan, teriakan anak kecil membuat rekaman kita tidak bersih. Belum lagi angin yang cukup kencang sehingga hasil rekaman menjadi bergelombang. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah cara merekam suara dengan smartphone atau tablet Anda agar memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

1. Singkirkan gangguan yang datang dari perangkat

Sebelum memulai merekam hal yang pertama kita lakukan adalah menyingkirkan gangguan yang datang dari smartphone atau tablet kita sendiri. Gangguna ini berupa nada dering SMS, telepon, alarm reminder atau lainnya yang memiliki nada dering yang akan mengganggu kenyamanan ketika merekam. Anda bisa memanfaatkan fitur mode silent pada smartphone atau bisa juga matikan fitur-fitur tersebut secara manual.

2. Lakukan pengaturan pada smartphone Anda

Jika Anda hanya memiliki tombol perekam saja pada smartphone yang dipegang, bisa lewatkan cara ini. Atau Anda bisa mencari aplikasi khusus untuk merekam audio. Pada fitur merekam pada smartphone memiliki pengaturan sederhana dan usahakan memaksimalkan hal tersebut. Misalnya Anda meningkatkan kualitas rekaman. Biasanya pengaturan standar pabrik membuat hasil rekaman dari smartphone bukan dalam format yang terbaik untuk menjaga ruang memori perangkat. Bila Anda yakin memiliki memori yang cukup besar buatlah kualitas suara rekaman menjadi yang terbaik.

3. Perhatikan suara yang ada dilingkungan tempat perekaman

Setiap ruangan dan situasi memiliki suara-suara yang berbeda. Kita sering mengabaikan suara-suara kecil yang ada dilingkungan tersebut. Kita sering mengabaikan suara tersebut karena sudah terbiasa dengannya. Bila memiliki waktu beberapa menit luangkan untuk merekam suara-suara apa saja yang ada di ruangan atau tempat tersebut. Bisanya kita akan lebih mendengar gangguan dari hasil rekaman. Lebih baik lagi Anda menyimpan contoh suara yang terdapat ditempat perekaman. Ini nantinya akan berguna untuk proses editing suara.

Perhatikan juga posisi Anda saat merekam. Misalnya ketika menghadiri seminar. Jahuhilah speaker karena akan membuat rekaman sangat terganggu. Suara yang terlalu keras terkadang tidak akan terekam oleh smartphone. Anda juga perlu menjauhi tempat dekat jendela atau pintu. Lokasi ini tidak baik menjadi tempat merekam karena akan berisik ketika orang masuk atau jendela yang terbuka-tertutup karena tiupan angin. Bila Anda mewawancarai orang dan sedang berada di meja, kita bisa menambahkan bantalan untuk smartphone agar suara klik mouse (bila di kantor atau ruang kerja) dengan meja bisa diminimalisir.

4. Gunakan microphone eksternal

Meskipun teknologi microphone saat ini cukup maju tetapi tidak semua tipe microphone dapat digabungkan dengan smartphone atau tablet. Beberapa produk smartphone mungkin memiliki jack yang cukup besar dan bisa dimasuki berbagai microphone namun, banyak juga yang tidak kompatibel dengan microphone. Namun untuk hasil yang lebih maksimal microphone memang menjadi suatu keharusan. Jika memungkinkan Anda bisa mualai mencari microphone yang cocok dengan smartphone Anda. Microphone akan memberikan kualitas rekaman hingga sepuluh kali lipat. Cara merekam suara dengan microphone bisa dilakukan di ruangan yang cukup bising sakalipun. Microphone akan memberikan suara yang jelas dari setiap suara yang ada.

5. Gunakan Tape untuk merekam di tempat yang berisik

Microphone mungkin bukan cara merekam suara yang baik di tempat yang berisik seperti konser musik atau konferensi. Kita sebaiknya menggunakan dictaphone. Dictaphone adalah alat perekam suara yang biasanya digunakan oleh wartawan-wartawan dulu dan masih memakai kaset pita. Dictaphone memiliki intensitas terhadap suara yang cukup tinggi. Bila menggunakan microphone lingkungan yang suaranya sangat keras dan cukup jauh sepertinya akan tidak maksimal. Dengan dictaphone, jangkauan rekaman suara akan semakin jauh. Detail suara juga bisa terrekam. Kita bisa menggunakan alat ini sebagai mic untuk smartphone kita. Berbagai jenis kaset pita akan memberikan efek yang berbeda terhadap hasil rekaman. Pastikan pita yang Anda gunakan merupakan pita yang kualitasnya baik. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel