Tips Memeriksa Apple Macintosh Sebelum Membelinya

2 Jan 2013 12:00 2343 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Komputer Apple Macintosh bukanlah produk termurah di dunia. Namun daya tarik produk tersebut rupanya sangat tinggi. Bahkan banyak orang rela merogoh koceknya hanya untuk mendapatkan komputer Mac bekas melalui pasar *online* seperti eBay ataupun lainnya.

Komputer Apple Macintosh bukanlah produk termurah di dunia. Namun daya tarik produk tersebut rupanya sangat tinggi. Bahkan banyak orang rela merogoh koceknya hanya untuk mendapatkan komputer Mac bekas melalui pasar online seperti eBay ataupun lainnya. Sayangnya dalam banyak kasus membuktikan barang-barang yang mereka beli tidak lagi dilengkapi garansi. Maka apabila sesuatu terjadi dengan barang yang telah dibeli, penggunanya harus mengeluarkan dana tambahan untuk memperbaikinya.

Tentunya berkaca melalui kasus-kasus tersebut, cara terbaik menanggulangi kesalahan yang sama adalah dengan cara melakukan pemeriksaan produk sebelum membelinya. Namun, hal yang akan dipaparkan berikut sulit untuk dilakukan apabila transaksi dilakukan secara online. Bagi Anda yang benar-benar hendak membeli komputer Apple Macintosh, ada beberapa alat yang wajib dibawa untuk melakukan pemeriksaan seperti USB drive, headphone, microphone, cakram CD dan DVD, kartu SD, kabel ethernet (atau router). Dengan beberapa alat tersebut di tangan Anda, proses pemeriksaan perangkat keras Mac dapat dilakukan agar Anda mengetahui kinerja komputer itu sendiri.

Periksa Keadaan Fisik

Hal pertama yang harus dilakukan dengan Mac adalah memeriksan secara fisik adanya kerusakan. Untuk sistem laptop, pastikan Anda telah memeriksa bagian engsel layar untuk melihat apakah mereka menahan penutup terbuka atau terjatuh saat dimatikan. Laptop Apple akan menahan layar dalam berbagai posisi yang Anda atur sebelumnya, bahkan saat sistem secara perlahan berputar. Periksa pula pengait layar dan berbagai tombol bawaan seperti keyboard, tombol power dan lainnya.

Periksa Kondisi Ports dan Drive

Gunakanlah senter untuk memeriksa sumbatan dalam port ataupun drive dalam produk Apple Macintosh. Gunakanlah USB, drive FireWire, DVD dan CD disc, headphone, dan microphone untuk memeriksa kinerja port dan drive. Pada beberapa produk Mac bersistem lama yang sulit untuk diperiksa seperti port ExpressCard.

Periksa Bagian Dalam Produk

Apabila Anda dapat membukan sistem di dalam piranti, ada baiknya periksalah bagian dalam produk. Jika Anda menemukan beberapa kerusakan pada area yang kekurangan cairan residu, maka waspadalah pada sistem produk yang akan Anda beli tersebut.

Periksa Fungsi Hardware

Ini merupakan bagian penting dari pemeriksaan piranti sebelum Anda membelinya. Ketika goresan pada bagian fisik dapat dipertimbangkan, tetapi sistem dalam perangkat keras ada berdampak pada sistem yang akan Anda gunakan kelak. Periksalah sistem hardware dengan melakukan booting melalui Apple Hardware Test suite dan jalankan pemeriksaan sistem secara keseluruhan. Apple Hardware Test sangat bermanfaat sebelum Anda benar-benar yakin akan membayar produk yang Anda minati. Pasalnya ada banyak temperator dan sensor voltage melalui komputer yang dapat menstabilkan fungsinya tersendiri.

Apabila Anda memiliki drive testing seperti DiskTools Pro ataupun TechTool Pro, maka gunakanlah mereka untuk menampilkan bagian serta integritas hard drive untuk memeriksa masalah media penyimpanan data Mac. Jangan hiraukan proses formatting, jika tidak dapat menahan data maka produk tersebut tidak akan bekerja pada komputer lain. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel