7 Alat Pembersih Komputer Yang Wajib Anda Miliki

2 Jan 2017 16:22 10192 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Melihat dari segi kebersihan fisik sebuah komputer atau laptop, semua memiliki problematika yang sama yaitu debu !

Melihat dari segi kebersihan fisik sebuah komputer atau laptop, semua memiliki problematika yang sama yaitu debu !

Partikel - partikel berukuran kecil ini nyaris selalu ada dimana - mana dan pada banyak tempat. Ukurannya yang kecil dan sangat ringan adalah membuat debu dapat melayang - layang bebas di udara dan beterbangan hingga dimana saja angin membawanya.

Termasuk Hardware Komputer Anda !

Anggaplah keyboard dan mouse yang merupakan perangkat paling penting dari sebuah laptop apabila sering "dipegang - pegang" oleh pemiliknya yang kurang bertanggung jawab maka otomatis banyak kotoran serta debu yang akan menempel pada alat tersebut. Tentu saja jika dibiarkan begitu saja akan membawa bakteri yang lebih banyak. Banyaknya kotoran sangat menggambarkan karakteristik dari pemilik komputer tersebut adalah orang yang sangat jorok dan malas membersihkannya. Bagaimana dengan komponen komputer lainnya seperti motherboard,  PSU, HDD, VGA, dan CPU ?

Percaya atau tidak, komponen bagian dalam yang berdebu dapat menurunkan performanya. Misalnya pada gambar, terlihat HSF sangat kotor karena ditutupi oleh banyak debu. Otomatis putaran fan tidak akan menjadi maksimal, sirkulasi udara juga terhambat, otomatis CPU bakal lebih cepat panas dan pada akhirnya komputer anda tidak bisa bekerja dengan sempurna.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang anda harus yang rajin membersihkan setiap komponen luar dan dalam secara berkala dari computer atau laptop milik anda.

Tetapi anda tidak bisa sembarangan begitu saja membersihkan laptop dengan peralatan seadanya saja, alat – alat apa saja yang seharusnya digunakan untuk mamfaat membersihkan masing - masing bagian komputer milik anda ?

7 Alat Pembersih Komputer Yang Wajib Anda Miliki

Kain Microfiber

Kain microfiber / mikrofiber adalah kain sintetis dengan memiliki diameter serat yang sangat kecil, lebih kecil dari sutera. Tekstur luarnya menyerupai seperti handuk, namun lebih halus. Kain microfiber sangat baik dalam hal penyerapan debu.

Kain pada umumnya hanyalah berfungsi "melemparkan" debu, tetapi kain microfiber mudah menyerap debu. Jadi akan lebih mudah kotor, tetapi anda jangan pernah merasa khawatir karena kain microfiber bisa dicuci dengan cara biasa asalkan lebih hati - hati. Bagus dimanfaatkan untuk membersihkan : layar monitor, mouse, casing, dan permukaan datar lainnya, harga kain microfiber adalah Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000. Bisa didapatkan di mall – mall atau toko perlengkapan dan menjual komputer / laptop.

Air Blower

Dari namanya saja anda mungkin bisa menebak bahwa air blower adalah mesin yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tekanan udara. Sederhananya, air blower dipakai untuk meniupkan angin atau menyedot angin dengan tekanan tinggi (lebih kuat dari tiupan angin dari mulut anda). Cocok untuk membersihkan PC dalam waktu singkat. Cukup buka casingnya saja, lalu semprotkan angin kencang dari blower. Namun air blower tidak mampu membersihkan hingga ke bagian - bagian terkecil. Lalu pakai apa sebaiknya ?  Untuk membersihkan : bagian dalam komputer secara keseluruhan hingga sela - sela kecil, harga air blower kisaran harga berikut, Rp. 200.000 hingga Rp. 700.000.

Blower Karet

Alat ini bukanlah blower khusus untuk menyemprot yang terbuat dari karet : blower karet ditujukan untuk membersihkan celah - celah kecil yang sulit dijangkau. Cocok digunakan untuk membersihkan sela - sela tuts keyboard dan heatsink. Menggunakan blower karet ini cukup menguras energi karena cara menggunakannya adalah perlu tekanan / ditekan dengan memakai tangan. Untuk membersihkan pada bagian komputer yang sulit dijangkau oleh air blower, harga blower karet kisaran Rp. 25.000 hingga Rp. 80.000.

Kanebo

Sepertinya anda sebagai pemula sudah tidak asing lagi dengan barang ini. Kanebo memiliki karakteristik seperti busa padat (spons) jika terkena air dan akan sangat keras jika kadar air di dalamnya mulai menipis. Kanebo sangat cocok untuk membersihkan casing computer. Biasanya kanebo banyak dijual di toko – toko otomotif.

Untuk membersihkan : mouse, tuts keyboard, speaker, printer, scanner, dan hardware eksternal lainnya. Harga kanebo kisaran Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000.

Cairan Pembersih Monitor

Belum jelas apa istilah resminya, yang jelas cairan ini dikhususkan untuk membersihkan layar monitor LCD dan LED. Caranya adalah cukup disemprotkan ke kain microfiber lalu lap ke kaca monitor. Cairan ini cukup ampuh membersihkan debu yang sulit hilang. Untuk membersihkan : layar monitor LCD, LED, dan CRT, harga cairan pembersih monitor adalah kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 40.000.

Magic Gel

Sifatnya seperti lilin mainan namun lebih lunak. Cukup diletakkan di atas keyboard maka gel ini akan masuk ke sela - sela tuts dan menyerap debu yang menempel. Magic gel dapat digunakan berkali - kali. Perlu diketahui bahwa benda ini bukan mainan anak - anak meskipun warnanya menarik karena zat kimia di dalamnya sangat berbahaya bila secara tak sengaja tertelan oleh mereka. Untuk membersihkan: keyboard dan permukaan yang tidak rata, harga magic gel kisaran Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000.

Mini Vacuum Cleaner

Mini vacuum cleaner difokuskan untuk menghisap debu yang sulit dijangkau. Di bagian ujungnya terdapat sikat halus yang bermanfaat sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Mini vacuum cleaner banyak beredar untuk PC dan laptop karena menggunakan port USB. Untuk membersihkan : keyboard dan permukaan kecil yang berdebu, harga mini vacuum cleaner adalah kisaran Rp. 30.000 hingga Rp. 200.000. Dari semua peralatan kebersihan komputer yang dijelaskan di atas, anda tidak mengharuskan memiliki semuanya.

Ada banyak barang yang sifatnya sebagai media menggantikan barang utama. Seperti kanebo digantikan dengan handuk halus. Di sini kami menyarankan peralatan terbaik dan aman untuk membersihkan setiap hardware komputer baik luar maupun dalam dengan gambar tersebut di atas. Harganya pun cukup terjangkau. Sebenarnya masih banyak alat – alat lainnya yang bisa membersihkan komputer, namun setidaknya 7 alat tersebut di atas sudah mencakup semuanya.

 

Tags Laptop

About The Author

Nila 58
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel