Mengenal 5 Buah - Buahan Unik Khas Mumbai Di India

5 Apr 2017 11:02 3446 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkah anda melakukan wisata agrowsiata ke India tepatnya di Mumbai yang terkenal sebagai pusat perkebunan buah dan sayur serta tanaman herbal lainnya khas orang India ? Jika pernah, mungkin anda sudah akrab dengan pemandangan gerobak keliling yang khusus menjual aneka buah - buahan segar khas India. Buah - buahan ini di tempat lain agak sulit dijumpai, rata – rata memiliki bentuk yang cukup unik dan hanya bisa anda temui di sini.

Pernahkah anda melakukan wisata agrowsiata ke India tepatnya di Mumbai yang terkenal sebagai pusat perkebunan buah dan sayur serta tanaman herbal lainnya khas orang India ? Jika pernah, mungkin anda sudah akrab dengan pemandangan gerobak keliling yang khusus menjual aneka buah - buahan segar khas India. Buah - buahan ini di tempat lain agak sulit dijumpai, rata â rata memiliki bentuk yang cukup unik dan hanya bisa anda temui di sini.

Kami rangkum dari berbagai sumber berikta, berikut adalah 5 buah - buahan khas India yang banyak dijual di Mumbai.

1. Karonda. Buah ini disebut sebagai cranberry dari India.Pada waktu masih muda, buah ini akan berwarna putih - pink dan dagingnya masih terasa agak sepat, banyak air dan renyah. Namun, jika sudah tua, warnanya berubah menjadi ungu cantik dan dagingnya terasa lebih lunak berair dan lembut. Rasa buahnya manis, asam dan sepat. Cara memakannya agak uni yaitu buah yang matang diberi taburan garam dapur saja, rasanya cukup enak seperti salad buah. Harga buah ini lumayan mahal di India yaitu 60 Rupee per kilonya atau sekitar Rp 12 ribu rupiah.

2. Gooseberry India. Buah ini lebih dikenal sebagai salah satu obat tradisional ala terapi Hindhu Indi. Buah yang berwarna kuning kehijauan dan berukuran sebesar lemon ini banyak memiliki manfaat untuk mengobati diabetes hingga antipenuaan dini terhadap kulit seorang wanita. Biasanya buah ini berkhasiat sebagai acar teman makan nasi goreng, salad buah segar, asinan, hingga selai. Mengenai harganya, anda cukup merogoh uang sebesar Rp 8 ribu saja per kilonya. 

3. Water Chestnut. Buah yang memiliki sebutan lain singhada atau songoda ini mempunyai bentuk seperti bengkuang. Tanaman yang tumbuhnya di rawa - rawa ini memiliki warna hijau kusam dan mudah dikupas. Bagian dalamnya pun mirip dengan daging bengkuang. Yaitu putih, empuk, renyah dan berair. Hanya saja rasanya lebih manis, harga dari buah yang satu ini yaitu 60 hingga 80 Rupee per kilonya atau setara Rp 12 ribu hingga Rp 16 ribu per kilonya.

4. Jujube India. Buah ini di India cukup populer dengan nama âBerâ. Buah yang memiliki kulit berwarna kuning keemasan hingga cokelat tanah dan agak kusam ini terasa manis dengan sedikit rasa asam sangat mudah untuk ditemui di negara ini. Karenanya, buah dengan tekstur renyah ini mendapatkan julukan populer sebagai âbuahnya orang miskinâ. Untuk mendapatkan buah ini, anda hanya perlu merogoh uang sebesar 40 Rupee atau Rp 8 ribu saja.

5. Jharber. Buah - buahan khas Mumbai yang terakhir adalah Jharber. Jharber yang memiliki nama latin ziziphus nummularia ini merupakan buah yang sama dengan keluarga Ber. Buahnya berukuran hanya sebesar kacang polong yang paling besar namun memiliki warna merah bata. Buah ini bisa dengan mudah anda temukan dalam bentuk segar maupun kering. Anda bisa menikmatinya hanya dengan memakannya begitu saja atau membuatnya menjadi konsentrat dan dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan. Harga per kilo buah ini adalah 40 Rupee atau Rp 8 ribu.

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

 

 

4166xRga+lL.jpg

Tags inspiratif

About The Author

Nila 58
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel