Inilah 5 Budaya Indonesia Yang Mendunia

20 Oct 2016 13:49 4669 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Indonesia terkenal akan kekayaan budayanya di Dunia, sebagai warga negara yang baik kita harus melestarikannya.

Indonesia, negeri yang memiliki banyak budaya dan adat istiadat yang unik dan menarik. Setiap suku yang ada di masing-masing daerah di Indonesia, memiliki keunikan budaya yang berbeda-beda. Sehingga ragam budaya dan adat istiadat tersebut membuat Indonesia semakin dikenal oleh dunia dan juga memberikan kebanggaan tersendiri.

Banyak wisatawan mancanegara yang datang berlibur ke Indonesia hanya untuk menikmati budaya Indonesia yang unik dan menarik ini. Ada juga yang menyaksikan kebudayaan tradisional di negeri ini untuk melakukan penelitian terkait budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia. Berikut adalah 5 budaya Indonesia sudah terkenal di dunia.

1) Wayang

Inilah 5 Budaya Indonesia Yang Mendunia

Wayang adalah seni pertunjukkan asli dari Indonesia. Wayang sudah dikenal di Indonesia sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 SM. UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) lembaga kebudayaan dari PBB pada 7 November 2003 secara resmi menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka ternama dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Ada banyak jenis dan bentuk wayang, seperti wayang kulit, wayang golek wayang orang, dll. Biasanya cerita yang dibawakan itu berkisah tentang dewa dewi, persilatan, kepahlawanan, dan percintaan.

Pertunjukkan wayang selalu diiringi oleh musik gamelan. Kemampuan dalang dalam memainkan wayang sangat berpengaruh terhadap daya tarik pertunjukkan wayang itu sendiri.

2) Batik

Inilah 5 Budaya Indonesia Yang Mendunia

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Dan setiap tanggal 2 Oktober 2016, di Indonesia selalu memperingati Hari Batik Nasional. Pada awalnya, batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh mantan Presiden RI ke-2, Soeharto. Beliau mengenakan batik pada saat mengikuti Konferensi PBB. Sekarang batik sudah banyak perkembangannya, mulai dari teknik, motif, dan teknologinya. 

3) Angklung

Inilah 5 Budaya Indonesia Yang Mendunia

Angklung adalah alat musik khas daerah Jawa Barat. Angklung ini dibuat dari bambu. cara memainkannya yaitu dengan cara digoyangkan sehingga menghasil bunyi tertentu. Pada awalnya, Angklung dimainkan hanya untuk memanggil Dewi Sri (Dewi Padi) untuk turun ke Bumi, agar tanaman milik masyarakat tumbuh subur. Dan sejak bulan November 2010, UNESCO telah menetapkan Angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia. 

4) Tari Saman

Inilah 5 Budaya Indonesia Yang Mendunia

Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan hanya untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting. Biasanya, syair yang digunakan dalam tarian Saman ini menggunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Tari Saman ini cukup unik, karena hanya menampilkan gerakan tepuk tangan dan gerakan anggota tubuh bagian atas. UNESCO pun telah mengakui dan menetapkan Tari Saman sebagai Warisan Budaya Nonbendawi.

5) Keris

Inilah 5 Budaya Indonesia Yang Mendunia

Keris merupakan senjata tradisional dari Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Sejak abad ke-9, keris digunakan oleh para anggota kerajaan sebagai senjata pusaka. Keris ini dibuat dari logam yang berkualitas, bahkan ada beberapa keris yang terbuat dari logam meteor yang jatuh ke bumi. Biasanya untuk gagang keris sendiri dibuat dari tulang belulang, tanduk ataupun kayu. Dan pada tanggal 25 November 2005, UNESCO menetapkan Keris sebagai "Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity".

 

Itulah 5 Budaya Indonesia yang terkenal di seluruh dunia yang telah diakui sebagai warisan asli budaya Indonesia. Kita sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya bersyukur karena telah diberikan kekayaan budaya yang melimpah ini dan juga kita wajib untuk tetap melestarikannya.

Tags

About The Author

Ryan 31
Ordinary

Ryan

Seorang manusia yang masih belajar, haus akan pengalaman
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel