Maksimalkan Pencarian Keyword Anda Dengan Cara Ini !

17 Oct 2016 08:56 6212 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Sudah menggunakan strategi SEO tetapi belum sempurna? Mungkin cara-cara ini dapat membantu Anda

Jika pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Mengenal Apa Itu SEO dan Manfaat Bagi Suatu Web dan 10 Langkah Untuk Mempermudah Anda Menulis Artikel SEO Friendly. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Maksimalkan Pencarian Keyword Anda Dengan Cara Ini ! Dalam artikel ini berisi tentang penjelasan Riset Keyword, jenis-jenisnya, apa itu Niche Keyword dan bagaimana cara mencari keyword-keyword ini. Mari kita simak pada artikel yang berikut ini.

Apa itu Riset Keyword?

Riset Keyword atau Keyword Research adalah teknik yang digunakan untuk mencari atau menemukan kata kunci yang cocok dan relevan yang sering diketik atau dicari oleh para pengguna Internet dalam sebuah search engine.

Contohnya jika Anda membahas tentang kesehatan, maka kira-kira kata kunci apa yang sering digunakan oleh orang-orang untuk mencari informasi seputar kesehatan di search engine. Apakah Pola Tidur Teratur atau Makanan Sehat Bagi Tubuh atau Tips Menjaga Kesehatan atau yang lain-lainnya.

Riset keyword bila dilihat dari segi SEO nya itu sangatlah diharuskan, karena hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa besarkah potensi trafik dari search engine Google berdasarkan keyword yang telah Anda optimasi. Sebenarnya bisa saja jika Anda tidak melakukan riset keyword ini, tetapi dapat dipastikan hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja jenis-jenis Keyword?

1) Short tail keyword

Short tail keyword adalah kata kunci yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Tingkat persaingannya pun lumayan tinggi, jadi sangat sulit untuk bersaing pada jenis keyword seperti ini. Misalnya :

2) Long tail keyword

Long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword karena menambahkan beberapa kata lagi agar keywordnya lebih spesifik. Tingkat persaingannya lebih rendah dibanding dengan Short tail keyword, jadi lebih mudah untuk bersaing pada jenis keyword ini. Tetapi trafik yang didapatkannya tidak terlalu banyak dan sulit untuk menemukan Long tail keyword yang berkualitas. Contohnya seperti ini:

3) Keyword abadi

Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang pasti selalu digunakan oleh setiap orang untuk mencari informasi pada search engine dan tidak akan berubah-rubah di setiap jaman. Kata kunci ini termasuk kata kunci abadi karena pasti setiap orang mengalami yang namanya cabut gigi. Contohnya seperti ini :

4) Keyword musiman

Keyword musiman adalah kebalikannya dari keyword abadi, jika keyword abadi tidak akan berubah-rubah di setiap jaman, keyword musiman ini hanya populer sesaat. Jadi hanya populer pada saat terjadinya peristiwa/kejadian itu saja, setelah selesai keyword ini akan hilang ditelan bumi. Contohnya kata kunci berikut ini:

 

 

Apa itu Niche Keyword?

Niche Keyword adalah kata kunci yang dikhususkan atau ditargetkan pada website Anda. Apabila yang dibahas di website yang Anda buat adalah "Sepatu Nike Original" maka Anda jangan pernah membahas hal lain selain "Sepatu Nike Original". Jadi, intinya Niche Keyword itu adalah topik utama dari website kita, hanya membahas satu topik tertentu dan tidak membahas topik lain lagi.

Kelebihan dari Niche sendiri yaitu :

1) Membahas satu topik yang lebih spesifik.
2) Akan lebih mudah di optimasi karena hanya membahas satu topik saja.

Apa saja jenis-jenis Niche?

1) Whole Niche

Whole - niche adalah niche yang membahas seluruh jangkauan topik. Contohnya, jika website Anda membahas tentang Film maka pembahasannya mencakup Film Aksi, Horror, Romance, Comedy, dll.

2) Broad Niche

Broad - niche adalah niche yang tidak membahas keseluruhan topik melainkan sebagian besar topik. Jika website Anda membahas Film maka pembahasannya hanya mencakup salah satu macamnya saja, contohnya membahas Film Aksi.

3) Themed Niche

Themed - niche adalah niche yang mengarah ke suatu topik tertentu saja. Sebelumnya Anda telah memilih niche Film yang akan membahas Film Aksi maka pembahasan tersebut dipersempit lagi misalnya, Film Aksi Superhero.

4) Micro Niche

Micro - Niche adalah niche yang lebih spesifik dan begitu terarah detail pembahasannya. Setelah ditentukan untuk membahas niche Film lalu memilih Film Aksi kemudian dipersempit lagi pembahasannya menjadi Film Aksi Superhero dan di micro - niche ini dibuat lebih spesifik lagi, misalnya Film Aksi Superhero Marvel.

Itulah jenis-jenis dari keyword, masing-masing dari mereka memiliki kekurangan dan kelebihan. Dan di halaman selanjutnya saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana caranya untuk mencari Keyword, Niche Keyword dan Long Tail Keyword. 

Bagaimana cara mencari Keyword, Niche Keyword dan Long Tail Keyword?

Dalam mencari keyword yang tepat dibutuhkan juga tools yang tepat, Anda bisa menggunakan Google : Adwords : Keyword Planner dan Ubersuggest. Pada artikel kali ini saya akan menggunakan tools Ubersuggest agar keyword yang dihasilkan lebih bervariasi dan Google Adwords : Keyword Planner untuk melihat persaingannya. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan? Silahkan disimak di bawah ini :

1) Cari bakal keyword

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari bakal keyword yang berhubungan dengan topik website Anda. Pada umumnya bakal keyword terdiri dari satu atau dua kata saja, jadi keyword ini termasuk dalam kategori short tail keyword. Pikirkan kira-kira kata kunci apa saja yang berhubungan dengan topik website Anda.

Misalnya jika blog sobat membahas Teknologi, maka bakal keyword-nya bisa seperti:

  • Laptop
  • Software
  • Internet
  • Gadget

2) Cari long tail keyword

Jika Anda sudah menemukan bakal keywordnya, selanjutnya Anda tinggal menemukan long tail keywordnya dengan cara seperti ini :

1) Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari benih keyword yang ada hubungannya dengan topik pada website Anda. Umumnya benih keyword ini terdiri dari satu atau dua kata, sehingga ini bisa dikategorikan sebagai short tail keyword. Misalnya, gadget.

2) Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan Gadget. Lalu klik "View as Text".

3) Copy semua teksnya. Lalu masuk ke Google Adwords : Key Planner.

4) Pilih Get search volume data and trends, pindahkan teks sudah di copy sebelumnya. Lalu klik Get search volume.

5) Klik "Download" dan pilih format CSV untuk filenya.


6) Buka file CSV yang sudah didownload setelah itu silahkan Anda memilih mana kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian yang Anda inginkan.

3) Analisis ketatnya persaingan

Setelah Anda menemukan long tail keyword yang tepat, selanjutanya Anda menganalisis persaingan dari keyword yang telah Anda tentukan. Hal ini dilakukan agar hasil yang Anda peroleh nanti lebih maksimal, karena tidak 100% Google Adwords : Key Planner itu akurat. Jadi diperlukan lagi tools yang bernama SEOQuake, tools ini dapat membantu kita untuk memperoleh hasil tentang tingkat persaingan yang lebih akurat lagi.

Di atas adalah hasil dari pencarian keyword "Gadget canggih terbaru". Dari situ kita dapat melihat Page Rank, Backlink, Ranking Alexa, dll. dari web-web yang muncul pada Search Engine Result Page atau halaman hasil pencarian. Dan ingat, jangan pernah memilih keyword yang memiliki jumlah hasil pencariannya di atas 1 juta.

Begitulah bagaimana caranya memaksimalkan pencarian keyword Anda. Semoga dari apa yang sudah saya tuliskan diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Sumber :

http://panduanim.com/mencari-keyword/
http://sugeng.id/cara-riset-keyword-paling-jitu/
http://panduanim.com/keyword-persaingan-rendah/
https://cerita21.wordpress.com/2013/04/02/apa-itu-niche/

Tags SEO

About The Author

Ryan 28
Novice

Ryan

Seorang manusia yang masih belajar, haus akan pengalaman

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel