10 Langkah Untuk Mempermudah Anda Menulis Artikel SEO Friendly

14 Oct 2016 08:00 2863 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda kesulitan memahami bagaimana menulis artikel yang SEO Friendly? Inilah beberapa langkah mudah untuk membuat artikel yang SEO Friendly.

Jika pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Mengenal Apa Itu SEO dan Manfaat Bagi Suatu Web. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 10 Langkah Mudah Untuk Menulis Artikel SEO Friendly. Apa saja langkah-langkah yang perlu Anda lakukan? Kita simak pada artikel yang berikut ini.

1) Perhatikan User Experience

User experience yang dimaksud di sini adalah aktivitas dan respon dari user pada saat mereka menjelajahi website Anda. Dimulai dari berapa lama mereka membaca, merespon terhadap artikel yang sudah mereka baca, lalu berapa halamankah yang mereka buka, dan bagian-bagian web mana saja yang mereka klik. Intinya, semakin lama seorang user mengunjungi suatu website, maka semakin berkualitas juga isi dari website tersebut.

User experience tidak mudah untuk dimanipulasi karena itu diluar control webmaster. Inilah salah satu faktor penting yang digunakan oleh Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka. Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jika Anda tidak terlalu memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan menjadi seperti yang Anda harapkan.

Lalu, apa sajakah yang mempengaruhi User Experience ini? Kategori apa sajakah yang masuk ke dalam kategori User Experience?
Berikut adalah faktor yang mempengaruhi User Experience :

  • Konten yang Berkualitas
  • Desain Website menarik
  • Navigasi yang mudah
  • Ukuran dan jenis font yang enak dilihat
  • Meminimalisir kesalahan ejaan
  • Interaksi yang baik (Seperti komentar, share, dsb)
  • Kecepatan loading
  • Responsive design

Jadi User Experience ini tujuannya adalah menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

 

2) Gunakan Keyword di Judul Artikel

Jika Anda ingin berada di peringkat teratas di SERP (Search Engine Result Page) maka Anda wajib melakukan ini. Mengapa demikian? Karena judul atau title itu merupakan elemen pertama yang di lihat Google untuk menentukan topik dari suatu artikel.

Peletakan keyword yang paling baik dan benar pada title adalah diawal kalimat. Semakin ke kiri atau di awal kalimat maka semakin baik. Tetapi bukan berarti Anda harus memaksakan hal ini, Anda tetap harus menyesuaikan dengan title artikel Anda agar title nya enak untuk dibaca dan menarik untuk dikunjungi. Jangan sampai terlalu ingin SEO Friendly, title artikel Anda menjadi tidak enak untuk dibaca.

 

3) Perhatikan Quality dan Quantity Artikel

Banyak orang berpendapat semakin panjang suatu artikel maka semakin bagus peringkatnya di search engine. Memang ada benarnya, tetapi tergantung dari user experiencenya. Jika Anda ingin menulis artikel yang panjang dan tetap mengutamakan user experiencenya maka tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda menulis artikel yang panjang hanya untuk mengejar target SEO itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan Quality dan Quantity ?

Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya banyak jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik yang berkualitas dan lengkap. Dan hal itu harus seimbang, agar bisa menjadi suatu nilai positif bagi artikel Anda.

 

Tags SEO

About The Author

Ryan 28
Novice

Ryan

Seorang manusia yang masih belajar, haus akan pengalaman

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel