Mengenal Apa Itu SEO dan Manfaat Bagi Suatu Web

12 Oct 2016 15:39 3326 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Mari kita kenali apa itu SEO dan apa manfaatnya.

Seringkali kita menemui suatu website yang selalu muncul di peringkat teratas setelah kita mengetikkan kata kunci atau keyword pada sebuah search engine. Dan pada saat kita membuka website tersebut terkadang kontennya tidak terlalu berbobot dan isinya kadang tidak sesuai dengan apa yang kita ketikkan di kolom search engine. Tak jarang bagi para pengguna internet bertemu dengan kasus seperti itu.

Sekarang disini saya akan menjelaskan tentang SEO dan apa kaitannya dengan kasus yang diatas, berikut penjelasannya.

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari) atau biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuannya yaitu untuk membuat sebuah website berada di posisi teratas berdasarkan kata kunci yang ditargetkan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini :

Dari video diatas dijelaskan bahwa search engine seperti Google dan Bing diibaratkan seperti Librarian atau Penjaga Perpustakaan. Mereka mengumpulkan semua data yang ada disetiap halaman website agar mereka tahu apa yang pengguna cari. Setiap search engine memiliki algoritma nya masing-masing untuk menampilkan data yang berisi informasi terbaik.

Dari kasus diatas tadi, kenapa bisa suatu website berada di peringkat teratas sebuah search engine? Jawabannya adalah SEO, jadi SEO lah yang membuat website tersebut menjadi di peringkat teratas. Kebanyakan search engine menggunakan algoritma-algoritma berikut :

1) Kecocokan Kata
Search engine hanya akan menampilkan website yang isinya terdapat kata yang sesuai dengan apa yang ditargetkan.

2) Kecocokan Judul
Setiap website pasti memiliki judul, dari hal ini search engine akan lebih memfokuskan pencariannya terhadap judul dari suatu website. Seperti halnya sebuah buku, isi dari website pasti tidak akan jauh dari judulnya.

3) Kecocokan Link
Jika didalam suatu website terdapat link menuju ke website yang lain, biasanya itu sebuah rekomendasi kepada para pembaca bahwa website itu memiliki informasi yang bagus.

4) Link dalam suatu Kata
Apabila didalam website terdapat kata yang di linkan terhadap suatu website yang terpercaya, maka otomatis website tersebut akan berada di peringkat teratas.

5) Reputasi dari suatu website
Search engine juga akan melihat reputasi dari suatu website, jika website tersebut memiliki banyak konten yang menarik untuk dibaca maka website itu akan tampil di peringkat teratas search engine.

 

Tags SEO

About The Author

Ryan 29
Novice

Ryan

Seorang manusia yang masih belajar, haus akan pengalaman

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel