Inilah Kuda Besi yang di Tunggaki Oleh Sang Legenda Rossi

11 Oct 2016 14:15 4167 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pingin tau Sejarah Rossi dan Motor andalannya?

Inilah Kuda Besi yang di Tunggaki Oleh Sang Legenda Rossi

 

Plimbi.com - MotoGP mengacu pada kelas atas dari balap motor, kompetisi bergengsi taraf Internasional yang di laksanakan di berbagai negara.
Valentino Rossi, siapa yang tidak tahu pembalap MotoGP ini, penunggang kuda besi bernomor 46 yang di juluki The Doctor yang melegenda sampai saat ini, dia telah menjuarai MotoGP beberapa kali, dengan 7 gelar juara dunia di kelas puncak (500cc/MotoGP) dan dua gelar di kelas 250cc dan 125cc.

Saat ini Rossi berada di tim Movistar Yamaha dengan rekan setimnya Jorge Lorenzo, di tim ini Rossi menunggaki motor bertenaga 1000cc yaitu motor pabrikan Yamaha YZR-M1

Motor Yamaha YZR-M1 ini telah menemani Rossi dari 2002 di team Yamaha, tetapi saat tahun 2013 Rossi pindah team, team Ducati, saat di Ducati Rossi prestasi nya melorot tidak secemerlang di Yamaha, saat 2014 Rossi kembail ke team Yamaha, dan kembali menunggaki Motor Yamaha YZR-M1.

Penasaran dengan Kuda Besi yang di tunggaki Rossi Yamaha YZR-M1, berikut spesifikasinya.

2016 Yamaha YZR-M1 Specifications

Engine Type: Liquid-cooled inline-Four with crossplane crankshaft
Displacement: 1000cc
Max Power (claimed): Over 240hp
Transmission: Six-speed cassette-type gearbox with alternative gear ratios available
ECU: FIM-regulated Magneti Marelli
Chassis: Aluminum twin-tube deltabox frame with multi-adjustable steering geometry and aluminum swingarm
Suspension: Öhlins upside-down fork and rear shock, both with adjustable preload,compression and rebound damping
Front Brakes: Twin 320mm or 340 mm carbon discs with four-piston calipers from Brembo
Rear Brakes: Single stainless steel disc with twin-piston caliper from Brembo
Wheels: 17-inch MFR forged magnesium wheels
Tires: Michelin 17-inch tires in slick, intermediate and wet options
Weight: 346 pounds

berikut adalah sejarah Motor YZR-M1

Generasi Pertama


YZR-M1 generasi pertama diluncurkan pada 2002. Ketika itu, YZR-M1 masih menggunakan sasis dari Yamaha YZR 500. Insinyur Yamaha menamai program ini Mission One. Fokus pengembangan tertelak pada pengembangan mesin 4 langkah.

Generasi Kedua

Keberhasilan Yamaha menggaet Valentino Rossi dari Honda menjadi tonggak bersejarah YZR-M1. Datang ke Yamaha musim 2004, Rossi turut serta membawa gerbong dari Honda, termasuk kepala mekanik, Jeremy Burgess. Evolusi besar YZR-M1 terjadi di generasi ini. Mudah ditebak, Rossi langsung tahu cara menjinakkan YZR-M1.

Generasi Ketiga

Pada musim 2006, perubahan signifikan pada YZR-M1 kembali terjadi. Kali ini, pabrikan Yamaha terpaksa merivisi semua perubahan setiap tiga tahun. Agenda utama perubahan mencangkup, tenaga mesin, sasis dan adaptasi ban terhadap produsen baru Michelin yang lebih lengket di aspal.

Generasi Keempat

Pengurangan kapasitas motor di musim 2008 dari 990cc ke 800cc membuat Yamaha kembali merombak ulang motor dari awal. Regulasi ini permintaan dari Federasi balap roda dua dunia, FIM yang menilai kecepatan pada motor MotoGP semakin meningkat, hingga menyentuh 340 km/jam. Motor ini telah dikembangkan dari 2006.

Generasi Kelima

YZR-M1 2008 dianggap generasi terbaik motor Yamaha.YZR-M1 2008 dianggap generasi terbaik motor Yamaha. Menurut Rossi pun motor YZR-M1 ini paling sempurna.

Sejarah panjang antara Rossi dan Yamaha YZR-M1, dari awal sampai saat ini walaupun pada tahun 2009 Rossi meninggalkan Yamaha, tetapi tetap dia kembali di tahun 2013 dan Kembali menunggaki kuda besi andalannya.

Itu dia Sejarah antara Sang Legenda VR46 The Doctor dengan motor andalan nya Yamaha YZR-M1, tertarik pingin punya?

Tags

About The Author

Alief Rachmad Hakim 24
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel