Sony Xperia XZ, Smartphone Xperia dengan Identitas Baru

25 Sep 2016 10:36 3935 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apa smartphone Xperia terbaru ini bisa mengubah nasib Sony?

Di tengah persaingan smartphone yang semakin ketat, banyak vendor dari luar negara China yang semakin melakukan langkah agresif demi menjaga kestabilan perusahaan mereka.

Salah satunya adalah Sony, yaitu sebuah produsen perangkat elektronik kenamaan asal negeri sakura Jepang yang baru-baru ini mengeluarkan banyak varian dari smartphone terbarunya yaitu Sony Xperia seri X.

Belum lama ini, mungkin Anda sudah mendengar tentang rilisnya smartphone Xperia X dan Xperia X Performance.

Dan sekarang telah hadir kembali varian ketiganya yakni Sony Xperia XZ.

Bagi yang sudah sejak lama mengikuti keberadaan brand Sony di industri smartphone, upgrade spesifikasi dari satu generasi ke generasi lain smartphone Sony Xperia ini terkesan lambat jika dibandingkan berbagai smartphone keluaran vendor China seperti Xiaomi dan Meizu.

Belajar dari kesalahan terdahulu, Sony Xperia XZ telah menjadi bukti bahwa pihak Sony juga ternyata tidak mau kalah dengan para pesaingnya. Dikatakan seperti itu karena Sony Xperia XZ memiliki perubahan terbesar dari lini Xperia terdahulu khususnya dari penampilannya.

Tapi yang sedikit mengecewakan adalah, walaupun penampilannya berbeda, ternyata spesifikasinya tidak berbeda jauh dengan Xperia X Performance yang belum lama ini dirilis.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan spesifikasinya di bawah ini.

 

Desain

Kata “elegan” mungkin adalah satu kata yang sangat pas untuk desain Sony Xperia XZ sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan bagian pada ujung smartphone Xperia XZ ini tidak lagi lancip seperti desain terdahulu melainkan menjadi melengkung sehingga lebih nyaman untuk digenggam.

Dengan sebutan desain “loop”, Sony memadukan desain tersebut dengan bahan aluminium alloy yang pihaknya sebut “Alkaleido” yaitu sebuah metal finish yang ketika dipegang terasa seperti bahan gelas ataupun plastik yang glossy.

Dan yang jelas walaupun terlihat mengkilap, desain ini tentunya adalah sebuah magnet bagi sidik jari sehingga pemiliknya harus selalu rajin mengelap smartphone, apalagi jika ingin smartphone tersebut dipamerkan di grup media sosial.

Untuk menjaga agar penerimaan sinyal tetap baik, Sony ternyata tidak membuat cover belakang dari Sony Xperia XZ ini dari aluminium alloy secara keseluruhan, namun seperlima bagian bawahnya terbuat dari bahan plastik.

Tidak hanya bagian itu saja yang terbuat dari bahan plastik, tombol-tombol yang berada di bagian kanan juga terbuat dari bahan plastik.

Identitas Sony Xperia sebagai smartphone yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu pun tetap dipertahankan dengan adanya sertifikat IP68 seperti pada Samsung Galaxy S7 Edge.

Tahan air, bukan berarti anti air. Artinya jangan terlalu nekat membawa smartphone ini untuk berendam di dalam air, apalagi sampai berendam lebih lama dari waktu yang ditentukan.

 

Layar

Ukuran layar smartphone Sony Xperia XZ ini hanyalah 5.2 inch. Cukup mengecewakan juga bagi Anda para pecinta smartphone berukuran 5.5 inch atau lebih.

Namun, perlu diketahui bahwa layar LCD IPS yang berukuran 5.2 inch ini adalah layar dengan resolusi Full HD yang memiliki tingkat pewarnaan superior dibandingkan layar berjenis IPS lainnya. Sony menamakan teknologi pewarnaan tersebut “Triluminious” dan “X-Reality”.

Namun bagi Anda yang juga adalah seorang fotografer, pewarnaan pada Sony Xperia XZ ini mungkin akan cukup mengesalkan karena hasil jepretannya akan berbeda dari kenyataan, walaupun bisa dibilang hasil jepretan tersebut bagus.

 

Prosessor dan RAM

Hampir semua smartphone flagship di tahun 2016 ini menggunakan chipset buatan Qualcomm, yakni Qualcomm Snapdragon 820 sebagai mesin utamanya. Begitu pula dengan Sony Xperia XZ, smartphone ini juga dipersenjatai prosessor yang sama seperti kebanyakan smartphone flagship serta RAM sebesar 3GB.

Artinya, dari segi performa secara tertulis, smartphone ini tidak akan kalah hebat dibandingkan smartphone flagship lain dengan RAM serta prosessor yang sama dan juga GPU yang sama.

 

Kamera

Kamera utama dari smartphone Sony Xperia XZ adalah sebuah kamera 23MP dengan sensor Sony IMX300 yang hingga saat ini memiliki ukuran terbesar untuk smartphone hingga saat ini.

Dipadukan dengan lensa Sony G dengan apertur f/2.0 serta 6-element construction membuat kamera belakang dari Xperia XZ ini secara teori dapat memberikan hasil jepretan yang lebih jelas dibandingkan kamera smartphone yang ada saat ini.

Untuk kamera sekunder atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kamera depan, Sony menyematkan sebuah kamera 13MP yang pastinya akan dapat menghasilkan selfie jauh lebih tajam dan jelas dibandingkan smartphone yang masih menggunakan kamera 5MP ataupun 8MP.

 

Baterai

Dengan baterai berkapasitas 2,900 mAh, Sony Xperia XZ diprediksi dapat bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal. Artinya, dengan kapasitas 2,900 mAh jangan berharap pemakaiannya akan jauh lebih hemat dibandingkan smartphone flagship dari Apple ataupun Samsung yang baru dirilis di tahun 2016 ini.

 

Kesimpulan dan Harga

Smartphone Sony Xperia XZ yang baru diumumkan pada bulan September 2016 ini dan akan dirilis ke pasaran di bulan berikutnya ini adalah smartphone buatan Sony yang memiliki identitas baru sebagai smartphone buatan Sony dikarenakan desainnya yang berbeda.

Meskipun memiliki desain yang berbeda, spesifikasi dari Sony Xperia XZ ini tidak jauh berbeda dengan smartphone Sony Xperia X Performance yang sama-sama memiliki RAM 3GB serta dibekali prosessor Snapdragon 820.

Untuk harganya sendiri, Sony Xperia XZ ini dikabarkan akan dibanderol seharga 9 jutaan di awal rilis ke pasaran. Namun, dapat dipastikan harganya tersebut akan cepat turun seperti kebanyakan smartphone buatan Sony yang sudah-sudah. [FM]

 


gambar: phonearena

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel