Cara Burn CD Mudah di Linux dengan Braser

31 Dec 2012 13:30 7075 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyak orang yang berargumen bahwa ketergantungan orang terhadap media optic seperti CD dan DVD akan segera berakhir dengan bermunculannya berbagai media yang lebih praktis dan mempunyai kapasitas yang lebih besar.

Banyak orang yang berargumen bahwa ketergantungan orang terhadap media optic seperti CD dan DVD akan segera berakhir dengan bermunculannya berbagai media yang lebih praktis dan mempunyai kapasitas yang lebih besar. Selain itu, hampir semua penyedia aplikasi dan game sudah mulai mendistribusikan produknya melalui internet sehingga para pengguna hanya tinggal mendownload dan tidak perlu lagi membelinya dalam bentuk CD dan DVD.

Walaupun begitu, ternyata masih banyak orang yang setia menggunakan CD atau DVD untuk berbagai keperluan mereka. Salah satu aplikasi yang tentunya diperlukan oleh mereka yang berkecimpung dengn CD dan DVD adalah aplikasi untuk burning. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas sebuah program CD dan DVD burning khusus untuk sistem operasi Linux, yaitu Brasero.

Tentang Brasero

Brasero merupakan sebuah aplikasi Linux yang akan menawarkan Anda cara burn CD dan DVD dengan mudah. Dengan menggunakan Brasero Anda dapat melakukan burning CD atau DVD dalam berbagai macam scenario, seperti membuat CD dan DVD, menyalin CD dan DVD, atau melakukan burning sebuah ISO image. Aplikasi ini sebenarnya difokuskan untuk para pengguna Gnome desktop environment, namun semua pengguna Linux yang lain juga dapat menggunakannya selama mereka menginstal semua jenis file yang dibutuhkan oleh aplikasi ini. Salah satu keuntungan menggunakan Brasero di banding aplkasi burning CD dan DVD lain adalah karena Brasero memiliki bentuk yang sederhana dan sangat mudah untuk digunakan dibanding yang lainnya.

Untuk menggunakan Brasero, Anda harus terlebih dahulu membukanya melalui Menu, Activities scree, ataupun Dash tergantung dari sistem operasi Linux apa yang Anda gunakan dan kombinasi desktop environment apa yang Anda pakai. Ketika aplikasi Brasero ini sudah terbuka, maka Anda akan melihat beberapa jenis opsi untuk melakukan burning CD dan DVD.

Membuat disc baru

Jika Anda ingin membuat sebuah CD atau DVD baru, maka Anda dapat memilih opsi pertama dari tiga opsi yang tersedia. Untuk membuat CD/DVD video Anda tinggal memilih opsi "Video project sementara untuk membuat CD/DVD audio Anda hanya tinggal memilih opsi "Audio Project. Perlu diperhatikan bahwa jika Anda memilih opsi "Audio Project maka CD yang akan dihasilkan adalah sebuah audio CD dengan durasi sebanyak 80 menit walaupun jumlah file-nya belum mencapai 700 MB. Oleh karena itu jika Anda ingin membuat CD yang berisi ratusan musik atau ingin membuat sebuah MP3 CD, maka Anda lebih baik menggunankan opsi "Data Project.

Menyalin sebuah disc

Jika Anda ingin menyalin sebuah disc, maka Anda dapat memilih opsi selanjutnya, yaitu "Disc Copy. Jika PC Anda memiliki dua buah disc drive sekaligus, maka tentu Anda dapat melakukan penyalinan ini secara langsung. Namun apabila Anda hanya mempunyai sebuah disc drive, maka Anda pun tetap dapat melakukan penyalinan disc ini. Pasalnya, aplikasi Brasero ini akan menyalin seluruh koten yang ada di CD atau DVD sumber ke dalam sebuah temporary folder. Setelah itu, aplikasi Brasero ini akan meminta Anda untuk memasukan CD atau DVD kosong untuk kemudian langsung memindahkannya ke CD atau DVD yang baru tersebut.

Burn sebuah ISO image

Fitur terakhir yang ditawarkan oleh Brasero adalah kemampuannya untuk melakukan burning file ISO image ke dalam sebuah CD atau DVD. Sebenarnya fitur ini tidak hanya tersedia di menu utama Brasero karena fitur ini juga dapat Anda akses dengan cara melakukan klik kanan pada file ISO tersebut, kemudian pilih Brasero sebagai program untuk membuka file ISO tersebut. Setelah itu Anda hanya tinggal melakukan konfirmasi jenis file ISO apa yang ingin Anda burn serta dic drive mana yang ingin Anda gunakan. Maka aplikasi ini akan langsung melakukan burning file ISO Anda ke sebuah CD atau DVD.

Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi propertis yang ada di samping disc drive untuk melakukan berbagai pengaturan seperti kecepatan menulis dari disc drive tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara langsung di sini[GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel