LG X Power, Smartphone Kelas Menengah dengan Baterai Jumbo

22 Sep 2016 08:20 2433 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartphone seri X dari LG yang dirilis di bulan September 2016 ini.

Anda yang setiap harinya membutuhkan sebuah smartphone dengan daya tahan baterai yang tinggi, mungkin tidak begitu menyukai berbagai smartphone flagship yang bermunculan sekarang ini.

Salah satu alasannya adalah spesifikasi. Banyak yang sudah mengetahui kalau semakin tinggi spesifikasi suatu smartphone, maka semakin rakus pula smartphone tersebut menguras daya baterai.

Disitulah LG melihat sebuah peluang yaitu dengan merilis smartphone dengan spesifikasi kelas menengah namun memiliki baterai yang besar, dengan namanya adalah LG X Power.

Smartphone yang dirilis LG pada bulan September 2016 ini adalah sebuah salah satu varian seri X dari LG yang memang ditujukan untuk mereka yang membutuhkan smartphone dengan baterai berkapasitas besar. Selain kapasitas baterai yang besar, spesifikasi dasar dari smartphone ini pun menjamin daya konsumsi baterai pada smartphone ini pun akan jauh lebih hemat dibanding kebanyakan smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar dan spesifikasi yang tinggi seperti pada Redmi 3 Pro atau Redmi 3 Pro.

Untuk lebih jelas mengetahui seperti apa smartphone ini, silahkan disimak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

Desain & Layar

Smartphone LG X Power memiliki desain yang bisa dikatakan tidak menarik perhatian. Akan tetapi, terlepas dari tidak ada keunggulan dari segi desainnya yang menggunakan material berbahan plastik, smartphone ini terlihat solid dan cocok bagi Anda yang tidak begitu mempedulikan keindahan visual dari sebuah smartphone.

Layar dari LG X Power berukuran 5.3 inch menurut saya sudah cukup untuk sebuah smartphone yang ingin menonjolkan keunggulannya dari segi daya tahan baterai. Apalagi resolusinya yang hanya 720 x 1280 pixel diyakini dapat mendukung penghematan dalam konsumsi daya baterai.

Namun cukup disayangkan, dikarenakan resolusinya yang terkesan biasa saja, menjadikan smartphone ini kurang tajam dalam penyajian gambarnya. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat kepadatan layar yang hanya berada pada angka 277ppi.

 

Prosessor dan GPU

Dari segi performa, LG X Power bisa dikatakan berada di garis tengah jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya dari berbagai merek.

Hal tersebut dikarenakan smartphone ini masih menggunakan prosessor MT6735 keluaran Mediatek yang memang performanya masih kalah jika dibandingkan dengan prosessor pada smartphone kelas menengah lain dengan harga yang tidak jauh berbeda seperti Redmi Note 3 Pro.

Untuk menunjang performa MT6735 pada smartphone LG X Power, GPU yang disandingkan pun terkesan biasa saja, yaitu GPU Mali-T720.

 

RAM & Penyimpanan

Dari segi prosessor, smartphone LG X Power ini memang terlihat biasa-biasa saja karena memang tujuan dibuatnya smartphone ini sendiri adalah untuk memberikan pengalaman menggunakan smartphone selama mungkin.

Tapi ketika Anda melirik RAM dan memori penyimpanannya, Anda yang ingin meminang smartphone ini mungkin akan merasa lega karena RAM yang disematkan pada smartphone ini cukup besar untuk smartphone kelas menengah yakni RAM berkapasitas 2GB.

Untuk memori internalnya sendiri, kapasitas yang tersedia untuk smartphone LG X Power ini adalah 16GB yang tentunya bisa diperluas lagi hingga 256GB menggunakan kartu MicroSD.

 

Kamera & Fitur

Untuk sebuah smartphone kelas menengah, kamera yang terpasang pada LG X Power ini cukup standar. Pada bagian belakang terpasang sebuah kamera 13MP dengan apertur f/2.2 yang sudah mendukung autofocus serta memiliki lampu LEDflash.

Sedangkan pada bagian depannya, smartphone ini sudah dilengkapi sebuah kamera 5MP dengan apertur f/2.4 yang juga sanggup untuk merekam video dengan kualitas full HD.

Fitur lain yang ada pada smartphone ini juga terkesan standar-standar saja alias tidak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone kelas menengah yang beredar dipasaran.

Contohnya seperti ketersediaan Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, bluetooth v4.2, GPS, micro USB yang sudah support USB OTG, serta yang terakhir adalah fitur radio FM.

 

Baterai

Satu keunggulan dari smartphone ini yang sekaligus menjadi tujuannya dibuat smartphone ini adalah pada baterainya.

Dengan baterai Li-Ion berkapasitas 4100 mAh, smartphone ini akan dapat menemani aktivitas Anda seharian tanpa harus melakukan charging. Tentunya, dengan syarat penggunaan yang dimaksud adalah penggunaan dalam batasan tertentu dan bukan penggunaan seperti bermain game terus menerus tanpa berhenti atau streaming yang juga tanpa henti.

 

Kesimpulan & Harga

LG X Power adalah smartphone kelas menengah yang dirancang khusus bagi mereka yang ingin memiliki smartphone dengan kapasitas baterai besar namun harga yang ramah di kantong.

Jika kita berbicara soal baterai 4,100 mAh pada LG X Power memang terkesan masih kalah jika dibandingkan dengan smartphone merek Asus dengan tipenya adalah Zenfone Max. Namun, dengan layarnya yang 0.2 inch lebih kecil serta prosessor yang katanya jauh lebih hemat baterai, LG X Power ini patut untuk diperhitungkan ketika Anda mencari smartphone dengan kapasitas baterai besar.

Untuk harganya sendiri, LG X Power mungkin bisa dikatakan cukup mahal jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya yang juga sama-sama memiliki kapasitas baterai yang serupa yakni di angka 3 jutaan.

Setelah membaca ulasan spesifikasi di atas, apa Anda masih berminat dengan smartphone ini? Atau mungkin berpindah hati ke smartphone kelas menengah lainnya seperti Zenfone Max dengan kapasitas baterai 5,000 mAh atau Xiaomi Redmi series dengan kapasitas baterai 4,000 mAh? [FM]

 

 

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel