Bosan dengan Redmi 3? Redmi 4 Siap Hadir ke Hadapan Anda!

6 Sep 2016 15:54 2969 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bocoran spesifikasi dan harga dari Redmi 4 yang baru lulus uji coba di China.

Anda penyuka smartphone China bermerek Xiaomi?

Jika ya, maka Anda akan mendengar kabar kehadiran salah satu smartphone kelas menengahnya yakni seri Redmi yang memiliki layar berukuran 5 inch.

Terakhir kali kita menjadi saksi perilisan salah satu jajaran smartphone seri Redmi dari Xiaomi adalah perilisan dari Redmi 3 dan juga Redmi 3 Pro.

Dan kali ini Xiaomi sepertinya sudah mengambil langkah baru yakni yang diperlihatkannya lewat informasinya yang bocor di TENAA.

Dengan nomor modelnya bernomor 201606 ketika di sertifikasi TENAA, smartphone yang nantinya akan menjadi penerus Redmi 3 ini sepertinya akan dirilis dalam dua warna, yakni warna gold dan silver.

“Lalu bagaimana dengan spesifikasinya?”

Sebelum membahas lebih detil tentang spesifikasi dari penerus Xiaomi Redmi 3 atau yang nantinya kemungkinan besar diberi nama Redmi 4 ini tentunya akan lebih baik dibandingkan pendahulunya; mulai dari prosessornya, RAM, serta beberapa fitur lainnya.

Berdasarkan informasi yang bocor di TENAA, Xiaomi Redmi 4 ini akan ditenagai oleh sebuah prosessor buatan Qualcomm bernama Snapdragon 625. Tidak hanya itu, kabarnya Redmi 4 juga akan hadir versi lainnya dimana prosessor yang digunakan sendiri adalah prosessor buatan MediaTek yakni MediaTek Helio P10.

Terlihat disini Xiaomi sepertinya serius bersaing di pasar smartphone kelas menengah dimana pihaknya memberikan dua opsi berbeda bagi mereka yang suka smartrphone bermesin MediaTek dan mereka yang suka smartphone bermesin Qualcomm.

Walaupun Redmi 4 ini nantinya akan memiliki dua buah versi berbeda, komponen-komponen lainnya sendiri hampir semuanya disamakan seperti layarnya yang masih berukuran 5 inch dengan jenis layar IPS serta resolusi 720 x 1280 atau yang biasa kita kenal dengan resolusi HD.

Namun, berbeda generasi tentunya berbeda juga spesifikasi lainnya.

Contohnya pada RAM yang ditanamkan pada Redmi 4 ini sendiri adalah RAM dengan kapasitas 3GB. Jika kita bandingkan dengan pendahulunya, RAM 3GB pada Redmi 4 ini meningkat 1GB dibandingkan dengan Redmi 3.

Beralih ke penyimpanan internal, Xiaomi Redmi 4 ini dibekali sebuah ruang penyimpanan yang cukup luas yakni 32GB, sama besarnya dengan kebanyakan smartphone flagship yang bermunculan saat ini.

Terlihat meningkat dua kali lipat dari pendahulunya, penyimpanan internal 32GB pada Redmi 4 ini sendiri belum dapat dikonfirmasi secara penuh. Artinya, penyimpanan Xiaomi Redmi 4 ini masih memiliki satu rahasia tentang apakah penyimpanan sebesar 32GB tersebut masih dapat diperbesar lagi dengan MicroSD atau tidak.

Untuk mereka yang suka fotografi ataupun penyuka selfie, Redmi 4 ini dibekali dengan satu buah kamera sandar di bagian depan dan belakangnya.

Untuk kamera depannya, Xiaomi Redmi 4 dilengkapi dengan sebuah kamera 8MP yang dapat Anda gunakan untuk mengambil selfie berkualitas tinggi.

Sedangkan untuk kamera belakangnya, Xiaomi Redmi 4 dilengkapi dengan kamera 13MP yang tentunya akan membantu Anda mengambil foto dengan kualitas di atas rata-rata.

Mungkin bagi Anda yang mengikuti perkembangan Xiaomi Redmi series, Anda akan sadar bahwa kamera belakang yang digunakan pada Redmi 4 ini sama dengan kamera pada pendahulunya. Ya, memang sama saja untuk kamera belakangnya. Yang berbeda adalah kamera depannya dimana pada Redmi 3 masih menggunakan kamera 5MP, sedangkan untuk Redmi 4 sudah menggunakan kamera 8MP.

Beralih lagi ke bagian baterai, entah kenapa banyak smartphone sekarang ini memiliki baterai yang kapasitasnya merupakan downgrade dibandingkan pendahulunya.

Redmi 3, memiliki baterai dengan kapasitas 4,100 mAh. Tapi sayangnya, pada Redmi 4, baterai yang ditanamkan 100 mAh lebih kecil dibandingkan dengan baterai yang ada pada Redmi 3.

Pada proses sertifikasi Redmi 4 ini, informasi lainnya yang mungkin cukup penting adalah dari fitur yang dimilikinya. Dapat dikatakan sukses dengan IR Blaster-nya, Redmi 3 pun kemudian mewariskan fitur tersebut ke Redmi 4.

Jadi jangan takut Anda kehilangan fitur tersebut ketika Anda beralih ke Redmi 4.

Seperti yang mungkin banyak orang harapkan, Redmi 4 ini nantinya tidak akan menggunakan sistem operasi Android lolipop seperti pendahulunya, melainkan sudah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow seperti kebanyakan smartphone yang hadir di tahun 2016.

Status Redmi 4 sekarang ini sudah berhasil lulus uji coba di TENAA.

Dengan kata lain, dalam hitungan hari atau minggu, smartphone yang akan menjadi penerus Redmi 3 ini akan segera diresmikan. Untuk harganya sendiri, menurut kabar yang beredar, Redmi 4 akan dihargai seharga 699 Yuan atau sekitar 1,3 juta rupiah saja.

Harga tersebut tentunya tidak bisa menjadi patokan karena biasanya harga distributor di Indonesia selalu sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual di negara lokalnya.

Smartphone murah, punya spesifikasi di atas rata-rata. Apa Anda berminat untuk meminang smartphone ini? 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel