7 Persamaan Antara Samsung Galaxy Note 7 dan Galaxy S7 Edge

26 Aug 2016 18:00 4467 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya Samsung Galaxy S7 Edge? Sepertinya tidak usah beralih ke Samsung Galaxy Note 7.

Terbilang memiliki jarak waktu yang cukup dekat dari perilisan smartphone flagship sebelumnya, Samsung, yaitu salah satu vendor smartphone terkemuka asal Korea baru-baru ini merilis smartphone bernama Samsung Galaxy Note 7.

Banyak yang beranggapan bahwa Samsung Galaxy Note 7 itu mirip dengan Samsung Galaxy S7 Edge baik dari segi spesifikasi maupun dari desain yang dimiliki.

Tapi apakah benar kemiripan dari kedua smartphone tersebut seperti yang banyak orang anggap?

Disini saya akan membandingkan kedua smartphone tersebut dengan cara menuliskan apa yang sama dari kedua smartphone tersebut,sehingga Anda yang nantinya ingin membeli Samsung Galaxy Note 7 tidak dipusingkan oleh kabar-kabar hoax yang beredar dimana-mana khususnya dunia maya yang menyatakan bahwa kedua smartphone ini berbeda jauh.

 

1. Desain Layar

Dari segi desain, Samsung Galaxy Note 7 ini mengadaptasi desain dari Samsung Galaxy S7 Edge, khususnya dibagian layarnya yang melengkung sehingga walaupun memiliki nilai seni yang baik, ternyata tidak begitu nyaman digenggam tangan (serasa licin-licin gimana gitu).

Beralih ke bagian layar, Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy S7 Edge sama-sama menggunakan layar kebanggaan Samsung yaitu Super AMOLED. Selain itu kedua smartphone tersebut pun memiliki resolusi yang sama yakni 1440 x 2560 pixel.

Artinya, tidak ada peningkatan yang signifikan pada bagian layar secara umum.

 

2. Prosessor dan GPU

Seperti kita ketahui, Samsung Galaxy S7 Edge ditenagai oleh sebuah prosessor buatan Samsung bernama Samsung Exynos 8890, yaitu sebuah prosessor dengan 4 inti yang memang menjadi pesaing ketat Qualcomm Snapdragon 820.

Sukses digunakan pada Samsung Galaxy S7 Edge, prosessor Exynos 8890 pun kembali digunakan pada penerus Samsung Galaxy Note 5 yaitu Samsung Galaxy Note 7.

Prosessor ini menurut saya tentunya merupakan pilihan yang tepat dari Samsung. Karena hampir semua game 3D terbaru yang dirilis di tahun 2016 ini mampu dijalankan Samsung Galaxy S7 Edge yang menggunakan prosessor Exynos 8890 dengan lancar.

Hal tersebut tentunya tidak terlepas GPU Mali-T880 MP12 yang menjadi pasangan mutlak Exynos 8890.

 

3. Sertifikat IP68

Seperti halnya Samsung Galaxy S7 Edge, Samsung Galaxy Note 7 juga ternyata memiliki sertifikat IP68. Dengan kata lain, smartphone ini memiliki resistansi (ingat resistansi bukan anti) terhadap debu dan air, berbeda dengan smartphone seri Sony Xperia yang benar-benar tahan air dan debu.

 

4. Sistem Operasi

Samsung Galaxy S7 Edge yang rilis pada awal tahun 2016 lalu menggunakan sistem operasi Android Marshmallow. Di kala itu, sistem operasi Android ini adalah sistem operasi yang masih dianggap baru sehingga banyak orang yang hype ketika Samsung mengeluarkan smartphone tersebut.

Tapi sayangnya, Samsung Galaxy Note 7 sekarang ini sedikit mengecewakan karena sama-sama menggunakan Android Marshmallow, sedangkan Google sendiri sudah merilis Android Nougat di bulan yang sama dengan perilisan Samsung Galaxy Note 7.

 

5. RAM dengan Kapasitas 4GB

Samsung Galaxy S7 Edge banyak diminati pada awal pertama rilis salah satunya dikarenakan RAM yang cukup besar jika dibandingkan dengan produk-produk smartphone ternama lainnya yang umumnya hanya menggunakan RAM 3GB saja.

Banyak yang beranggapan bahwa setiap smartphone yang dirilis lebih baru dibandingkan generasi sebelumnya akan memiliki spesifikasi yang setidaknya di atas spesifikasi smartphone sebelumnya.

Tapi sayangnya, Samsung Galaxy Note 7 ternyata masih menggunakan RAM 4GB seperti pada Samsung Galaxy S7 Edge walaupun ternyata ada versi lain dengan RAM 6GB.

 

6. Kamera

Samsung Galaxy Note 7 memiliki kemiripan lainnya dengan Samsung Galaxy S7 Edge pada fitur kameranya. Selain menggunakan kamera belakang 12MP yang sama dimana memiliki kecepatan auto-focus yang luar biasa, serta OIS dan jenis LED flash yang sama.

Tidak hanya kamera belakang yang sama persis, kamera depan 5MP dari Samsung Galaxy Note 7 juga ternyata sama dengan kamera depan 5MP milik Samsung Galaxy S7 Edge.

Kedua kameranya pun sanggup melakukan perekaman video 2160p dengan fps maksimal di angka 30 fps.

 

7. Penyimpanan Eksternal

Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy S7 Edge memang memiliki penyimpanan internal yang berbeda dimana Galaxy Note 7 memiliki memori internal sebesar 64 GB, sedangkaan Samsung Galaxy S7 Edge memiliki memori internal sebesar 32GB saja.

Meskipun begitu, keduanya ternyata memiliki dukungan penyimpanan eksternal berupa microSD yang mampu menampung microSD hingga microSD yang kapasitasnya 256GB.

 

Penutup

Itulah persamaan-persamaan dari Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy S7 Edge secara umum. Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki Samsung Galaxy S7 Edge dan sedang pusing antara pindah ke Samsung Galaxy Note 7 atau tidak, Anda mungkin sudah dapat menemukan jawabannya setelah membaca persamaan-persamaan dari kedua smartphone tersebut di atas. [FM]

 

 

 

 

gambar: ibtimes

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel