Reinkarnasi Nintendo Tahun 80-an Hadir di Akhir Tahun 2016

21 Aug 2016 06:16 2954 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nintendo Entertainment System atau yang lebih dikenal dengan konsol Nintendo lahir kembali dengan nuansa klasik dan keunikan tersendiri.

Seiring dengan bertambahnya waktu pastilah banyak hal yang berubah. Seperti di industri gaming, konsol yang dulu mungkin hanya ada nintendo saja kemudian berakhir dengan belasan konsol gaming seperti playstation, sega, game boy, PSP, PS Vita, Nintendo wii dan masih banyak lagi.

Sebagai konsol yang mungkin dianggap paling tua, NES atau yang merupakan kepanjangan dari Nintendo Entertainment System sekarang ini sudah mulai luput dari ingatan khalayak ramai, khususnya mereka para gamer yang dahulunya mungkin mencandui konsol yang satu ini.

Hampir dilupakan orang banyak, perusahaan asal Jepang Nintendo sekarang ini kembali membangkitkan konsol yang sempat populer di tahun 1980-an tersebut.

Konsol yang berukuran seukuran kepalan tangan ini disebut dengan NES Classic Edition yang walaupun disebut klasik, konsol ini ternyata memiliki kabel HDMI sehingga dapat dihubungkan ke televisi-televisi modern zaman sekarang.

Harga dari konsol mini ini pun tidak mahal, dengan membayarkan 700 hingga 800 ribu rupiah, Anda akan bisa melakukan pre-order untuk konsol NES Classic Edition ini yang akan mulai dikirimkan pada tanggal 11 November 2016 mendatang.

Sebelum membeli konsol ini, mungkin Anda memiliki pertanyaan seputar konsol ini seperti kemampuan atau spesifikasinya mengingat konsol Nintendo ini hanya berukuran seukuran kepalan tangan.

Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai konsol NES Classic Edition yang akan mulai rilis di pasaran akhir tahun 2016 mendatang.

 

1. Apakah konsol ini memiliki slot kaset (cartridge) seperti nintendo terdahulu?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, konsol ini memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. Oleh karenanya, slot untuk kaset dari game-game nintendo yang mungkin masih Anda miliki hingga sekarang tidak dapat digunakan pada konsol ini karena konsol ini tidak memiliki slot untuk kaset walaupun model dari konsol ini sama persis dengan konsol NES tahun 80-an.

 

2. Kontroller untuk NES Classic Edition, apakah bisa menggunakan Kontroller Nintendo terdahulu?

NES Classic Edition yang walaupun memiliki desain persis dengan nintendo pendahulunya, ternyata tidak memiliki port untuk kontroller yang sama. Lubang port tempat menghubungkan kontroller pada NES Classic Edition sama persis dengan port kontroller yang Anda temukan pada Nintendo Wii.

Sehingga dengan kata lain, kontroller yang dapat digunakan pada Nintendo Classic Edition ini adalah kontroller yang dapat Anda temukan pada Nintendo Wii

 

3. Tidak memiliki lubang kaset, bagaimana nanti gamer memainkan game pada Nintendo ini?

Nintendo Classic Edition memang tidak memiliki lubang kaset, sehingga mungkin beberapa orang bingung bagaimana cara memainkan game pada konsol ini.

Pada nintendo berukuran mini ini, game-game klasik yang menjadi favorit banyak orang dizamannya sudah terpasang pada konsol. Artinya, ketika Anda menerima konsol mini ini, Anda tinggal menghubungkan arus listrik ke konsol ini serta menghubungkannya ke televisi sebelum dapat memainkan berbagai game yang ada pada konsol ini.

 

4. Apa saja game yang ada pada konsol ini?

Bagi Anda yang tidak ingin menyesal sebelum membeli konsol ini karena game favorit Anda mungkin tidak terpasang pada konsol ini, perlu diketahui bahwa konsol ini memuat 30 game populer di tahun 80 dan 90-an.

Berbagai game tersebut antara lain:

Balloon Fight, Bubble Bobble, Castlevania, Castlevania: Simon’s Quest, Donkey Kong, Donkey Kong Jr., Double Dragon II: The Revenge, Dr. Mario, Excitebike, Final Fantasy, Galaga, Ghosts ‘n Goblins, Gradius, Ice Climbers, Kid Icarus, Kirby’s Adventure, Mega Man 2, Metroid, Mario Bros, Ninja Gaiden, Pac-Man, Punch-Out!!, Super C, Star Tropics, Super Mario Bros, Super Mario Bros 2, Super Mario Bros 3, Tecno Bowl, The Legend of Zelda dan yang terakhir adalah Zelda II: The Adventure of Link.

Artinya bagi Anda penggemar game Duck Hunt, Dragon Warrior ataupun Contra, Anda mungkin harus berpikir kembali sebelum membeli konsol ini karena ketiga game tersebut tidak ada di NES Classic Edition.

 

5. Berminat membeli konsol ini, Apa saja yang didapatkan pada paket pembeliannya?

Menurut informasi resminya, paket penjualan dari NES Classic Edition ini terdiri dari sebuah gamepad atau kontrollernya, adaptor untuk menghubungkan ke stop kontak, kabel HDMI, dan yang pasti konsol NES Classic Edition.

Hanya disediakan satu buah kontroller saja, calon pemilik konsol ini nantinya diharuskan untuk membeli kontroller lagi jika ingin memainkan game dengan mode dua pemain. Harga untuk kontrollernya sendiri berkisar 130 hingga 140 ribu rupiah.

 

6. Konsol ini menggunakan TV Modern, bagaimana kualitas tampilan gambar game pada konsol ini?

Hingga saat ini, belum ada yang informasi atau lebih tepatnya ulasan tentang bagaimana tampilan gambar dari konsol nintendo ini. Tapi dari video yang ada di bawah ini, mungkin Anda sudah dapat mengira-ngira bagaimana kualitas gambar dari berbagai game tersebut ditampilkan di televisi modern.

 

Sekian artikel singkat mengenai konsol NES Classic Edition yang ditujukan bagi mereka para gamer yang ingin bernostalgia dengan masa kecil mereka atau mereka para generasi muda yang ingin mencoba apa yang pernah dirasakan oleh generasi-generasi sebelumnya.

Jika ada pertanyaan ataupun pendapat seputar konsol ini, silahkan tuliskan di kolom komentar.[FM]

 

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel