7 Efek Positif Bermain Pokemon Go

14 Jul 2016 16:58 3181 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Game Pokemon Go ternyata memiliki sisi positif yang tidak diduga

Lagi-lagi tentang Pokemon Go!. Begitulah pastinya pikiran Anda ketika membaca artikel ini. Yah, mau bagaimana lagi. Game buah kerjasama Nintendo dan Niantic Lab ini memang sedang hangat dibicarakan di dunia. Di Indonesia, gaungnya begitu ramai, dari bisik-bisik tetangga sampai di dunia maya. 

Tidak heran juga media online mainstream yang biasanya jarang mengupas games sefenomenal ini, langsung diisi dengan artikel berkaitan Pokemon Go. Bahkan, saya mendapat email marketing dari salah satu e-Commerce dengan headline “Beli Gadget Baru untuk Bermain Pokemon Go!” 

Fenomena ini tentu menunjukan kalau Pokemon Go benar-benar game yang fenomenal. Lebih fenomenal dibandingkan kasus penghinaan pada Pancasila. 

Anak-anak, tua, muda, semua terlihat bermain Pokemon Go.  Fenomena ini tampaknya bukan fenomena yang hanya seketika. Saya yakin, Pokemon Go akan terus diperbincangkan kedepannya.

 Apalagi, game ini ternyata memiliki sisi positif yang mungkin tidak kamu duga. Ada banyak lho sisi positif dari game yang satu ini. Beberapa diantaranya sebagai berikut. 

 

1. Olahraga

Pokemon Go mengharuskan kamu sebagai pemain untuk menangkap berbagai Pokemon di luaran sana. Hal ini membuat kamu harus bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Mungkin kamu bepikir untuk memakai kendaraan. Faktanya, memakai kendaraan bermotor untuk menangkap Pokemon sebenarnya kurang efektif. Yang paling efektif adalah berjalan kaki atau bersepeda. Nah, kegiatan ini tentunya akan membuat tubuhmu bergerak. Dan kamu tidak merasa bahwa kamu sedang berolahraga. 

 

2. Mengenal Tempat Baru 

Pokemon Go memungkinkan kamu untuk mendatangi tempat-tempat baru yang bahkan tidak pernah kamu ketahui.  Hal ini karena Pokemon Go menggunakan sistem GPS dan meletaka bangunan penting dan tempat-tempat penting sebagai Pokestop dan tempat Pokemon bertebaran. 

Kamu yang penasaran ingin mengumpulkan Pokemon tentunya tidak akan melewatkan begitu saja, bahkan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi atau kamu kenal sekalipun. Bisa saja malah kamu datang ke museum di kota yang jarang kamu kunjungi. 

 

3. Bertemu Teman Baru atau Teman Lama

Banyak hal menarik ketika bermain Pokemon Go. Salah satunya adalah bertemu dengan teman baru dan berkenalan dengan mereka. Tentunya ini membuat kamu memiliki banyak teman. 

Tidak sedikit pula, berkat Pokemon Go, kamu bisa bertemu dengan orang yang sudah lama tidak kamu temui. Ada cerita di luar negeri, dia bertemu kembali dengan temannya yang sudah lama ia tak temu selama 7 tahun. Berkat Pokemon Go, mereka pun kembali bertemu. 

Kedua cerita diatas bisa terjadi karena yang mencari Pokemon di satu tempat, bukan kamu saja. Orang lain yang bermain Pokemon Go pastinya juga akan mencari Pokemon di tempat yang sama dengan kamu. 

 

4. Peluang Bertemu dengan Jodoh atau Kembali ke Mantan

Bukan hanya bertemu dengan teman baru. Kesempatan kamu untuk bertemu dengan jodoh terbuka lebar di permainan ini. Ini karena tidak hanya laki-laki yang bermain game ini. Tidak sedikit juga kaum hawa bermain game ini. Apalagi, kan banyak kaum hawa yang suka dengan karakter Pikachu (karakter Pokemon paling terkenal). 

Nah, siapa tahu kamu bertemu dengan jodohmu. Yang awalnya hanya tukar-menukar Pokemon, lama-lama bisa jadi menukar hati. 

Tapi hati-hati juga yah, kalau potensi bertemu jodoh besar, potensi bertemu mantan juga cukup besar. Apalagi jika Pokemon yang kamu cari ada di rumah mantan. Yah, syukur kalau mantanmu senang dan kamu senang kemudian jadian lagi. Kalau pas ke rumah mantan, dia lagi ama gebetannya, gimana hayo? 

 

5. Jiwa Berkompetisi

Permainan Pokemon Go memiliki sistem pertarungan antar Pokemon antar satu pemain dengan pemain lain. Bahkan, kamu juga bisa memiliki tim dan bertempur dengan tim lain. Dengan cara bermain tersebut, sadar atau tidak, pelan-pelan di dalam dirimu tumbuh jiwa berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. 

Memilki jiwa untuk berkompetisi ini merupakan sesuatu yang baik karena kamu akan tertantang untuk menghadapi hal-hal baru. 

 

6, Lebih Rajin Ibadah di Tempat Ibadah 

Di Pokemon Go, banyak tempat ibadah, terutama mesjid yang jadi Pokestop. Hal ini memungkinkan kamu untuk berhenti di mesjid tersebut. Tentu saja potensi kamu bertemu dengan pemain lain juga cukup besar. 

Tapi ada hal yang lebih positif dalam hal ini, yakni kamu akan sering beribadah di mesjid. Tidak enak kan, ketika adzan tiba, kamu masih tetap menangkap Pokemon. Kamu yang muslim pastinya akan lebih rajin menunaikan salat di mesjid. 

 

7. Lebih Dekat dengan Tetangga Sebelah 

DI kota besar, tidak sedikit orang yang tidak mengenal tetanggannya. Bahkan, saya yakin kamu yang tinggal di komplek elit lebih kenal teman jauh kamu dibandingkan tetangga sebelah. Nah, berkat Pokemon Go, kamu bisa mengenal tetanggamu. Karena secara tidak langsung kamu perlu silaturahmii meski itu hanya untuk meminta izin menangkap Pokemon. 

 

Nah, itulah 7 efek positif bermain Pokemon yang perlu kamu. Banyak juga kan yah efek positif permainan ini. Hmmm menarik…. 

About The Author

Hilman 78
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel