Fakta-Fakta Seputar Perusahaan Elektronik LG

16 Jun 2016 20:00 5219 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fakta Tentang LG yang Dapat Mengubah Pemikiran Anda Selama ini

Anda tahu nama perusahaan asal Korea yang baru-baru ini membuat smartphone pesaing Samsung Galaxy S7?

LG, ya itu dia namanya.

Perusahaan elektronik asal Korea ini sudah cukup lama mengarungi industri eleketronik, khususnya smartphone di kancah internasional.

Perusahaan yang ditemukan pada tahun 1958 ini awalnya diberi nama “GoldStar”. Tujuan awal dibuat perusahaan ini sendiri adalah untuk menekan ekspor produk elektronik domestik. Jika dilihat sejarahnya, GoldStar atau yang sekarang berubah menjadi LG ini adalah perusahaan pertama yang membuat berbagai perangkat elektronik di Korea seperti radio, TV, kulkas, mesin cuci dan AC.

GoldStar, memiliki anak perusahaan lain di dalamnya yang bernama “Lak-Hui Chemical.” Perusahaan inilah yang kemudian bergabung dengan GoldStar pada tahun 1995 dan membentuk sebuah perusahaan baru dengan nama Lucky-GoldStar yang kemudian disingkat menjadi “LG.”

Artinya, LG yang sekarang dianggap sebagai kependekan dari “Life’s Good” itu adalah anggapan yang salah. Karena kepanjangan dari LG itu adalah Lucky Goldstar.

Frase “Life’s Good” sendiri adalah sebuah frase seperti yang sebelumnya pernah digunakan seperti “Future’s Technology” dan “Digitally Yours.”

 

Pembuat Ponsel dengan Layar Kapasitif Pertama

Kemudian, jika berbicara soal smartphone, LG juga cukup memiliki sejarah yang dapat diunggulkan. Yakni ketika dulu sedang musim-musimnya ponsel dengan layar resistive yang harus menggunakan tenaga ketika menyentuhnya, LG sudah membuat ponsel dengan layar kapasitif pertama di dunia dengan nama LG Prada atau lebih dikenal dengan LG KE850.

 

Salah Satu Jawara Pembuat Televisi

Televisi adalah salah satu produk Andalan LG sejak dulu. Dan hingga sekarang, LG masih tetap membuat produk televisi yang berkualitas namun pada tahun 2015 lalu, perusahaan asal Korea ini dikalahkan oleh pesaingnya sesama perusahaan Korea dengan selisih penjualan sekitar 8.5 persen.

 

Perusahaan yang Ramah Lingkungan

Pada umumnya, perusahaan elektronik itu dikenal sebagai perusahaan yang tidak ramah lingkungan, walaupun setidaknya mereka telah mencoba berusaha untuk melakukan hal tersebut.

Berbeda dengan LG, menurut laporan dari Greenpeace{dot}org, LG adalah salah satu perusahaan elektronik di dunia yang dikenal sebagai perusahaan paling ramah lingkungan.

Dengan menempati peringkat ke-12 dalam laporan tersebut, LG berhasil mencetak skor sebesar 3.5 poin dari skor maksimal 10 poin.

 

Salah Satu Vendor Smartphone yang Menggunakan Layar Melengkung

Berbicara smartphone dengan layar melengkung, mungkin yang tersirat di benak kita adalah Smartphone Samsung.

Ya, sebagian orang mungkin menyangka bahwa Samsung adalah vendor yang pertama kali menggunakan layar melengkung dengan smartphone pertamanya Samsung Galaxy Round.

Tapi, banyak yang menyanggah hal tersebut karena layar melengkung pada smartphone tersebut tidak memiliki fungsi apa-apa.

Namun, LG Flex yang dirilis sebulan lebih telat dibandingkan Samsung Galaxy Round memiliki layar yang benar-benar dapat melengkung sampai sudut tertentu.

 

LG adalah Perusahaan Pertama yang Merilis Smartphone Modular

Belum lama ini, LG mengeluarkan smartphone flagship terbarunya bernama LG G5. Smartphone ini sekilas tampak sama dengan smartphone pada umumnya. Namun, dibalik smartphone ini, LG ternyata telah menyelipkan sebuah kejutan berupa fungsi smartphone yang ternyata modular.

Modular disini tidak sama dengan project ARA yang pernah populer dulu. Karena yang memiliki sifat modular pada smartphone ini hanyalah bagian bawahnya saja, dimana fungsinya dapat diganti menjadi smartphone untuk fotografi, dan smartphone khusus untuk mereka para audiophile.

 

Penutup

Itulah fakta-fakta seputar LG yang mungkin dapat saya bahas untuk Anda. Jika Anda punya fakta-faktar seputar LG lainnya yang mungkin Anda tahu tapi tidak ada pada artikel ini, Anda dapat membagikannya lewat komentar di bawah.

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel