5 Aplikasi Screenshot Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

4 Aug 2016 08:45 20963 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Beberapa program yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan mudah dan cepat

Beberapa kali saya diminta untuk mengirimkan gambar jika ada sesuatu yang error ke bagian teknisi. Bagian teknisi meminta lihat gambarnya agar bisa dketahui penyebab error atau gangguan lain. Untuk itu saya harus melakukan “tembak layar”  maksud saya menangkap layar (screenshot) pada bagian masalah tersebut. 

Sebelumnya, saya akan melakukan menekatan “Prinet Scrn” di keyboard kemudian salin di aplikasi edit foto (termasuk paint). Menyimpannya sebagai format JPEG atau PNG kemudian mengirimkanke bagian teknisi. 

Proses tersebut menurut saya cukup ribet dan memakan waktu, 

Untungnya hal itu tak lagi terjadi. Apa pasal? 

Karena saya menemukan beberapa  program yang memungkinkan saya menangkap layar atau screenshot dengan sangat mudah. Nah, mungkin beberapa program ini juga mungkin dibutuhkan Anda untuk berbagai keperluan. 

Apa saja program-program yang saya maksud? Sebelum membaca daftarnya, Anda menggunakan komputer dengan OS Windows karena program dibawah ini umumnya mendukung Windows. 

5 Aplikasi Screenshot Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

1. Lightshot 

Aplikasi ini yang sering membantu saya ketika mengirimkan gambar ke teknisi, mengirimkan gambar tampilan web, atau sekadar membantu saya menangkap suatu gambar yang tidak bisa disimpan dengan hanya klik kanan saja. 

Lightshot juga sangat mudah dan ringan di pasang di komputer karena ukuran file yang memang tidak terlalu besar. Untuk mengambil gambar, kita cukup menenakn “Prinet Scrn” dan kita tinggal memilih untuk langsung simpan gambar, dicetak komputer, atau diedit ringan terlebih dulu. 

 Yang saya suka dari Lightshot adalah fitur hasil gambar yang diunggah ke server mereka. Artinya, saya tidak perlu simpan dan kirim gambar. Saya cukup upload gambar hasil screenshot dan nantinya akan tersedia link khusus yang bisa dibuka. Tinggal cukup membuka link khusus tersebut. 

 

2. Screen Hunter

Selain Lightshot,  program bernama Screen Hunter juga ternyata cukup bisa diandalkan. Program yang satu ini cukup bagus untuk menangkap tampilan layar secara penuh atau hanya pada bagian tertentu saja. 

Selain itu, Screen Hunter juga cukup mudah dalam menyimpan hasil tangkapan layar. Tinggal tekan “F6” kemudian arahkan ke bagian layar yang ingin ditangkap. Bisa dibilang pengoperasian program ini sangat mudah. Sayangnya, saya kurang menyukai tampilan antarmuka program ini  yang terlihat tidak modern 

 

3. Gadwin Printscreen

Gadwin Printscreen juga ternyata merupakan program yang sangat bagus untuk menangkap layar. Program yang  satu ini sangat fleksibel dan sudah dilengkapi dengan berbagait tools menarik. 

Pengaturan aplikasi ini cukup komplit. Tetapi diantara semua fiturnya, saya sangat suka dengan fitur capture history, sesuatu yang jarang dimiliki di program lain yang sejenis. Tampilan antarmuka yang menarik dengan berbagai pilihan fitur membuat Gadwin Printscreen jadi program printscreen yang layak Anda pasang.

 

4. Jing 

TechSmith, pengembang yang menciptakan program desktop recording, Camtasia, juga punya program screenshot bernama Jing. Nama yang terdengar mudah diingat. 

5 Aplikasi Screenshot Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

Secara keseluruhan, sebenarnya Jing tidak terlalu beda jauh dengan program Lighshot. Program ini mampu menangkap tampilan dengan mudah. Program ini juga memungkinakna Anda untuk menambahkan teks, panah, hightlight pada hasil tangkapan layar. Sama seperti Lightshot, hasil gambar bisa langsung diunnggah ke situs screencast.com. Dan kita tentunya cukup membagikan link tersebut. Suatu program yang cukup menarik sebenarnya. 

Yang cukup membedakan dengan program lain yang sejenis, Jing memiliki fitur merekam setiap gerakan layar. Hanya saja dibatasi sampai 5 menit saja. Oh yah, Anda yang kebingungan menggunakan program ini tidak perlu khawatir. Pasalnya, TechSmith menyediakan video tutorial yang mudah diikuti oleh pemula. 

 

5. Grabilla

Tenang, ini bukan Grab layanan on demand yang marak di Indonesia itu. Ini adalah Grabilla, sebuah program yang berfungsi untuk menangkap tampilan layar. Grabilla ini sangat berguna untuk yang sering bekerja dengan detail. Apalagi ada banyak fungsi unik di program yang satu ini. 

5 Aplikasi Screenshot Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

Selain menangkap tampilan layar, Grabilla juga juga punya kemampuan menangkap pergerakan mouse atau screencast. Anda juga bisa menyimpan dan menandai dokumen dengan mudah. Semua fiturnya bisa dikatkan cukup bermanfaat dan membantu. Saya juga senang dengan kehadiran fitur 

Software penangkap gambar lainnya yang menyediakan fungsi unik, selain sebagai screen capture grabila juga bisa menangkap gerakan mouse atau biasa disebut Menyimpan gambar dari file dan dokumen serta web klipping.hasil screenshot langsung ke server grabila. Mirip dengan Jing dan Lighshot. 


Nah, itu tadi 5 program untuk screenshot atau untuk menangkap layar. Masih banyak sebenarnya program lain yang sejenis tetapi saya hanya menyarankan untuk mencoba kelima program tersebut karena punya fitur menarik dan mudah digunakan. 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel