7 Saran Penting Bagi Anda yang Ingin Berbisnis Secara Online

15 Jun 2016 20:00 3937 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Walaupun terlihat praktis, berbisnis secara online itu cukup sulit.

Di zaman serba teknologi sekarang ini, banyak aktivitas yang asalnya hanya dapat dilakukan secara offline, kemudian berubah sehingga dapat dilakukan secara online menggunakan koneksi internet.

Contohnya saja mencari penghasilan dengan berbisnis/berdagang. Awalnya, aktivitas tersebut hanya dapat dilakukan secara offline.

Mereka yang ingin berdagang biasanya harus menyiapkan banyak hal penting seperti modal, tempat untuk berjualan, izin usaha, dan masih banyak lagi.

Namun, dengan kedatangan teknologi internet, berbisnis atau berdagang, jauh lebih mudah lagi.

Tapi apakah memang semudah yang kita pikirkan?

Tentu tidak; berdasarkan pengalaman saya, berbisnis secara online itu cukup sulit. Untuk sukses dalam berjualan secara online itu butuh waktu, kesabaran dan juga keteguhan dalam menjalani dan menghadapi apa yang akan menghambat bisnis online yang sedang dijalankan di masa depan.

Secara spesifik, apa yang nantinya menjadi hambatan, atau cobaan ketika setiap menjalankan bisnis online itu tidak dapat ditebak dan berbeda-beda

Akan tetapi, secara umum ada 7 hal yang “harus dilakukan” dan “tidak boleh dilakukan” ketika Anda ingin mencoba untuk memindahkan bisnis Anda yang asalnya dilakukan secara offline ke online, ataupun bagi Anda yang baru mau mencoba untuk mengadu nasib dengan berbisnis secara online.

 

1. Buat Situs Berjualan Anda Semenarik Mungkin, Namun Tetap Mudah Digunakan

Bagi penjual yang ingin membuka lapak berjualan online-nya sendiri dengan membuat situsnya sendiri, perlu diketahui bahwa situs Anda adalah situs berjualan. Apa yang membuat pengunjung membeli barang Anda pertama kali mereka mengunjungi situs berjualan Anda adalah wajah dari situs Anda. Kemudian, dilanjutkan dengan seberapa mudah navigasi di situs Anda tersebut.

 

2. Jangan Berpikiran Bahwa Calon Pembeli akan Menemukan Situs Anda Begitu Saja

Internet itu masih bisa dikatakan sangat luas. Oleh karena itu, sangat sulit bagi seseorang untuk menemukan situs yang namanya belum pernah terdengar oleh telinganya.

Oleh karena itu, cara satu-satunya untuk membuat situs Anda diketahui oleh orang banyak adalah dengan promosi.

Promosinya sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membuat selebaran untuk diberikan secara offline, mengiklankan lewat media sosial serta menentukan SEO yang baik untuk situs Anda sehingga seorang penjelajah internet dapat menemukan situs Anda dengan mudah ketika ia mengetikkan kata kunci dari suatu produk yang ia butuhkan di mesin pencari.

 

3. Jangan Mengurus Segalanya Sendiri

Memulai bisnis menjadi seorang penjual online kecil-kecilan mungkin tidaklah sulit, karena beban tanggung jawabnya masih belum banyak.

Akan tetapi, ketika suatu bisnis online sudah maju, bekerja sendirian adalah hal yang sangat sangat tidak direkomendasikan.

Hal tersebut dikarenakan tanggung jawab ketika sebuah bisnis online sudah maju dan besar tidaklah kecil dan sesedikit sebelumnya.

Sangat disarankan sih untuk mencari pekerja yang memiliki spesialisasi dalam mengurus satu tanggung jawab. Sehingga Anda nantinya akan dapat berfokus pada tanggung jawab lain.

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel