5 Alasan ini akan Membuat Anda Beralih Menggunakan DNS Pihak Ketiga

9 Jun 2016 13:00 4340 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penasaran kenapa harus ganti DNS di komputer yang terhubung ke internet?

Mungkin bagi sebagian orang yang mengerti tentang komputer, DNS adalah salah satu unsur yang sangat penting ketika topik yang sedang dibicarakan adalah soal “internet.”

Dikatakan sangat penting karena DNS memiliki peran sebagai sistem yang menerjemahkan suatu domain ke alamat IP.

Umumnya, setiap penyedia layanan internet sudah menyediakan DNS server untuk para pelanggannya gunakan. Sehingga jarang kita lihat ada orang yang ingin terhubung ke internet harus otak-atik komputernya karena ingin melakukan pengaturan DNS.

Tapi, menggunakan DNS yang sudah disediakan penyedia layanan internet itu hukummnya tidak wajib. Daripada menggunakan DNS yang disediakan oleh provider internet yang Anda gunakan, lebih baik gunakan server DNS pihak ketiga seperti OpenDNS ataupun publik DNS dari Google.

Kenapa lebih baik menggunakan DNS dari pihak ketiga? Berikut ini adalah 5 alasannya.

 

1. Fitur Keamanan yang Terjamin

Belum banyak orang yang tahu bahwa server DNS pihak ketiga seperti OpenDNS dan DNS publik Google itu ternyata menawarkan para penggunanya beberapa sistem keamanan yang bahkan para penyedia layanan internet pada umumnya belum gunakan.

Contohnya saja server DNS milik Google yang mendukung sebuah sistem keamanan bernama DNSSEC yang memiliki fungsi untuk memastikan bahwa permintaan DNS dilakukan secara aman dan akurat.

 

2. Akses Bebas ke Konten yang Hanya Tersedia di Negara Tertentu

Bagi orang di Indonesia, menyaksikan berbagai konten di Hulu dan BBC iPlayer ataupun penyedia konten lain yang hanya tersedia di satu negara saja pada awalnya hanyalah mimpi belaka.

Namun dengan menggunakan server DNS pihak, seorang pengguna akan dapat mengakses konten-konten tersebut dimanapun pengguna tersebut berada selama ia punya koneksi internet tentunya.

Kenapa bisa mengakses konten yang hanya tersedia di beberapa negara saja?

Hal tersebut dikarenakan DNS bekerja dengan melakukan “tunneling” yang tentunya membuat para penyedia konten terbatas tersebut berpikir bahwa Anda berada di negara yang boleh menyaksikan konten tersebut.

 

3. Membuka Situs yang Diblokir

Banyak situs di Indonesia terkena blokir dengan alasan situs-situs yang terkena blokir tersebut adalah situs yang mengandung malware, phising, scamming dan konten pornografi.

Tapi tidak sedikit situs-situs yang terblokir juga adalah situs-situs yang bersih dan malah menurut saya memberi banyak manfaat bagi mereka yang mengaksesnya.

Namun dengan mengganti server DNS yang Anda gunakan dengan server DNS pihak ketiga seperti OpenDNS, maka Anda akan dapat mengakses situs-situs tersebut tanpa harus melihat tulisan menyebalkan seperti “internet positif” lagi.

 

4. Perlindungan dari Phising

Internet itu luas.

Saking luasnya, banyak hal yang tidak terduga dapat terjadi pada Anda ketika Anda sedang asik berseluncur di dunia maya tersebut.

Salah satu dari kejadian yang mungkin banyak orang tidak ingin temui adalah kasus “Phising.”

Phising adalah salah satu dari sekian banyak kejahatan cyber yang dilakukan untuk mendapatkan atau lebih tepatnya mencuri informasi penting dari seseorang secara diam-diam dan tidak sah.

Seperti mencuri User ID, Password, PIN, informasi rekening dan masih banyak lagi informasi-informasi yang vital bagi seseorang.

Namun dengan menggunakan server DNS seperti OpenDNS, Anda akan mendapatkan perlindungan dari situs-situs phising yang tersebar di Internet tidak seperti server DNS lain yang tidak punya perlindungan terhadap phising.

 

5. Peningkatan Kecepatan Internet

Indonesia terkenal dengan harga internet yang mahal serta kecepatan internet yang tidak begitu cepat jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Namun hal tersebut ada solusinya, yaitu dengan menggunakan DNS dari pihak ketiga. Sekilas hal tersebut terasa membahagiakan.

Akan tetapi, peningkatan kecepatan internet tersebut ternyata ada syaratnya, yaitu lokasi server dari DNS yang Anda gunakan harus berada dekat dengan Anda.

 

Penutup

Itulah 5 keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan DNS pihak ketiga. Walaupun sekilas terkesan complicated untuk melakukan pengaturan DNS-nya, menurut saya sih sangat worthed.

Bahkan jika dipikir-pikir lagi, selain 5 keuntungan di atas, masih ada beberapa keuntungan lainnya dengan kita menggunakan DNS dari pihak ketiga.

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel