4 Mesin Pencari yang Benar-Benar Menawarkan Penjelajahan Internet Privat

30 May 2016 17:00 3609 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Privasi terjaga 100 persen ketika browsing menggunakan mesin-mesin pencari berikut ini.

Browsing secara privat atau mode incognito pada berbagai browser umum yang kita kenal sebenarnya tidak memberikan tingkat privasi seketat dan seaman yang kita kira. Hal tersebut dapat terlihat dari iklan yang bermunculan di Facebook dan di Gmail milik kita selalu berhubungan dengan hal-hal terakhir yang kita cari ketika menggunakan mode incognito pada browser seperti Chrome atau Firefox.

Ketika Anda merasa ragu terhadap browser yang Anda gunakan, maka mesin pencari privat atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan ‘private search engine’ adalah solusinya.

Jika belum ada yang tahu, private search engine itu adalah sebutan bagi mesin pencari yang memang tidak menyimpan atau melacak kelakuan Anda di internet tidak seperti Google Search, Bing Search ataupun Yahoo Search.

Berikut ini adalah 4 dari sekian banyak mesin pencari privat yang cukup populer di kalangan para internet surfer yang hobinya memang melakukan menjelajah internet secara privat.

 

1. Yippy

Dengan menggunakan Yippy, Anda akan dapat (secara manual) melakukan filter terhadap hasil berdasarkan kategori yang dimunculkan. Selain itu, dengan Yippy Anda juga akan dapat menandai hasil-hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda.

Tidak seperti beberapa mesin pencari, Yippy juga memperbolehkan penggunanya untuk melakukan berbagai pencarian jenis konten seperti situs, gambar, berita, lowongan kerja, blog, data pemerintahan, dan masih banyak lagi.

Dan yang paling penting, Yippy juga tidak melacak hasil pencarian Anda dan juga tidak memperlihatkan Anda iklan-iklan yang tidak Anda inginkan.

 

2. WolframAlpha

Mesin pencari yang satu ini adalah jenis mesin pencari komputasi yang mampu untuk memberikan jawaban akurat serta banyak informasi yang terbuka. Tidak hanya itu, mesin pencari WolframAlpha juga tidak peduli dengan apa yang Anda cari sehingga mesin pencari ini tidak melacak rekam jejak pencarian Anda.

Mesin pencari privat ini melakukan pencarian dengan cara melakukan kalkulasi dinamis dengan memanfaatkan algoritma bawaan yang kemudian menyajikan hasil pencarian tersebut dalam bentuk banyak informasi seputar orang, kalkulasi, kesehatan dan obat-obatan, uang dan keuangan, musik dan film serta masih banyak lagi.

 

3. Startpage

Startpage bekerja dengan secara maksimal memberikan hasil pencarian dengan tentunya memberikan perlindungan terhadap privasi Anda.

Mesin pencari ini menjelajah internet dengan menggunakan server proxy yang juga dapat mencegah suatu situs melakukan pelacakan terhadap alamat IP serta lokasi Anda.

Selain dapat ditambahkan ke Chrome dan Firefox, mesin pencari ini juga memiliki satu keunikan, yaitu kemampuannya untuk berganti-ganti tema warna.

 

4. DuckDuckGo

Mesin pencari “bebek” adalah mesin pencari favorit saya yang memang menurut saya pribadi sangat lengkap hasil pencariannya dengan tentunya sambil melindungi Anda dari terjangan-terjangan tracking dari situs-situs lain.

Mesin pencari ini didesain secara khusus memang untuk orang-orang yang menjelajah internet secara privat. Cara kerjanya pun sangat cepat; selain memberikan keamanan ketika melakukan browsing, penyajian pencarian dari mesin pencari ini juga paling cepat dibandingkan dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, mesin pencari ini menjadi salah satu mesin pencari privat terbaik yang pernah ada.

 

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel