5 Cara Berwisata sambil Meningkatkan Kualitas Hidup Kita sebagai Seseorang

27 May 2016 08:50 3224 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Lepaskan stress dan tingkatkan kualitas hidup dengan berwisata menggunakan cara berikut ini.

Stress dikarenakan kehidupan sehari-hari yang penuh dengan tugas, kewajiban serta hal yang menjadi beban bagi diri kita kalau dibiarkan menumpuk bisa berbahaya.

Salah satu cara untuk me-reset atau mengatasi hal tersebut adalah salah satunya dengan berekreasi atau berlibur ke tempat-tempat yang suasananya berbeda dengan lingkungan atau tempat kita menghabiskan waktu sehari-hari.

Berekreasi dan berwisata boleh saja, tapi kenapa wisata tersebut tidak kita manfaatkan selain untuk melepas jenuh dan menjernihkan pikiran kita juga untuk meningkatkan kualitas kita sebagai manusia?

Di bawah ini, adalah 5 cara bagaimana berwisata dapat meningkatkan kualitas hidup kita sebagai seseorang.

 

1. Jadilah seseorang yang aktif ketika berwisata

Berwisata tentunya berbeda dengan ketika Anda menghabiskan waktu libur Anda di rumah seharian duduk-duduk dan menonton televisi atau memainkan smartphone Anda.

Dikarenakan berbeda, maka Anda yang di hari liburnya berwisata ke suatu tempat, jadilah seseorang yang aktif mengeksplorasi tempat wisata. Misalkan Anda pergi ke sebuah tempat yang memiliki sebuah kebudayaan atau adat istiadat tertentu, maka eksplorasi budaya atau adat lokal tersebut.

Dengan begitu, diri Anda akan mulai mengenal wawasan baru serta badan Anda yang asalnya hanya duduk-duduk saja pada hari-hari libur menjadi bergerak dikarenakan aktivitas eksplorasi tersebut.

 

2. Carilah teman baru ketika berwisata

Berwisata sendirian itu membosankan, tapi ada alasannya yaitu untuk mencari teman baru. Dengan mendapatkan teman baru ketika berwisata atau berkunjung ke suatu tempat, kita akan merasakan hal baru muncul pada diri kita.

Apalagi bagi mereka yang tidak punya “best friend” ataupun “boyfriend/girlfriend,” berwisata sendiri ini dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk mencari kedua kategori teman tersebut.

 

3. Membuat buku harian ketika berwisata

Banyak orang mengira bahwa buku harian atau diary itu dipergunakan ketika seseorang ingin menulis kehidupan rutinnya sehari-hari. Padahal kenyataannya buku harian itu juga dapat dipergunakan untuk membuat sebuah jurnal perjalanan wisata Anda ke suatu tempat.

Dengan menulis keseharian Anda ketika Anda berwisata ke suatu tempat, Anda akan dapat menyimpan sebuah “file” tentang pengalaman Anda di suatu tempat, dan ketika Anda membacanya setelah beberapa saat, Anda akan dapat mengetahui impresi personal Anda pada tempat yang Anda kunjungi.

 

4. Mulai membuat sebuah blog foto

Salah satu cara untuk menikmati sebuah perjalanan wisata dengan maksimal adalah dengan mengabadikan apa yang terjadi dan kita lihat dalam perjalanan kita ke dalam sebuah foto yang dapat dibagi dengan orang lain.

Selain itu, dengan memiliki sebuah blog foto perjalanan wisata, Anda di masa depan akan dapat melihat kembali tempat apa saja yang Anda telah kunjungi di masa lalu.

 

5. Lakukan perjalanan wisata ke tempat-tempat bernuansa alam

Saya yakin, kehidupan diperkotaan membuat banyak orang lelah setelah mencapai titik tertentu. Contohnya saja orang-orang Jakarta ketika weekend, mereka biasanya melakukan rekreasi baik itu ke puncak di Bogor, ataupun ke Lembang di Bandung.

Dengan melakukan rekreasi atau wisata ke tempat-tempat bernuansa alam, pikiran dan tubuh kita yang sudah terkontaminasi oleh suasana perkotaan akan kembali segar; pikiran menjadi jernih kembali dan siap untuk menghadapi kehidupan di perkotaan lagi.

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel