4 Fitur Android Praktis ini Jarang Digunakan Banyak Orang

25 May 2016 17:15 4342 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Padahal kalau digunakan bisa menghemat waktu

Berbicara soal keindahan dari sebuah teknologi, kata “praktis” dan “canggih” adalah dua kata yang mungkin tersirat dalam benak kita.

Contohnya saja pada sebuah smartphone yang asalnya hanya memiliki RAM 2GB atau kamera 5MP menjadi lebih canggih dengan peningkatan RAM menjadi 6GB dan kamera 23MP.

Atau juga dari yang asalnya untuk membuka fitur kamera dari sebuah smartphone harus terlebih dahulu membuka layar kunci smartphone, kemudian menyentuh shortcut-nya menjadi memencet tombol “Power” dua kali untuk langsung masuk ke fitur kamera.

Apakah hanya itu?

Untuk kecanggihan mungkin kita sudah ketahui secara umum dengan melihat spesifikasi yang tertulis di internet ataupun box dari smartphone tersebut. Namun dari segi atau nilai kepraktisan, beberapa shortcut atau cara praktis di bawah ini pasti jarang atau malah tidak pernah Anda gunakan sebelumnya.

 

1. Mencari Aplikasi Secara Instan

Jika pada smartphone Anda terpasang puluhan atau bahkan ratusan aplikasi, Anda terkadang malas mencari sebuah aplikasi tertentu.

Namun jangan khawatir karena pada stock Android  yang masih menggunakan Google Now Launcher, Anda akan dapat mencari sebuah aplikasi dari puluhan atau ratusan aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda hanya dengan menggunakan fitur pencarian yang dimiliki launcher ini.

Atau jika Anda tidak memiliki Google Now Launcher pada smartphone Anda, Anda dapat mengunduh launcher tersebut di Google Play Store secara gratis.

 

 

2. Membalas Pesan untuk Mengabarkan Kenapa Anda menolak Panggilan

Sudah ada sejak zaman OS 4.0 (Ice Cream Sandwich) fitur ini memudahkan Anda untuk membalas atau merespon panggilan seseorang yang memanggil Anda dengan menggunakan sebuah pesan singkat.

Yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur ini adalah dengan melakukan swipe pada panggilan masuk dan memilih teks atau respon yang Anda inginkan.

 

3. Mengunci smartphone Anda dengan mudah menggunakan smart lock

Mungkin fitur yang satu ini sudah banyak diketahui orang. Tapi seandainya Anda tidak menggunakan fitur ini, berarti Anda telah sedikit merugi.

Secara singkat, smart lock dapat didefinisikan sebagai sebuah fitur yang dapat membuat smartphone Anda tidak terkunci ketika syarat-sayaratnya telah berkumpul.

Contohnya ketika Anda di rumah dan menyalakan location service, maka Anda akan dapat mengaktifkan fitur ini dimana pada area rumah kunci smartphone milik dinonaktifkan.

 

4. Menggunakan perintah suara untuk melakukan segalanya lebih cepat

Yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi mayoritas pengguna Android. Karena fitur yang disebut dengan Google Now ini sudah ada sejak dulu dan seperti yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya, Google Now ini memiliki kemampuan pencarian sebuah aplikasi yang sangat besar dan sangat cepat karena hanya membutuhkan suara saja sebagai perintahnya.

 

Penutup

Itulah empat fitur Android yang jarang digunakan oleh orang-orang (pengguna Android) pada kehidupannya sehari-hari.

Padahal kalau digunakan, manfaatnya cukup besar dimana salah satunya adalah membuat kita menghemat banyak waktu untuk melakukan sebuah aktivitas di komputer.

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel