Wow! Google Play Store kini Hadir di Perangkat Laptop

20 May 2016 13:00 3834 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Artinya, para pengguna laptop nantinya akan dapat menjalankan aplikasi tanpa emulator.

Sudah tahukah Anda bahwa Google Play Store nantinya akan dapat dipasang di laptop?

Jika belum, menurut saya wajar saja karena informasi ini baru saja dirilis beberapa jam lalu di sebuah event besar tahunan Google yakni Google I/O yang sedang dalam penyelenggaraan hingga esok hari.

Di hari kedua ini, Google telah mengumumkan sebuah informasi yang pastinya menjadi sebuah informasi yang sangat penting bagi para pecinta teknologi.

Informasi tersebut berjudul “Coming to a Chromebook Near You.”

“Datang ke sebuah Chromebook di dekat Anda,” itulah jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Informasi ini sendiri berisi tentang Google Play Store, yang menurut pernyataan Google, akan muncul pada Chromebook dengan sistem operasinya yang tentunya adalah ChromeOS.

Biasa saja?

Malah menurut saya hal tersebut adalah hal yang cukup besar dan “wah” karena, bayangkan saja, lebih dari satu juta aplikasi yang awalnya hanya dapat dimainkan pada perangkat Android atau emulator saja, kini dapat digunakan di perangkat laptop yang kita kenal dengan nama Chromebook.

Dan selama beberapa tahun ini, aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store ini tentunya memiliki Andil yang besar dalam perkembangan di Industri software dan hardware.

Google Play Store dapat digunakan di laptop Chromebook mungkin belum menjelaskan tentang bagaimana nanti kita dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah kita unduh dari Google Play Store di Chromebook.

Bagi yang pernah kecewa terhadap laptop Chromebook dikarenakan semua program harus dijalankan melalui sebuah browser, mungkin dengan kehadiran Google Play Store di Chromebook akan mulai menghapus kekecewaan tersebut.

Pasalnya, aplikasi-aplikasi yang diunduh lewat Google Play Store ini nantinya akan menjadi sebuah plug-in yang tentunya akan sangat aman digunakan. Selain itu, secara tidak langsung aplikasi-aplikasi yang diunduh ini nantinya akan menjadi aplikasi-aplikasi pertama yang dapat berjalan di perangkat desktop yang akan memiliki performa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ketika menggunakan emulator di desktop.

Kehadiran Google Play Store di Chromebook ini sendiri dapat terwujud berkat kerjasama atau kolaborasi antara tim pengembang Chromebook dengan tim pengembang Android.

Walaupun masih banyak keraguan di masyarakat soal performa, pihak pengembang yakin bahwa Google Play Store yang nantinya hadir di laptop Chromebook ini akan berjalan sebagaimana mestinya, seperti pada smartphone ataupun tablet Android.

Hal tersebut dikarenakan jeroan Chromebook umumnya terdiri dari berbagai hardware kelas desktop yang umumnya memang lebih unggul dibandingkan dengan hardware pada perangkat smartphone.

Berbicara soal kompatibilitas, disini para konsumen tidak usah ragu lagi. Karena menurut pihak Google, semua aplikasi yang ada di Google Play Store akan dapat dijalankan di Chromebook nantinya.

Contohnya saja bagi mereka yang rindu dengan Microsoft Word buatan Microsoft, maka para pengguna nantinya akan dapat menggunakan aplikasi Office Suit yang ada di Android. Atau jika Anda ingin mengedit foto? Anda tinggal unduh Photo Mix.

Untuk Anda yang penasaran kapan Google Play Store ini hadir di Chromebook, Anda tidak perlu khawatir dan menunggu lama-lama karena mulai bulan juni-juli di tahun 2016 ini, Anda para pemilik Chromebook sudah dapat menikmati teknologi terbaru Google.

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel