[Tutorial] Inilah Cara Mematikan Windows Menggunakan Cortana

17 May 2016 17:00 2776 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Secara default, Cortana dapat melakukan banyak hal kecuali melakukan 'shut down'.

Cortana adalah salah satu aplikasi bawaan sistem yang juga merupakan sebuah aplikasi yang menjadi keunggulan dari Windows 10. Dikatakan menjadi keunggulan pada Windows 10, bukan karena Cortana hanya tersedia di Windows 10 saja.

Karena sebelumnya, Cortana sudah pernah hadir di Windows 8.1 namun masih berupa versi beta yang memiliki banyak kekurangan. Dan ketika Windows 10 dirilis, Cortana akhirnya hadir dengan versi yang lebih sempurna.

Cortana berperan sebagai asisten bagi para pemilik Windows 8.1 dan Windows 10. Artinya, Cortana dapat membantu melakukan berbagai aktivitas yang umumnya terlalu membebani seseorang ketika dilakukan walaupun aktivitas tersebut adalah aktivitas yang ringan.

Beberapa bantuan yang ditawarkan Cortana antara lain, membuat catatan tentang waktu, tempat dan orang, mengidentifikasi sebuah lagu, mengecek kondisi cuaca suatu tempat, menyediakan rute ke suatu tempat, mengatur alarm dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya hal yang dapat dilakukan Cortana yang jika dihitung-hitung lagi bisa lebih dari 50, ada satu hal yang tidak dapat dilakukan, atau lebih tepatnya belum dapat dilakukan Cortana yakni mematikan atau melakukan ‘shut down’ pada komputer kita.

Mungkin sekarang belum bisa, tapi di update selanjutnya, hal tersebut dapat terwujud. Yang jadi masalah adalah, mau menunggu dalam jangka waktu yang tidak tentu hanya untuk menunggu update dimana Cortana dapat mematikan komputer secara otomatis?

Bagi yang tidak apa-apa menunggu sih saya no comment. Tapi bagi Anda yang tidak sabar menunggu lagi, saya ingin memberikan kabar bahagia bahwa ada cara mudah agar Cortana dapat mematikan Komputer Anda dengan perintah “Hey Cortana!”

Langkah-langkah berikut ini sebaiknya dilakukan oleh mereka yang sudah cukup paham dengan apa yang dilakukan. Dengan kata lain, bagi yang belum paham betul soal komputer, ‘do it at your own risk!’

 

1. Langkah pertama, Buka Windows Explorer dan pergi ke C:\Users\[User Name]\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs

2. Langkah kedua, klik kanan pada lahan kosong kemudian pilih “New” dilanjutkan oleh “Shortcut”

3. Langkah ketiga, setelah muncul sebuah jendela bernama “Create Shortcut” tuliskanlah pada kotak yang tersedia “shutdown.exe –s” (tanpa tanda kutip dan huruf kecil semuanya)

4. Langkah keempat, pastikan apa yang Anda tulis sudah sesuai dengan apa yang tertulis pada poin ketiga. Setelah yakin, lanjutkan dengan menekan “Next”

5. Langkah kelima, Pada bagian nama dari Shortcut, biarkan saja namanya shutdown.exe

6. langkah keenam, tekan “Finish”

 

Beres dengan langkah di atas, kini Anda dapat mematikan Komputer Anda lewat Cortana seperti Anda melakukan aktivitas lainnya menggunakan Cortana.

Caranya adalah sebagai berikut.

1. klik pada ikon Mikrofon di bagian pencarian kemudian katakan “Hey Cortana!”

2. Setelah mengatakan frase tersebut, lanjutkan dengan mengatakan “Open shutdown.exe” (tanda titik tidak perlu dilafalkan).

Dan voila! Sekarang Anda sudah dapat mematikan komputer Anda dengan menggunakan Cortana.

 

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel