Cara Memasang dan Menyetel Chromecast

11 May 2016 08:00 11734 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ubah televisi biasa Anda menjadi smart TV hanya dengan menggunakan Chromecast dan smartphone.

Google Chromecast sudah cukup lama hadir di tengah-tengah kita. Namun apakah selama ini setiap orang sudah tahu fungsi dan cara menjalankan perangkat tersebut?

Bagi Anda yang belum tahu dan belum memiliki Chromecast, saya menyarankan untuk membelinya, karena perangkat tersebut memiliki fungsi untuk menayangkan konten yang sedang Anda lihat di smartphone Anda ke layar televisi atau monitor Anda.

Bahkan jika dilihat dari kebutuhan masing-masing orang, Chromecast ini bisa menjadi sebuah perangkat yang mengubah televisi biasa menjadi sebuah smart TV.

Banyak orang ragu membeli Chromecast karena dua alasan utama. Yang pertama adalah tidak tahu fungsinya dimana sudah saya sebutkan di atas; dan yang kedua adalah karena walaupun nanti membeli perangkat tersebut, terasa percuma karena tidak tahu cara memasangnya.

Nah disini, saya akan share cara untuk bagaimana memasang dan menjalankan Chromecast dengan menggunakan smartphone Android milik Anda.

 

1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memasang Chromecast ke port HDMI yang ada di televisi Anda.

2. setelah itu, pasangkan kabel USB dari Chromecast ke port USB yang ada di televisi Anda. Atau jika tidak ada port USB yang bebas di televisi Anda, gunakanlah adaptor yang terhubung ke sumber listrik.

3. beres dengan langkah kedua, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengganti channel atau saluran dari televisi Anda ke saluran yang terhubung dengan Chromecast Anda.

Sampai sini tidak ada masalah? Kalau ada silahkan tanyakan di kolom komentar. Tapi kalau tidak ada, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

4. setelah beres dengan langkah ketiga, yang harus Anda lakukan sekarang adalah membuka Play Store dari smartphone Android Anda kemudian mengunduh aplikasi bernama “Google Cast Android.”

5. Selesai mengunduh aplikasi tersebut, selanjutnya Anda buka aplikasi Google Cast Android tersebut lalu kemudian terima syarat (terms) penggunaannya dan loginlah menggunakan akun Google milik Anda.

6. Setelah persiapan dasar di atas selesai, halaman utama aplikasi tersebut akan muncul.

7. di bagian main page/halaman utama, pilih “devices” kemudian pilih “set up” sesaat setelah Anda melihat Chromecast muncul

8 Pilih lagi “set up”

9. sebuah kode baru akan muncul di perangkat televisi yang terhubung dengan Chromecast serta di layar smartphone Anda. Disini pastikan kode pada kedua perangkat tersebut sama.

10. Disini Anda akan diminta untuk mengganti nama Chromecast default Anda ke nama lain yang unik.

11. setelah memilih nama Chromecast, selanjutnya Anda diharuskan untuk memilih jaringan Wi-Fi untuk Chromecast Anda. Ikuti langkah-langkah mudahnya dan pilih “Set Network”

12. Ada kemungkinan setelah memilih jaringan, Chromecast Anda akan melakukan sedikit update.

13. Setelah update selesai, perangkat Chromecast Anda akan secara otomatis berjalan, dan sekarang Anda sudah siap untuk menikmati pengalaman baru menggunakan Chromecast seperti menonton film atau menjalankan aplikasi di layar besar.

Itulah langkah-langkah pemasangan dan penyetelan Chromecast di televisi dan smartphone Android Anda. Jika ada pertanyaan soal prosedur pemasangan atau penyetelan Chromecast, silahkan tanyakan di kolom komentar. Terima kasih!

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel