5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

10 May 2016 15:00 4930 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
ada mainan favorit Anda ketika masih kecil disini?

Apa mainan favorit Anda di masa kecil?

Kalau saya, dulu saya sangat suka bermain Yo-Yo. Saking sukanya dengan mainan tersebut, saya tetap memainkannya walau kepala sudah kejedot Yo-Yo sampai puluhan kali.

Ketika Anda memainkan mainan favorit Anda di masa kecil, atau mungkin hingga sekarang masih memainkannya, pernahkah tersirat di pikiran Anda sebuah pertanyaan tentang kapan mainan favorit Anda dibuat?

mungkin ada yang dibuat ketika Anda sudah berumur belasan tahun atau puluhan tahun ketika sebuah konsol game bernama Playstation dibuat.

Tapi ternyata, ada setidaknya 5 mainan favorit kita dulu yang umurnya lebih tua dari umur kita; bahkan lebih tua dari yang kita bayangkan.

 

1. Mainan Remote Control

5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

Mainan remote control biasanya digandrungi oleh kaum pria. Karena mainan tersebut sudah menggunakan teknologi seperti baterai dan dinamo, banyak orang berpikir bahwa mainan tersebut dibuat pada tahun 1990-an.

Tapi sayangnya tebakan tersebut salah. Hal tersebut dikarenakan mainan remote control pertama ternyata dibuat pada tahun 1890-an oleh salah seorang penemu ternama yaitu Nikola Tesla.

Tesla memamerkan mainan remote control buatannya pada tahun 1898 di sebuah pameran di Madison Square Garden.

 

2. Game Simulasi Kehidupan

5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

Mainan yang satu ini adalah game digital yang dapat dimainkan dengan menggunakan sebuah konsol.

Contohnya saja The Sims, yaitu sebuah game simulasi kehidupan dimana para pemainnya akan berperan sebagai seorang warga biasa yang setiap harinya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.

Jika melihat ke belakang, mungkin kita tahu bahwa game The Sims ini mulai dibuat pada tahun 2000-an dimana bagi mereka yang lahir pada tahun 80-an atau 90-an, game ini dianggap sebagai game yang masih mudah.

Tapi jangan salah, The Sims bukanlah game simulasi kehidupan pertama yang diciptakan di dunia. Melainkan ada satu lagi sebuah game mirip The Sims yang dibuat pada tahun 1985.

 

3. Sepatu Roda (Roller Skates)

5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

Salah satu mainan favorit saya pada tahun 90-an. Tapi hanya bertahan 3 hari saja karena setelah saya mengendarainya dan jatuh hingga harus datang ke tukang urut saya langsung kapok menggunakannya.

Mungkin banyak yang menduga bahwa sepatu roda diciptakan pada tauhn 1970-an dimana mainan tersebut mulai populer.

Tapi sebenarnya, sepatu roda ternyata pertama kali ditemukan pada tahun 1770-an oleh seorang penemu asal Belgia bernama John Joseph Merlin.

 

4. Ular Tangga

5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

Siapa yang tidak hapal mainan yang satu ini.

Game yang pastinya dimainkan oleh mayoritas rakyat Indonesia di masa kecilnya ini ternyata bukanlah game yang lahir pada tahun 80-an atau 90-an akan tetapi pada abad ke-16.

Permainan ular tangga lahir di negeri India. Dan hingga sekarang, cara bermain game ini sendiri masih tetap sama yaitu balapan untuk menjadi yang pertama sampai ke titik akhir.

Yang menjadi pembedanya, game ular tangga ini memiliki simbol religius masing-masing. Contohnya seperti tangga yang juga menyimbolkan kesetiaan, keandalan, kebaikan kepintaran dan pertapaan. Sedangkan ular menyimbolkan berbagai hal tidak baik seperti kesombongan, pencurian, kemurkaan, kerakusan, pembunuhan, dan hawa nafsu.

dengan kata lain, game ini dulunya dipakai sebagai media untuk mengajarkan kepada masyarakat India tentang sesulit apa untuk hidup di jalan kebaikan dan semudah apa untuk hidup di jalan yang penuh dengan kebatilan.

 

5. Yo-Yo

5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

Di abad ke-20 mainan ini adalah mainan yang cukup ikonik. Hal tersebut membuat permainan yoyo ini populer pada waktu itu, sampai-sampai di televisi saja ada acaranya sendiri dimana seorang pemain yoyo memperlihatkan berbagai trik bermain.

Yoyo adalah sebuah mainan tradisional yang berasal dari Filipina. Yoyo mulai dikenal oleh masyarakat internasional setelah Pedro Flores yang mulai memperkenalkan yoyo dan memproduksinya secara massal pada tahun 1928 lalu.

Namun, walaupun yoyo berasal dari Filipina, sebuah penelitian membuktikan bahwa yoyo sebenarnya lahir di Yunani. Hal ini dibuktikan dengan penemuan-penemuan benda-benda bersejarah dimana salah satunya adalah yoyo yang terbuat dari tembaga dan tanah liat.

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel