Pernah Mengalami Program Hilang Secara Gaib Setelah Update Windows? Inilah Penyebabnya

5 May 2016 10:30 5273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Windows ternyata menghapus beberapa program setelah update besar. Tapi kenapa?

Satu hal yang membuat saya merasa deg-degan selain berjalan dengan wanita cantik adalah ketika Microsoft menginformasikan bahwa ada sebuah update besar untuk Windows 10 yang terpasang di komputer saya.

Alasannya?

Ketika kita menginstall update Windows 10, selalu saja akan ada permintaan untuk melakukan restart. Dan ketika kita melakukan restart yang mau tidak mau harus dilakukan untuk mengaplikasikan update tersebut, biasanya kita akan menemukan bahwa sebagian program yang kita install sebelumnya telah hilang.

Kemanakah gerangan?

Cerita punya cerita, setelah Windows mengaplikasikan update terbarunya ternyata sering ada beberapa program yang hilang dari komputer kita.

Walaupun pihak Microsoft menolak berkomentar soal ini, update yang biasa dijalankan ketika proses restart berlangsung memang biasanya menghapus beberapa file dikarenakan masalah kompatibilitas.

Untuk lebih mengetahui detailnya silahkan simak ulasan saya di bawah ini.

 

Windows Hanya Menghapus Program Tidak Kompatibel Ketika Melakukan Update Besar

Sebagai pembuka, Windows tidak akan pernah menghapus program pada waktu yang acak. Windows hanya akan melakukan hal tersebut ketika melakukan update versi atau build.

Untuk alasannya, hal tersebut dikarenakan update versi ataupun update besar berbeda dengan update Windows pada umumnya.

Untuk melihat update tersebut sendiri sangat mudah. Yaitu dengan melihat direktori bernama “Windows.old” pada drive atau partisi sistem Anda.

 

Alasan Windows Menghapus Sebuah Program

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Windows biasanya memutuskan untuk menghapus sebuah program dikarenakan oleh masalah kompatibilitas.

Jika sebuah program teridentifikasi oleh Windows dapat menyebabkan crash, bugs ataupun hal-hal lain yang berujung pada konflik dengan sistem, Windows akan menghapus program tersebut agar sistem dari komputer kita tetap stabil.

Contohnya pada saat update besar pertama Windows 10, ada beberapa program berjenis utilites yang hilang secara gaib dari komputer saya seperti Speccy, CPU-Z, HWMonitor dan Ccleaner.

Tidak terbatas pada itu saja, di komputer milik adik saya, program seperti Antivirus dan driver seperti Intel Rapid Storage Technology juga dihapus.

Untuk antivirus, sepertinya hal tersebut dikarenakan antivirusnya sudah lama tidak di-update. Sedangkan untuk driver sepertinya hanya masalah kompatibilitas.

Satu hal yang saya rasa aneh adalah, Ccleaner pada komputer saya hilang. Tapi di komputer adik yang pakai file instalasi yang sama, aplikasi tersebut tidak hilang.

 

Solusi: Install Ulang Program yang Hilang

Jika Anda mengalami masalah yang sama ketika sudah update Windows 10 jalan termudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan install ulang program-program yang telah dihapus.

Program-programnya sendiri biasanya dapat kita unduh langsung dari situs-situs resmi pengembang software atau program yang kita butuhkan.

Dan jika Anda membutuhkan pengaturan ataupun beberapa file yang berkaitan dengan program serta tidak dapat ditemukan pada file terbaru yang ada di situs resminya, maka jalan yang dapat ditempuh adalah dengan pergi ke folder “windows.old” untuk kemudian mencari pengaturan atau file yang hilang tersebut.

Biasanya program-program tersebut ada pada folder “program filex (x86).”

Bagaimana? Sudah merasa mendapat pencerahan tentang file-file yang hilang secara gaib setelah melakukan update besar Windows 10?

Memang update ini sudah lama dan mungkin sudah banyak orang yang hapal tentang hal ini. Tapi saya pribadi baru menggunakan Windows 10 beberapa minggu ini, dan baru saja melakukan update besar tersebut beberapa hari yang lalu.

Sehingga hal ini bagi saya merupakan pengalaman yang baru terjadi.

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel