Wow, Tablet ini Ukurannya Sebesar Layar Laptop

8 Apr 2016 15:00 3161 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ulasan singkat mengenai Tablet Alcatel Xess.

Alcatel, yaitu sebuah merek smarthphone yang didirikan pada tahun 2004 sebagai bentuk kerjasama antara Alcatel-Lucent asal Perancis dan TCL Communication asal China yang kemudian berakhir pada tahun 2005.

Di akhir kerjasama tersebut, TCL Communication kemudian membeli saham dari Alcatel sebesar 45 persennya.

Selain membuat smartphone, Alcatel baru-baru ini juga membuat sebuah tablet yang pada waktu CES 2016 kemarin pernah dipamerkan.

Satu hal yang menarik dari tablet ini adalah dari layarnya dimana layar dari tablet buatan Alcatel bernama Alcatel Xess ini memiliki ukurang sebesar ukuran layar laptop terbesar yang umum beredar di pasaran yakni 17.3 inch.

Mungkin untuk sebuah laptop ukuran tersebut adalah ukuran yang wajar. Tapi untuk sebuah tablet, ukuran tersebut merupakan ukuran terbesar satu-satunya dari sekian banyak tablet yang beredar di pasaran.

Bahkan iPad Pro yang berukuran 12.9 inch saja masih kalah besarnya.

Dengan ukurannya yang besar, tablet raksasa ini mengusung layar berupa layar IPS LCD. Sedangkan untuk resolusinya, layar dari tablet ini memiliki resolusi full HD (1080 x 1920 pixels).

Menurut pihak alcatel, dengan layar sebesar itu, mereka sengaja tidak memasang resolusi yang jauh lebih besar seperti layar beresolusi 4k karena mereka memang berniat menjadikan Alcatel Xess ini sebagai tablet yang tidak boros baterai.

Selain dengan menggunakan layar full HD, pihak Alcatel juga terlihat cukup serius meracik Alcatel Xess ini agar menjadi tablet yang memiliki daya tahan baterai yang lama, yaitu dengan memasangkan baterai berkapasitas 10,000 mAh.

Untuk spesifikasi dapur pacunya, Alcatel Xess sudah menggunakan prosesor octa-core 64-bit, yakni sebuah chipset buatan MediaTek dengan tipenya adalah MT8783T yang memiliki kecepatan 1.5 GHz. Kemudian untuk RAM-nya, tablet ini juga sudah menggunakan RAM sebesar 3GB seperti kebanyakan smartphone yang beredar saat ini.

Untuk ruang penyimpanannya, Alcatel Xess ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan internal sebesar 32GB yang nantinya dapat diperluas dengan menggunakan MicroSD.

Beralih ke bagian kamera, Alcatel Xess hanya memiliki sebuah kamera depan sebesar 5MP. Dengan arti lain, tablet ini dibuat memang bukan untuk mereka yang suka fotografi.

Walaupun tidak punya kemampuan fotografi, bukan berarti tablet ini adalah tablet yang lemah ataupun tidak punya nilai jual sama sekali, karena dengan ukurannya yang sebesar 17.3 inch, tablet ini juga sudah didukung oleh sepasang speaker merek JBL dengan output sebesar 3-Watt sehingga sangat cocok untuk menonton film bersama keluarga, atau melakukan video chat dengan orang lain.

Selain itu, yang menjadi daya tarik utama dari tablet ini adalah penampilannya, khususnya penampilan bagian belakang yang memiliki kickstand unik dan menarik. Kickstand ini juga bisa diatur sudut kemiringannya, seperti sudut 30 derajat untuk mereka yang suka menggambar, sudut 50 derajat untuk para ibu rumah tangga yang suka memasak sambil mengikuti resep dari YouTube serta sudut 75 derajat yang cocok untuk mereka yang suka menonton film.

Beralih ke bagian software, tablet Alcatel Xess berjalan pada Android 5.1. Dan karena tablet ini merupakan tablet yang berorientasi kepada penggunaan rumahan, maka pihak Alcatel juga menyediakan dua jenis tampilan antar muka dimana salah satunya adalah sebuah UI yang mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang baru memegang perangkat Android.

Untuk harga dan tanggal penjualannya, tablet Alcatel Xess akan dijual seharga 499 USD atau sekitar 6.5 juta rupiah yang akan mulai dijual di pasaran pada tanggal 22 April 2016 mendatang.

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel