Pakai Google Chrome? Segeralah Upgrade ke Versi 64-bit

5 Apr 2016 08:00 2718 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya untuk pengguna Windows 64-bit dan bukan 32-bit.

Browser adalah salah satu media yang secara umum digunakan untuk melakukan sebuah aktivitas bernama browsing ketika kita terhubung ke internet.

Banyak jenis browser dengan berbagai keunggulannya yang banyak digunakan oleh masyarakat, seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera dan Google Chrome.

Dan di bawah ini, saya akan mengulas salah satu browser yang menurut saya cukup berpengaruh karena jumlah penggunanya paling banyak diantara browser lainnya, yakni Google Chrome.

Jika Anda adalah pengguna Google Chrome sejak lama, ada kemungkinan versi Google Chrome yang Anda gunakan adalah Google Chrome versi 32-bit.

Bagi Anda yang masih menggunakan Chrome versi tersebut, sebaiknya Anda cepat upgrade browser Chrome tersebut ke versi 64-bit karena browser Chrome versi 64-bit ini adalah browser buatan Google paling cepat dan paling stabil hingga saat ini.

Meskipun banyak alasan untuk upgrade browser tersebut ke versi terbaru, ada satu alasan yang mungkin menghalangi Anda untuk melakukan upgrade yakni sistem operasi yang masih menggunakan versi 32-bit seperti Windows XP.

 

Alasan kenapa Google Chrome Versi 64-bit itu jauh lebih baik

Dari informasi yang dilansir oleh blog resmi Google, browser Chrome versi 64-bit dikatakan jauh lebih efektif dalam mempertahankan dirinya dari kerentanan yang berkaitan dengan memori. Selain itu, pada browser Chrome 64-bit, Google telah menyematkan Adobe Flash yang juga adalah versi 64-bit.

Dari segi kecepatan, menurut hasil dari berbagai benchmarking, Google Chrome versi 64-bit memiliki kecepatan dua kali lebih cepat dibandingkan Chrome versi 32-bit. Kemudian, Google Chrome versi 64-bit juga lebih jarang crash dibandingkan Chrome versi 32-bit.

 

Cara mengecek versi Google Chrome

Bagi Anda yang penasaran tentang versi Google Chrome yang terpasang di komputer milik Anda namun Anda tidak tahu cara melihatnya, cara mudahnya adalah dengan pergi ke bagian menu yang letaknya di pojok kanan atas browser, kemudian memilih menu garis tiga yang dilanjutkan dengan memilih “help/bantuan” dan “about Google Chrome/tentang Google Chrome.”

Di bagian Version, nantinya Anda akan dapat melihat versi dari Google Chrome Anda dimana pada Google Chrome 64-bit terdapat tulisan “(64-bit)” di sebelah versi browser, sedangkan hanya ada huruf “m” pada browser yang masih versi 32-bit.

 

Berpindah ke Google Chrome versi 64-bit

Bagi Anda yang masih menemukan bahwa browser Chrome Anda masih versi 32-bit dan berencana untuk berpindah pada versi 64-bit, caranya sangatlah mudah. Yaitu dengan pergi ke situs resmi Google Chrome dan memilih unduhan Google Chrome versi 64-bit.

Cara membedakan versi unduhan 64-bit dan 32-bit sendiri sangat mudah, yaitu dengan melihat apakah ada tulisan 64-bit atau tidak pada file yang akan Anda unduh. Jika tidak ada, berarti Google Chrome tersebut adalah versi 32-bit.

Setelah selesai mengunduh versi 64-bit, yang harus Anda lakukan adalah menginstallnya. Bagi Anda yang khawatir akan kehilangan data seperti bookmark ataupun riwayat browsing, Anda tidak perlu khawatir karena upgrade browsing tersebut mengganti versi Chrome 32-bit dengan 64-bit tanpa menghilangkan apapun.

Tags Browser

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel