5 Keuntungan Tidak Terduga Ketika Belajar Bahasa Asing

28 Mar 2016 18:18 2387 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ada setidaknya lima keuntungan tersembunyi belajar bahasa asing.

Belajar bahasa asing biasanya dilakukan seseorang dengan berbagai alasan.

Salah satu tujuan umumnya adalah agar dapat mengerti apa yang dikatakan orang asing dari negara lain.

Tidak hanya itu, banyak remaja sekarang khususnya remaja Indonesia belajar bahasa asing untuk tujuan tertentu seperti menonton drama korea, menonton anime Jepang dan juga bermain game.

Belajar sebuah bahasa tidaklah semudah ketika seorang balita yang belajar berjalan. Apalagi untuk menguasai sebuah bahasa sepenuhnya, saya yakin hal tersebut akan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun.

Memang lama, tapi ketika kita sedang belajar untuk menguasai sebuah bahasa asing, ada setidaknya lima keuntungan tersembunyi yang kita dapat dari proses belajar tersebut.

 

1. Menjadi Seorang Pendengar yang Baik

Menjadi seorang pendengar yang baik adalah sebuah skill atau kemampuan yang akan sering digunakan setiap harinya selama kita hidup.

Apalagi bagi mereka yang ingin terhubung dengan orang lain, menjadi seorang pendengar tanpa melakukan interupsi adalah salah satu caranya. Hal tersebut adalah salah satu elemen kunci yang juga ditulis dalam buku “How to Win Friends and Influence People” karya dari Dale Carniege.

Ketika kita sedang belajar menguasai sebuah bahasa asing, untuk mengerti bagaimana pengucapan, aksen dan nada bicara dari native speaker kita biasanya akan dapat berfokus untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh pembicara.

Dari situlah awal mula peningkatan kemampuan kita sebagai pendengar yang baik.

 

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika kita melakukan sebuah hal dan apa yang kita lakukan tersebut berbuah kesuksesan, hal tersebut akan membuat rasa percaya diri kita meningkat.

Salah satunya adalah pengalaman saya ketika masih duduk di bangku kuliah dulu yang kebanyakan belajar secara teori saja mencoba untuk berbicara dengan orang asing di sebuah pantai bernama Pangandaran.

Berbicara dengan orang asing selama 30 detik pada waktu itu bagi saya adalah sebuah achievement atau pencapaian yang luar biasa. Karena apa yang saya lakukan pada waktu itu belum dapat dilakukan oleh saya yang sebelumnya.

 

3. Meningkatkan Kreativitas

Belajar bahasa asing sangatlah mirip dengan menyusun sebuah puzzle baru dimana Anda tahu beberapa potongan puzzle, namun tidak seluruhnya.

Disitulah Anda nantinya, mau tidak mau, akan menjadi seseorang yang kreatif dimana ketika Anda yang masih belajar bahasa asing akan mencoba untuk menginterpretasikan apa yang lawan bicara katakan, kemudian meresponnya dengan bahasa Anda sendiri.

 

4. Membuka Peluang Karir Baru

Selama sepuluh tahun ke belakang, kita sudah mengalami pertumbuhan pesat dari yang namanya era globalisasi.

Dengan hadirnya sebuah teknologi yang dinamakan internet, sebuah bisnis yang asalnya hanya dapat dilakukan secara lokal atau nasional, dapat kemudian dibawah ke dunia internasional.

Disini, mereka yang sudah menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris memiliki keuntungan dimana terbukanya jutaan kesempatan untuk menjadi sukses.

Contohnya saja jika Anda adalah seseorang yang mengerti bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, maka sebuah kesempatan untuk menjadi interpreter ataupun penerjemah bahasa Inggris – Indonesia ataupun sebaliknya terbuka lebar.

 

5. Menambah Wawasan tentang Budaya Lain secara Signifikan

Belajar bahasa asing bukanlah hanya sekedar menguasai bahasa yang digunakan oleh penduduk dari suatu negara di luar negara sendiri saja. Belajar bahasa asing sendiri memiliki makna yang luas, yaitu salah satunya adalah belajar tentang kebudayaan bangsa lain.

 

itulah lima manfaat yang kita dapatkan ketika kita mencoba atau sedang dalam proses belajar bahasa Asing, baik itu bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Inggris, bahasa Mandarin ataupun bahasa-bahasa lainnya yang ada di dunia ini.

 

Tags Ulasan

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel