6 Ciri Bahwa Smartphone Anda di- Hack atau disadap

26 Mar 2016 10:00 5544 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Takut smartphone disadap? kenali ciri-cirinya terebih dahulu.

Memiliki smartphone sekarang ini sudah menjadi hal yang hampir setiap orang alami.

Dengan memiliki sebuah smartphone, maka resiko yang ditanggung pun semakin besar. Seperti salah satunya adalah serangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini adalah sebagai dampak dari terlalu cepatnya perkembangan teknologi tanpa didukung oleh pertumbuhan yang cepat.

Sekarang ini, mereka yang memiliki smartphone selalu dihantui oleh kemungkinan ancaman-ancaman tertentu terhadap penggunanya.

Seperti hackers yang mencoba untuk mencuri informasi pribadi pengguna, atau bahkan pacar yang melanggar privasi karena terlalu posesif atau pencemburu sampai-sampai melakukan penyadapan terhadap smartphone pacarnya.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui kalau smartphone kita itu sedang diretas atau disadap oleh seseorang?

Agak sedikit sulit untuk memastikan hal tersebut. Tapi pada umumnya, ada 6 ciri-ciri dari smartphone yang terkena hack ataupun sedang menjadi korban penculikan.

 

1. Daya Tahan Baterai Tiba-Tiba Drop

6 Ciri Bahw Smartphone Anda di- Hack atau disadap

Selain kemungkinan baterai yang memang sudah rusak, baterai yang mendadak drop biasanya diakibatkan oleh sebuah aplikasi yang berjalan di belakang layar. Khususnya aplikasi penyadapan atau pelacakan yang biasanya memang menghabiskan banyak resources.

 

2. Suhu Smartphone Tiba-Tiba Meningkat

6 Ciri Bahw Smartphone Anda di- Hack atau disadap

Suhu smartphone yang meningkat dapat dikatakan sebagai hal yang umum jika peningkatan suhu tersebut terjadi ketika kita menggunakan smartphone tersebut.

Tapi, kita harus khawatir dan waspada ketika suhu meningkat tanpa kita memegang smartphone. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan smartphone tersebut terserang malware atau memang ada aplikasi tersembunyi lain yang sedang aktif seperti aplikasi pelacakan.

 

3. Smartphone Menyala dan Mati Sendiri

6 Ciri Bahw Smartphone Anda di- Hack atau disadap

Disini kita harus hati-hati, smartphone yang tiba-tiba menyala dan mati sendiri itu bukanlah karena disengaja. Akan tetapi karena ada yang membuat smartphone melakukan hal tersebut.

Meskipun begitu, hal ini perlu diberi perhatian khusus karena siapa tahu apa yang terjadi pada booting secara acak itu adalah karena smartphone kita diretas seseorang.

 

4. Kuota Internet Jebol dengan Drastis

6 Ciri Bahw Smartphone Anda di- Hack atau disadap

Aplikasi pelacak biasanya selalu mengirim update dari smartphone yang dilacaknya setiap saat. Oleh karena itu, aplikasi ini membutuhkan apa yang namanya kuota internet.

Jika suatu saat kuota internet Anda habis dengan tiba-tiba akan tetapi Anda tidak dapat menggunakan

 

5. Terdengar Suara Aneh dari Smartphone

6 Ciri Bahw Smartphone Anda di- Hack atau disadap

Tidak seperti dunia mistis yang bisa tiba-tiba mengeluarkan suara-suara aneh tanpa terlihat yang mengeluarkan suaranya, smartphone yang biasanya terkena malware jahat akan membuat suara-suara noise ketika sedang bercakap-cakap di telepon.

 

6. Pesan-Pesan Aneh Muncul

6 Ciri Bahw Smartphone Anda di- Hack atau disadap

Pernah mendapatkan sebuah pesan teks yang tulisannya aneh?

Hal tersebut biasanya adalah teks SMS yang dikirim oleh pelaku untuk langsung datang kemari,

Isi SMS sendiri biiasanya mengenai tulisan kosong yang tiba-tiba datang. Kode-kode yang biasanya dikirim tersebut adalah kode yang fungsinya untuk memerintahkan malware yang sudah tertanam di smartphone mereka yang terinfeksi.

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel