Jangan Beli iPhone SE!! Inilah Alasannya

22 Mar 2016 11:25 13970 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Empat alasan ini membuat saya batal beli iPhone SE.

Baru saja dirilis setengah hari yang lalu, iPhone Special Edition yang juga disingkat menjadi iPhone SE akhirnya mengakhiri penantian yang cukup lama dari para fans Apple di seluruh dunia khususnya di Indonesia.

Namun, dari sekian lamanya penantian menunggu kehadiran smartphone ini, saya merasa iPhone yang dirilis saat ini tidak begitu menarik perhatian.

Setidaknya ada empat alasan kenapa iPhone SE yang baru dirilis sekarang ini saya anggap sebagai produk yang tidak layak untuk dibeli.

 

1. Desain yang ‘Tidak Spesial’ untuk Sebuah Smartphone Edisi Spesial

Apa yang Anda harapkan jika sebuah produk memiliki tag ‘Spesial’ pada namanya?

Mungkin Anda akan berpikir bahwa produk tersebut akan memilki desain berbeda dengan produk lainnya.

Tidak begitu dengan iPhone SE; iPhone ini bagi saya memiliki desain yang cukup mengecewakan untuk sebuah iPhone yang diberikan embel-embel ‘Special Edition.’ Jika dilihat sekilas, desain dari iPhone SE ini ternyata tidak ada bedanya dengan iPhone 5s.

Yang membedakannya hanyalah varian warna dari iPhone tersebut, yakni penambahan varian warna pink dari warna-warna yang sudah ada.

Jangan Beli iPhone SE!! Inilah Alasannya

 

2. Spesifikasi Gahar yang Tidak Dimanfaatkan Secara Penuh

Seperti apa yang tertulis di situs resmi Apple, iPhone SE yang katanya memiliki spesifikasi setara iPhone 6s dibekali layar bertipe Retina Display yang juga dilindungi oleh Oleophobic coating untuk menghindari bekas sidik jari.

Untuk prosesornya Apple menanamkan prosesor yang juga digunakan pada iPhone 6s untuk keperluan multi-tasking serta bermain game.

Kamera yang digunakan juga sama dengan kamera yang ada pada iPhone 6s, yaitu kamera 12MP andalan Apple yaitu kamera iSight dengan aperture 2.2.

Tidak hanya itu, iPhone SE juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 4K seperti halnya iPhone 6s.

Namun dari semua spesifikasinya yang menyerupai iPhone 6s, ukurannya yang hanya sebesar 4 inch sepertinya tidak akan pas digunakan untuk bermain game. Sehingga saya rasa mubazir spesifikasi tinggi namun hanya dapat digunakan untuk multi-tasking saja.

Dan walaupun dapat dibilang nyaman untuk bermain game, kenyamanan tersebut terbatas hanya pada anak-anak atau wanita yang memiliki jari-jari yang kecil saja.

 

3. Pilihan Kapasitas Penyimpanan yang Terbatas Hingga 64GB Saja

Seperti kita tahu, iPhone 6s memiliki kapasitas penyimpanan maksimal hingga 128GB yang pastinya cukup untuk mereka yang suka menyimpan berbagai macam file di smartphone-nya.

Berbeda dengan iPhone 6s, iPhone SE yang bisa dikatakan sebagai smartphone terbaru dari iPhone ini ternyata hanya memiliki kapasitas penyimpanan maksimal hingga 64GB saja.

Walaupun bagi sebagian orang 64GB adalah ukuran yang cukup untuk menyimpan banyak file, tetap saja iPhone 6s masih selangkah lebih maju di bagian kapasitas penyimpanan, mengingat modelnya yang sudah berumur lebih dari satu tahun.

 

4. Harga yang Kurang Bersahabat karena Belum Muncul di Indonesia

Untuk mendapatkan iPhone SE, Anda tentunya tidak akan dapat membelinya di Indonesia (setidaknya untuk sekarang ini). Oleh karena itu, jalan satu-satunya untuk membeli smartphone ini adalah dengan melakukan order dari luar negeri.

Harga dari iPhone SE untuk kapasitas 16GB adalah 399 USD atau sekitar 5.2 juta rupiah. Sedangkan untuk iPhone SE 64GB harganya dibanderol sebesar 499 USD atau sekitar 6.5 juta rupiah.

Sekilas harga tersebut terlihat sedikit lebih murah dibandingkan iPhone 6s yang dijual di Indonesia dimana harganya mencapai 8.5 juta rupiah untuk model dengan kapasitas penyimpanan 16GB dan 10 juta rupiah untuk model dengan kapasitas penyimpanan 64GB.

Namun, jika kita memperhitungkan pajak bea cukai dari iPhone SE yang sementara ini hanya dapat diorder dari luar negeri, estimasi keseluruhan dari biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah iPhone SE adalah 8.5 juta rupiah untuk tipe 16GB dan 10 juta rupiah untuk tipe 64GB.

 

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel