Lihat Perbedaan Batsuit dari 10 Film Batman!

17 Mar 2016 15:00 40003 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan kostum Batman dalam film dari masa ke masa

Kostum Batman-Salah satu film yang dinantikan di 2016 ini adalah film  Batman v Superman; Dawan of Justice. Film yang dirilis  25 Maret ini menceritakan tentang perseturuan antara Batman melawan Superman. Tentu saja pertarungan ini cukup dinantikan. Apalagi kedua superhero tersebut merupakan superhero yang cukup banyak difavoritkan.

Terutama Batman.

Batman dengan alter ego Bruce Wayne, pada film Batman v Superman; Dawan of Justice diperankan oleh aktor kawakan Ben Affleck.  Dari trailer yang banyak beredar, banyak orang memuji Batman versi Ben Affleck ini. Terutama dari bagian kostumnya yang terlihat lebih hitam, lebih gelap, dan lebih gagah.

Saya juga cukup kagum dengan kostum Batman (atau biasa disebut Batsuit) dari Ben Affleck ini. Kostum ini bisa dikatakan salah satu kostum terbaik dari semua Batman Live Action. Yang terbaik kedua, menurut saya adalah kostum Batman Trilogy besutan sutradara Christopher Nolan.

Jika dirunut kebelakang, ternyata Batsuit ini telah mengalami banyak perkembangan atau perubahan.  Artinya, kostum yang digunakan “manusia kelelewar” ini berbeda di setiap versi filmnya.

 

Untuk mengetahui perbedaan tersebut, berikut saya sajikan evolusi kostum Batman dari semua film live action-nya (tidak termasuk komik yah).

 

1.  Batman 1943

Orang mengenal film Batman mulai tahun 1989  yang disutradari tim Burton. Tapi, jauh sebelumnya Batman pernah punya film berbentuk chapter serial yang muncul tahun 1943.  Tokoh Batman versi ini diperankan oleh Lewis Wilson dengan sutradara Lambert Hillyer.

Film yang didistribusikan oleh Columbia Pictures ini menampilkan Batman dengan kostum yang tampak sederhana. Perhatikan gambar berikut ini.

LIhat Perbedaan Batsuit dari 10 Film Batman yang Pernah Dibuat!sumber gambar The Verge

 

Kostum Batman ini pada masanya mungkin terlihat keren.  Tapi, jika ditelisik sekarang cukup  menggelikan. Terutama untuk tanduknya yang terlihat berbeda ukuran antara yang kanan dan kiri. Dan tentu saja, celana dalam hitamnya  yang terlalu besar.

Oh yah, Batman 1943 cukup sukses sehingga melahirkan sekuel yang berjudul “Batman and Robin” (seringkali juga disebut sebagai The New Adventures of Batman and Robin).  Pada film ini, tokoh Batman diperankan oleh actor Robert Lowery dengan sutradara Spencer Gordon Bennet.

 

 

2.  Batman The Movie (1966)

Batman hadir dalam sebuah film dengan judul Batman The Movie yang dirilis 1966. Film Batman tak lagi dirilis oleh Columbia Pictures tetapi oleh 20th Century Fox.  Film yang mendapat tanggapan baik dari kritikus film ini menampilkan  actor Adam West yang memerankan Batman dan Burt Ward yang berperan sebagai Dick Grayson atau Robin.

LIhat Perbedaan Batsuit dari 10 Film Batman yang Pernah Dibuat!sumber gambar The Verge

 

Pada film yang disutradari oleh Leslie H. Martinson ini, kostum Batman tampak menyerupai komiknya pada masa itu. Terlihat lingkaran kuning membulat dengan logo Batman di tengahnya. Jubah dan topengnya juga tampak lebih baik dibandingkan film sebelumnya.  Kostum Robin  juga terlihat seperti komiknya dengan logo R di dada sebelah kiri yang cukup khas.


Catatan Tambahan

Batman 1943 dan Batman The Movie adalah dua film Batman yang diproduksi di luar Warner Bross. Pada film Batman selanjutnya, studio Warner Bross yang kemudian memegang hak atas “Batman Franchise” yang merupakan adapatasi dari DC Comics.

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel