4 Proyek Kickstarter yang Tidak Sesuai Kenyataan

14 Mar 2016 17:00 3723 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Uang hasil penggalangan dana tidak digunakan sesuai janji.

Situs penggalangan dana adalah tempat dimana seseorang yang ingin menciptakan sesuatu namun kekurangan dana untuk melakukan hal tersebut berkumpul. Pada situs penggalangan dana ini si creator dapat menunjukkan apa yang ingin dibuat dengan membuat sebuah halaman tentang produk yang ingin dibuat atau diciptakan.

Kemudian, mereka yang melihat halaman tersebut kemudian tertarik untuk menanamkan investasi kecil-kecilan tentunya dengan timbal balik yang sepadan bahkan lebih.

Ketika dana yang dikumpulkan mencapai target, si creator akhirnya dapat memulai proyeknya.

Namun, tidak semua creator yang ada di situs-situs penggalangan dana tersebut adalah orang yang memang berniat membuat sesuatu, bahkan ada beberapa yang memanfaatkan sistem penggalangan dana tersebut hanya untuk mencari uang dan menipu para backer atau pendukung yang telah bersedia berinvestasi pada proyeknya.

Di bawah ini adalah 4 proyek palsu yang berhasil meraup banyak uang dari para backer-nya lantas kabur dengan uang hasil penggalangan dana tersebut.

 

1. Amanda Palmer (total penggalangan dana: $1,192,793)

Pada tahun 2012, Amanda Palmer, yaitu seorang musisi yang cukup dikenal di dunia alt-rock dan menjadi bagian dari sebuah band bernama Dresdon Dolls meluncurkan proyek kickstarter miliknya sendiri dengan tujuan untuk mendanai album terbarunya seperti membayar anggota band dan masuk dapur rekaman.

Nilai yang dimintanya sendiri untuk membuat sebuah album adalah 100 ribu USD. Namun secara mengejutkan, penggalangan dana yang dilakukan Amanda tersebut berhasil menggalang dana lebih dari 10 kali lipatnya dimana totalnya mencapai lebih dari 1.1 juta USD.

Pada sebuah blognya, Amanda mengatakan bahwa uang sejumlah 250 ribu USD dari hasil penggalangan dana tersebut ia gunakan untuk membayar hutangnya.

Sedangkan sisanya tidak ada yang tahu karena anggota band dari Amanda sendiri katanya menolak membayar anggota bandnya dengan uang.

 

2. Eye3 Drone Project (total penggalangan dana: $78,481)

Berkat kepopulerannya di barat sana, banyak proyek drone yang bermunculan di situs kickstarter dimana salah satunya adalah proyek drone bernama Eye3.

Penggalangan dana dari proyek ini sebenarnya sangat terlihat sekali ingin menipunya. Namun, tetap saja masih banyak yang tertipu dengan kehadiran proyek palsu ini.

Beberapa hal yang mencurigakan tentang proyek ini sendiri antara lain harga dari drone tersebut yang terbilang sangat murah serta material yang digunakan dalam proyek penggalangan dana tersebut ternyata diketahui adalah material yang diambil dari drone yang sudah diperjualbelikan di pasaran.

Setelah rencananya sudah ketahuan, situs Eye3 kemudian hilang seperti ditelan bumi, dan proyek drone tersebut juga dibatalkan dengan uangnya dibawa kabur.

Tags Teknologi

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel