Tokopedia atau Bukalapak, Mana yang Lebih Bagus?

12 Mar 2016 09:00 8495 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan antara Tokopedia dan Bukalapak secara umum.

Dengan hadirnya internet di tengah-tengah masyarakat, belanja online yang dulunya sempat sepi peminat, sekarang ini menjadi sebuah tren yang terus berkembang dengan kecepatan yang cukup pesat.

Namun, belanja online ternyata selama ini belum dijadikan orang-orang sebagai cara utama dalam berbelanja. Hal ini dikarenakan masih takutnya orang-orang dalam mempercayakan uang atau barangnya kepada lawan transaksi.

Untuk mengatasi hal tersebut, di Indonesia ini banyak wadah yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para penjual online yang sekaligus berfungsi sebagai pihak ketiga yang menyediakan rekening bersama.

 

1. Tokopedia

Tokopedia atau Bukalapak, Mana yang Lebih Bagus?

Dengan tujuan untuk membangun Indonesia lebih baik lewat internet, Tokopedia adalah salah satu perusahaan yang menurut saya memang sangat membantu untuk para penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi.

Keamanan dari Tokopedia juga menurut saya cukup baik. Jika Anda pembeli, uang yang ditransfer akan disimpan dengan aman sampai barang diterima dengan baik ke tangan Anda. Jika seandainya barang tidak diterima dengan keadaan yang tidak sesuai deskripsi, Anda kemudian dapat melakukan komplain yang langsung diurus dengan penjual.

Ketika komplain pembeli sudah selesai dengan damai, makan penjual pun dapat menerima uangnya. Tapi jika transaksi berakhir tidak damai, maka penjual tidak akan dapat menerima uangnya, tentunya dengan menyertakan bukti-bukti yang valid.

Selain itu keuntungan bagi pembeli dalam menggunakan tokopedia adalah fitur cicilan yang memungkinkan para pembeli dapat membeli barang yang diinginkannya dengan kartu kredit dengan suku bunga yang rendah bahkan sampai nol persen.

Jika Anda adalah penjual, ada yang namanya fitur kebijakan dimana barang-barang yang Anda jual bisa Anda buat terms & conditions barangnya sendiri. Contohnya, di dalam fitur kebijakan tersebut Anda mewajibkan Packing Kayu atau juga menuliskan kententuan klaim barang yang rusak.

Selain itu, ada juga fitur Gold Merchant yang memungkinkan penjual mendapatkan spotlight atau sorotan terbaik dari para calon pembeli. Hal ini sangat menguntungkan bagi penjual karena barang dari penjual Gold Merchant akan selalu muncul di halaman dengan kategori yang sama.

Dari segi tampilan, tokopedia sangat mudah di navigasi, sehingga mencari barang-barang yang diinginkan tidak akan sesulit yang dibayangkan. Selain itu tampilan antar muka dengan warna hijau yang dominasi putih cukup enak dilihat mata.

Kekurangan dari Tokopedia sendiri menurut saya adalah ketika pembeli menyusun filter dan kategori dalam pengaturan tertentu, sering ada barang serupa dengan harga tidak sesuai urutan muncul. Hal ini memang adalah cara fitur Gold Merchant bekerja, tapi sepertinya frekuensi kemunculan barang-barang yang tidak berkaitan dengan filter dan kategori yang dipilih diperkecil lagi.

 

Tags Unik

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel