Inilah Bocoran Fitur Android N, Sang Penerus Android M

10 Mar 2016 15:00 3367 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Salah satu fiturnya adalah Split-screen 

Perkembangan super cepat Android saat ini sepertinya sudah tidak dapat diragukan lagi. Belum lama ini, mereka baru saja mengeluarkan Android Marshmallow atau yang juga dikenal dengan nama Android M di sebagian perangkat smartphone yang jarak perilisannya tidak begitu jauh dengan Android Lollipop atau Android L.

Dan kemarin, atau tepatnya pada tanggal 9 Maret 2016 pukul 10 pagi waktu setempat, situs resmi pengembang Android baru saja mengumumkan preview dari sistem operasi Android terbarunya yakni penerus dari Android M bernama Android N.

Preview dari Android N ini isinya adalah pengenalan dari 5 API (Application Program Interface) terbaru yang nantinya akan muncul di sistem operasi terbaru tersebut. Kelima API tersebut Antara lain:

 

1. Multi-Window

Fitur terbaru Android ini akan diimplementasikan pada sistem operasi Android N dan generasi-generasi seterusnya. Dengan fitur ini, para pengguna Android nantinya akan dapat menjalankan aktivitasnya di Android menggunakan layar yang terbagi dua.

Contohnya saja ketika Anda membuka Facebook pada smartphone milik Anda yang menghabiskan satu layar penuh. Nantinya, pada Android N ini, membuka Facebook akan dapat diikuti dengan membuka aplikasi lain dalam satu layar seperti membuka Twitter.

Yaitu ketika Anda membuka kedua aplikasi tersebut, layar kemudian akan terbagi dua dan aplikasi, yang dalam konteks ini adalah Facebook dan Twitter, akan termuat di dalam satu layar secara bersamaan.

 

2. Direct Reply Notifications

Bukanlah sebuah fitur yang baru karena sebelumnya fitur ini pernah disematkan pada perangkat Android Wear atau yang biasanya kita kenal dengan smartwatch.

Dengan menggunakan fitur ini, nantinya Anda akan dapat membalas semua pesan yang masuk melalui notifikasi yang muncul di layar tanpa harus masuk ke aplikasinya langsung.

 

3. Bundled Notifications

Dengan Android N, Anda nantinya akan dapat menggunakan fitur untuk menggabungkan notifikasi dari aplikasi yang sama ke dalam sebuah grup. Contohnya adalah pesan-pesan SMS dari banyak orang yang asalnya terpisah-pisah, nanti dapat digabungkan menjadi satu notifikasi saja.

Notifikasi yang sudah tergabung ke dalam satu grup pun nantinya akan dapat dilihat lagi secara spesifik dengan menggunakan gesture dua jari.

 

4. Peningkatan Efisiensi

Pada Android M, ada sebuah fitur bernama Doze yang fungsinya membuat smartphone tertidur ketika tidak bergerak dalam waktu tertentu.

Pada Android N, fitur Doze ini memiliki fungsi yang lebih baik lagi. Selain smartphone akan tertidur ketika tidak bergerak dalam waktu tertentu, doze dalam Android N juga mampu untuk menghemat baterai ketika layar mati yaitu dengan cara menidurkan aplikasi-aplikasi yang masih berjalan di background.

Pada fitur terbaru Android N yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir tentang notifikasi yang tidak sampai karena aplikasinya tertidur. Hal ini dikarenakan pada fitur doze untuk Android N ini, Anda akan dapat menentukan skala prioritas dari masing-masing aplikasi yang terpasang.

 

5. Peningkatan Dukungan Bahasa pada Java 8

Dengan hadirnya Java 8 pada Android, nantinya Anda akan dapat menggunakan banyak fitur bahasa yang ada pada Java 8 (bukan bahasa pada umumnya), termasuk didalamnya Lambda dan masih banyak lagi. Fitur baru yang ada pada Java 8 ini juga membantu mengurangi boilerplate code.  [FM]

 

 

 

 

sumber: Android Developers Blog

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel