7 Tips Mudah dan Aman Sebelum Menggunakan Laptop

10 Mar 2016 13:00 7903 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sayangi laptop, sang partner elektronik Anda.

Memiliki sebuah laptop apalagi laptop yang harganya cukup mahal mungkin membuat Anda agak khawatir tentang bagaimana perawatannya sehari-hari agar laptop tersebut tetap awet hingga lima tahun ke depan atau sampai saatnya Anda membeli laptop baru.

Dengan alasan itu, kali ini saya akan coba untuk berbagi tips mudah dan sederhana tentang bagaimana merawat dan menggunakan laptop sehari-hari sehingga jauh dari kata “rusak” ataupun  “kotor,” khususnya bagi Anda yang sering menggunakan laptop.

 

1. Hindari Makan dan Minum di Dekat Laptop

7 Tips Mudah dan Aman Sebelum Menggunakan Laptop

Sebelum menggunakan laptop atau perangkat elektronik lainnya, ada baiknya Anda tidak menyimpan minuman atau meminum minuman di dekat laptop, karena yang namanya kecelakaan bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun.

Dan jika Anda masih bersikeras untuk menyimpan minuman di dekat laptop, ada baiknya Anda menggunakan gelas atau wadah yang memang memiliki tutup rapat agar ketika wadah tersebut tersenggol, minuman Anda tidak akan tumpah.

Tidak hanya minuman, makanan seperti cemilan yang ketika dimakan menyisakan remeh-remeh di laptop juga sangat tidak direkomendasikan karena selain akan membuat laptop kotor, khususnya di bagian sela-sela keyboard, remeh dari makanan juga dapat menyebabkan kerusakan pada sirkuit di laptop.

 

2. Jangan Menggunakan Laptop di Ruangan yang Terdapat Hewan Peliharaan

7 Tips Mudah dan Aman Sebelum Menggunakan Laptop

Memiliki hewan peliharaan mungkin dapat membuat hari-hari kita yang sepi menjadi lebih berwarna. Namun, ketika Anda menggunakan laptop, sebaiknya jauhkan hewan peliharaan, khususnya hewan peliharaan berbulu dari tempat Anda menggunakan laptop.

Alasannya, laptop memiliki sistem sirkulasi udara dimana udara dari luar ditarik masuk untuk mendinginkan komponen-komponen yang ada di dalam seperti CPU dan VGA.

Jika ada hewan peliharaan yang bulu-bulunya rontok kemudian tersedot oleh kipas pendingin, maka laptop Anda akan beresiko mengalami kerusakan pada bagian dalamnya.

Tidak hanya hewan berbulu, hewan yang tidak berbulu pun cukup mengancam keselamatan laptop Anda. Yaitu kemungkinan tersenggolnya laptop Anda oleh hewan peliharaan Anda atau mungkin tertekannya tombol tertentu yang membuat laptop menjadi error.

Berlebih-lebihan? Saya rasa tidak jika berkaitan dengan keamanan dalam menggunakan laptop.

 

3. Gunakan dan Simpan Laptop di Ruangan yang Bersih dan Bebas dari Debu

7 Tips Mudah dan Aman Sebelum Menggunakan Laptop

Tidak bisa dipungkiri bahwa ruangan yang bersih dan bebas debu itu memiliki manfaat yang besar. Selain dapat memanjakan mata kita, ruangan yang bersih dan bebas debu juga biasanya bebas dari sumber-sumber penyakit dan serangga-serangga pengganggu.

Ruangan tersebut juga sangat pas digunakan sebagai ruangan untuk menggunakan laptop karena laptop akan dapat menggunakan fungsi pendinginnya tanpa harus khawatir menghisap debu ke bagian dalam laptop.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel