5 Langkah Aman Dalam Menggunakan Smartphone

7 Mar 2016 17:40 2177 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hilangkan rasa khawatir menggunakan smartphone.

Memiliki smartphone bagi sebagian orang bukanlah hal yang membuat mereka bahagia saja. Dengan memiliki smartphone sebagian orang juga merasa khawatir. Mulai dari kekhawatiran soal informasi pribadi yang tersimpan di dalam smartphone, keamanan dari pencurian, keamanan dari malware dan masih banyak lagi.

Namun jangan takut, karena dengan melakukan 5 langkah di bawah ini, Smartphone Anda akan aman digunakan tanpa harus mengundang rasa khawatir lagi.

 

1. Jangan biarkan Smartphone Anda Dicuri

Dengan mencuri smartphone Anda, pencuri akan dapat mendapatkan berbagai keuntungan yang salah satunya adalah informasi pribadi Anda seperti tempat Anda bekerja, akun media sosial Anda, bahkan hingga nomor rekening dan pin dari bank Anda.

Untuk menghindari pencurian smartphone khususnya ketika Anda sedang bepergian, janganlah sekali-kali Anda mengeluarkan smartphone Anda di tempat publik. Gunakan headphone bluetooth jika Anda ingin menjawab telepon dari seseorang.

Lalu simpanlah smartphone Anda pada tempat yang kira-kira tidak dapat dijangkau oleh pencuri seperti di dalam backpack atau kantong Anda. Dan yang terakhir adalah dengan meningkatkan kewaspadaan khususnya di tempat-tempat publik yang penuh dengan orang-orang.

 

2. Kunci Smartphone Anda

Pertahanan dasar dari sebuah smartphone adalah sebuah penguncian layar yang secara umum memang dapat digunakan di berbagai smartphone yang ada di luar sana.

Pada Android, Anda dapat menggunakan berbagai jenis teknik penguncian seperti mengunci menggunakan Password, PIN ataupun usapan layar. Selain itu beberapa smartphone saat ini juga sudah mulai menggunakan fitur fingerprint scanner yang menurut saya akan sangat berguna demi melindungi smartphone Anda jika suatu saat dicuri orang lain.

 

3. Aplikasi Tracking Wajib Terpasang

Salah satu kesalahan fatal dari pengguna smartphone kebanyakan adalah tidak memasang aplikasi tracking pada smartphone miliknya. Padahal menurut saya pribadi, aplikasi tersebut sangat penting sebagai antisipasi jika suatu saat smartphone dicuri atau hilang di suatu tempat.

Dengan aplikasi tracking, Anda akan dapat dengan mudah mengetahui lokasi terakhir atau terbaru dari smartphone Anda baik itu yang telah hilang atau dicuri, selama smartphone milik Anda masih menyala tentunya.

 

4. Tidak Menggunakan Antivirus

Banyak orang mengatakan bahwa Android itu tidak perlu menggunakan Antivirus karena selain boros baterai, Antivirus pada Android itu tidak begitu berguna.

Namun menurut saya anggapan tersebut adalah anggapan yang salah. Karena kita tidak tahu ada berapa juta aplikasi di luar sana, dan berapa diantara aplikasi-aplikasi tersebut yang memang terinfeksi program atau file berbahaya.

 

5. Jangan Menggunakan Wi-Fi Gratisan Dimana Saja

Wi-FI berlabel “GRATISAN” mungkin sangat menggoda, khususnya bagi mereka yang kuota internetnya sisa sedikit lagi atau bahkan sudah habis.

Namun perlu diketahui, internet “gratisan” tidak selalu merupakan internet yang aman digunakan. Jaringan Wi-Fi yang tidak dilindungi dapat menjadi sebuah lubang perangkap bagi para pengguna Wi-Fi karena dengan menggunakan Wi-Fi yang tidak dilindungi, seseorang dapat dengan mudah mengintip apa yang sedang Anda lakukan secara online.

Bahkan yang lebih parah lagi, jaringan Wi-Fi yang tidak aman dapat dengan mudah digunakan untuk mencuri informasi milik para pengguna yang terhubung ke Wi-Fi Gratisan tersebut.

 

 

 

gambar: Raveby

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel