Vivo Xplay 5, Smartphone dengan RAM 6GB

3 Mar 2016 08:00 3154 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kalau dilihat-lihat mirip Samsung Galaxy S7 Edge ya?

Sepertinya, smartphone yang akan menjadi flagship di tahun 2016 ini rata-rata akan menggunakan RAM 4GB, Prosesor Snapdragon 820 dan setaranya serta teknologi lain seperti Fingerprint Scanner dan Quick Charge.

Lalu bagaimana jika muncul sebuah smartphone yang walaupun spesifikasinya sama dengan yang telah ditulis di atas tapi RAM-nya menggunakan RAM sebesar 6GB?

Mungkin bisa dibilang smartphone tersebut adalah smartphone Flagship of the Flagships, betul tidak?

Nama smartphone dengan RAM 6GB tersebut adalah Vivo Xplay 5, yaitu sebuah smartphone made in China yang baru-baru ini namanya mulai merangkak naik di industri smartphone.

Berikut adalah spesifikasi Smartphone yang dikatakan sebagai smartphone Ultimate Edition yang saya dapatkan langsung dari situs resmi Vivo:

• Prosesor Qualcomm Snapdragon 820

• RAM 6GB

• Memori Internal 128GB

• Layar 5,43 inch dengan resolusi QHD dan layar dual-edge dengan tipe layar Super AMOLED

• Baterai 3,600 mAh dengan teknologi Quick charge.

• Kamera 16MP di belakang dan 8MP di depan

Selain spesifikasi utama yang telah dituliskan di atas, smartphone Vivo Xplay 5 ini memiliki body yang terbuat dari metal, teknologi Fingerprint Scanner, Pengeras suara dual-audio Hi-Fi 3.0 serta USB yang sudah menggunakan USB Type-C.

Jika dilihat lebih dekat lagi, desain yang digunakan oleh smartphone Vivo Xplay 5 ini sangatlah mirip dengan Samsung Galaxy S7. Bahkan lekungan layar pada smartphone  ini juga mirip dengan Samsung Galaxy S7 Edge. 

Tapi apakah kemampuannya dapat menyaingi atau bahkan melebihi Samsung Galaxy S7?

Sepertinya sih tidak. Hal ini bisa dilihat dari fitur yang dimiliki Galaxy S7 dimana lekukannya bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur tertentu. Sedangkan pada Vivo Xplay 5, lekukannya hanyalah sebatas variasi saja.

Intinya, smartphone Vivo ini adalah sebuah smartphone yang memang mirip secara fisik dengan Samsung galaxy S7 dan memiliki beberapa keunggulan smartphone flagship Samsung seperti layar yang sudah menggunakan Super AMOLED, serta teknologi Fingerprint Scanner yang dapat membuka kunci layar hanya dalam waktu 0.4 detik saja.

Harga dari smartphone ini dikabarkan mencapai 4,288 Yuan. Atau jika dirupiahkan menjadi sekitar 8.7 jutaan.

Jika bagi Anda itu terlalu mahal, Vivo juga mengeluarkan model lainnya yang pihaknya sebut sebagai Flagship Edition dengan spesifikasi smartphone layaknya flagship di tahun 2016, yaitu RAM 4GB dengan prosesornya Snapdragon 652 SoC dengan harga 3,698 Yuan atau sekitar 7.5 jutaan.

Dengan harga yang mungkin hampir mendekati Samsung Galaxy S7 ini, apakah smartphone Vivo Xplay 5 ini dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan Samsung Galaxy S7 Edge? Karena kita tahu bahwa dari lekukannya saja Vivo Xplay 5 ini sudah kalah. Belum lagi masalah "brand".

Jika VIvo Xplay 5 dijual dengan harga kisaran tersebut, yakin produk ini tidak akan menarik minat orang. Orang-orang akan lebih percaya produk mahal dari brand ternama. Sementaa Vivo masih baru dikenal di Indonesia dan namanya tidak begitu wah seperti ketika orang mendengar Xiaomi atau Oppo. 

Lantas, apa ini berarti Samsung Galaxy S7 Edge akan lebih baik? Secara penjualan, Samsung pasti akan unggul meski produknya akan dibanderol lebih mahal. Tapi secara perbandingan spesifikasi? Entahlah,

Mungkin perbandingan keduanya baik untuk kategori kamera, suara, dan performance benchmarking dapat kita lihat ketika Samsung Galaxy S7 Edge dan Vivo Xplay 5 ini telah beredar di pasaran secara resmi. [FM]

 

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel