WOW, Bahkan Industri Anime Saja ada Sekolahnya

24 Feb 2016 19:00 3456 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Sekolah khusus bidang Anime di Tokyo.

Kembali lagi ke Jepang, sebuah negara di wilayah Asia Timur dengan beribu keunikan dan keanehan yang bagi saya, selalu saja mengejutkan.

Seperti yang sudah kebanyakan dari kita sudah tahu, Jepang adalah sebuah negara yang terkenal dengan kebudayaan yang sebagian orang anggap sebagai hal yang kekanak-kanakan seperti Anime, Video Games, dan juga Cosplay.

Meskipun demikian, tidak ada yang dapat menyangkal bahwa ketiga hal tersebut adalah bagian dari Jepang yang paling menghasilkan bagi negara yang dikenal sebagai negeri Matahari terbit tersebut.

Jika dicermati secara seksama, pertumbuhan pesat dari Anime, Video Games, dan Cosplay di Jepang yang berpusat di Akihabara semakin kesini semakin berubah. Dari yang asalnya menjadi sebuah hobi, sekarang berubah menjadi gaya hidup bahkan pekerjaan yang menghasilkan uang.

Tidak berhenti disitu, dampak pertumbuhannya juga menyebar hingga terbentuklah sebuah sekolah bernama Tokyo School of Anime hadir di Jepang. 

Sekolah yang terletak di Nishi-Kasai, Edogawa ini adalah sebuah sekolah yang dibuat khusus bagi mereka yang ingin menjadi tenaga profesional di industri Anime.

Di sekolah ini mereka (baik warga Jepang ataupun bukan warga Jepang) akan dapat memilih banyak pilihan studi/jurusan yang ingin dikuasai.

Jurusan pada sekolah ini terbagi ke dalam lima departemen yaitu Vocalist World, Anime Production World, Anime Creator World, Anime Design World, dan Anime Business World.

 

1. Vocalist World

“Make voice your tools for your profession.”

Dengan slogan tersebut, di departemen Vocalist World para peserta didik akan belajar untuk menguasai berbagai keahlian di dunia pengisi suara, mulai dari level dasar hingga level profesional.

Tidak hanya itu, para peserta didik juga akan diberikan tentang mannerism serta ethicism dalam bekerja sebagai pengisi suara dari para profesional di dunia tersebut.

Para peserta didik yang tergabung dengan departemen ini akan mendapat setidaknya tiga keuntungan yaitu:

• meningkatnya kemampuan dubbing atau mengisi suara secara komprehensif

• ilmu yang didapatkan tidak hanya untuk menjadi pengisi suara Anime saja melainkan film-film asing

• banyaknya kesempatan untuk mengikuti audisi untuk menjadi pengisi suara di berbagai kategori, seperti Anime, acara televisi, dan Video Games.

 

2. Anime Production World

“Create your original Anime!”

Di departemen ini, para peserta didik akan belajar dan menguasai berbagai hal dari proses pembuatan sebuah Anime secara general atau umum. Tantangan besar bagi mereka yang memilih jurusan ini karena membuat anime itu tidaklah mudah.

Namun dengan bantuan para profesional berpengalaman yang memang sudah menelan pahit manisnya dunia produksi ini, para peserta didik dijamin akan dapat menguasai ilmu-ilmu dalam proses pembuatan sebuah Anime.

 

3. Anime Creator World

Berbeda dengan departemen Anime Production World, bagi mereka yang memilih jurusan ini, mereka akan belajar secara spesifik bagaimana cara membuat anime dari mulai menggunakan commands dasar pada sebuah PC hingga pengoperasian perangkat lunak yang memiliki tingkat kerumitan sangat tinggi.

Para peserta didik di departmen ini akan selalu berhadapan dengan yang namanya teknologi setiap harinya. Oleh karena itu, mereka yang ingin mendaftarkan diri ke departemen ini haruslah mereka yang suka dengan teknologi.

 

4. Anime Design World

Seperti namanya, Anime Design World adalah sebuah departemen yang paling pas bagi para peserta didik yang memiliki bakat menggambar; atau jika tidak memiliki bakat menggambar, setidaknya memiliki hasrat dan tekad kuat untuk menggambar.

Pada departemen ini menggambar sangatlah penting.

Hal ini dikarenakan pendidikan yang akan didapatkan para peserta didik setiap harinya adalah pendidikan atau ilmu seputar mendesain. Mulai dari mendesain karakter Anime, mendesain figure Anime, hingga mendesain pakaian cosplay.

Para peserta didik di departemen ini setiap harinya akan dibebaskan untuk berkreasi sesuai keinginannya dengan dukungan empat studio yang memiliki perlengkapan yang cukup lengkap dan bervariasi.

 

5. Anime Business World

Tidak bisa menggambar? Tidak begitu suka teknologi? Tapi suka anime?

Disinilah tempatnya!

Departemen Anime Business World adalah tempat para peserta didik yang suka anime namun tidak begitu dekat dengan hal-hal yang sudah disebutkan di atas tetap berkarir di industri ini.

Dengan bergabung di departemen ini, para peserta didik akan mendapatkan ilmu yang secara umum dapat membentuk pribadi serta wawasan para peserta didik sehingga berpikir dan bertindak seperti bisnisman yang mampu menjual sebuah anime dan mendongkrak popularitasnya.

 

Bagi mereka yang ingin bersekolah disini, tentunya ada beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi terlebih dahulu antara lain:

1. Lulus JLPT (japanese-Language Proficiency Test)

2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun bagi pelajar asing.

3. Mendapat nilai serendah-rendahnya 200 pada tes masuk di sekolah tersebut

4. Telah belajar bahasa Jepang selama 6 bulan atau lebih dengan diketahui oleh asosiasi terkait

5. Serta pernah mendapatkan pendidikan di salah satu sekolah di Jepang yang diakui statusnya

Untuk biaya masuknya sendiri, saya tidak tahu. Tapi menurut informasi dari mereka yang sudah pernah mencoba untuk mendaftar ke sekolah tersebut. Biaya masuknya mencapai jutaan yen atau jika dikonversikan ke mata uang Indonesia menjadi ratusan juta rupiah.

 

 

 

Tags Jepang Unik

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel