Pakai Masker Mengurangi Daya Tarik Lho! Ini Buktinya

24 Feb 2016 10:50 4761 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Fakta ini adalah hasil penelitian dari dua orang profesor asal Jepang.

Jepang saat ini sedang berada disebuah musim dimana masker menjadi kebutuhan yang hampir setiap hari digunakan oleh mayoritas warga Jepang.

Hal ini dikarenakan kondisi di Jepang saat ini sedang rawan-rawannya penyakit flu seperti halnya di Indonesia.

Bahkan kalau Anda melihat saluran berita Internasional Jepang, Anda akan banyak melihat warga Jepang yang lalu-lalang menggunakan masker.

Meskipun salah satu fungsi utama masker di Jepang adalah untuk menghindari penyakit flu, ternyata menggunakan masker juga menjadi sebuah tren di kalangan para remaja khusunya para remaja wanita.

Umumnya, para remaja wanita yang menggunakan masker adalah mereka yang malas menggunakan makeup. Tapi tidak hanya itu, menurut sebagian besar remaja pria dan wanita, menggunakan masker juga membuat wajah tetap hangat.

Terlepas dari testimoni para remaja atau siapapun yang menggunakan masker, para peneliti dari Universitas Hokkaido dan Universitas Chukyo asal Nagoya menyatakan bahwa menggunakan masker dapat mengurangi daya tarik penggunanya.

Menurut para peneliti, menggunakan masker itu mengurangi daya tarik dari penggunanya karena ketika menggunakan masker, si pemakai memiliki keterbatasan dalam mengeluarkan ekspresi wajah.

Selain itu, dengan memakai masker, kulit dan bibir seseorang akan tertutupi dimana kulit wajah dan bibir adalah daya tarik umum dari seseorang khususnya wanita.

Kemudian, dengan memakai masker, dapat memperlihatkan aura tersendiri dari pemakainya, yaitu aura bahwa pengguna masker tersebut sedang tidak sehat.

Hal tersebut dibuktikan oleh dua orang profesor dari masing-masing universitas yaitu Junichiro Kawahara dan Yuki Miyazaki lewat sebuah hasil dari penelitian melalui sampel-sampel yang dikumpulkan keduanya.

Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan 66 pria dan 66 wanita yang berusia antara 20 hingga 39 tahun yang dilanjutkan dengan pemotretan satu individu dua sesi. Pemotretan dilakukan dua sesi dimana satu foto menggunakan masker putih, dan satu foto lagi tidak.

Kemudian, hasil dari pemotretan tersebut yang berupa 122 foto pria dan 122 foto wanita kemudian diberikan ke lawan jenisnya untuk kemudian dinilai menggunakan skala penilaian 1 hingga 100

Ketika hasil penilaian dikumpulkan, Kawahara dan Miyazaki menemukan bahwa nilai foto dari orang-orang yang menggunakan masker lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan masker.

Skor rata-rata dari wanita yang menggunakan masker adalah 49.1, sedangkan yang menggunakan masker adalah 44.7.

Sedangkan penilaian rata-rata untuk kaum pria adalah 41.7 untuk yang tidak menggunakan masker, dan 39 untuk yang menggunakan masker.

Dari situlah kesimpulan yang didapatkan Kawahaya dan Miyazaki tentang kenapa menggunakan masker membuat daya tarik seseorang menjadi berkurang.

Itu baru menggunakan masker putih yang biasa digunakan di rumah sakit kan? Bagaimana dengan masker lain seperti masker berwarna pink atau warna lainnya dengan gambar tokoh kartun seperti Hello Kitty atau Doraemon?

Mungkin kita tunggu saja kelanjutan penelitian kedua profesor yang punya banyak waktu ini.

 

 

 

 

sumber: Yahoo News Japan

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel