5 Keunggulan Featured Phone Dibandingkan Smartphone

10 Feb 2016 18:33 3281 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Hal-hal yang membuat ponsel biasa unggul

Di era sekarang, smartphone sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki. Bahkan, smartphone menjadi “candu” melebihi dari perangkat apapun. Fungsinya yang beragam dan kemampuannya dalam menunjang gaya hidup menjadi nilai lebih.

Saya juga mengakui hal itu. Tapi….

Saya harus jujur kalau smartphone masih ada kekurangannya. Setidaknya, jika dibandingkan featured phone atau ponsel biasa. Mengapa saya berkata hal ini? Karena ponsel biasa masih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan smartphone. Dan, 5 keunggulan tersebut adalah sebagai berikut.

 


1. Lebih Hemat Baterai

Teman saya membeli featured phone Samsung yang memiliki fitur memutar musik. Ponsel ini meski dibekali dengan batefai yang lebih kecil, daya tahannya lebih lama untuk memutar musik bahkan dipakai menelepon. Seharian lebih teman saya menggunakan ponsel tipe ini.


 Coba bandingkan dengan memutar musik di smartphone.  Paling banter cuman 8 jam. Itupun jika smartphone tersebut tidak digunakan untuk browsing atau memutar video. Itulah kenapa ponsel biasa lebih baik.

 

2.  Menelepon Lebih Lama

Smartphone saat ini kehilangan identitas aslinya. Maksud saya, ponsel tu dibuat uintuk komunikasi. Tapi karena konsepnya ‘sudah terlalu pintar”, ponsel bisa melakukan apapun. Bahkan, ponsel pintar yang dibuat saat ini lebih banyak optimal untuk fungsi lain.

Contohnya, banyak ponsel yang sudah dilengkapi dengan chipset kelas atas yang ditujukan untuk bermain games. Atau, ada juga ponsel yang dioptimalkan untuk keperluan fotografi. Ponsel tipe ini biasanya memiliki resolusi kamera yang tinggi.

Beda dengan ponsel biasa yang fungsinya memang hanya untuk menelepon dan SMS. Tapi justru karena fungsi aslinya ini, ponsel biasa bisa menelepon lebih lama (waktu bicara yang lebih lama meski baterai lebih kecil).

 


3. Lebih Kuat

Ada banyak ponsel mewah beredar di pasaran. Saking mewahnya ponsel tersebut, pengguna harus rajin merawat atau minimal “apik” dalam  menggunakannya. Siapa yang mau coba iPhone terbaru jatuh ke lantai atau Samsung Galaxy S6 punya ibumu tiba-tiba jatuh dari lantai 2.

5 Keunggulan Featured Phone dari Smartphone

Beda dengan ponsel biasa. Ponsel biasa umumnya lebih kuat meski tejratuh atau bahkan kadang terkena air, smartphone tipe ini masih bisa menyala. Yang paling tangguh tentu saja Nokia 3310. Malah, ada lelucon gambar (meme) yang bilang kalau Nokia 3310  kalau jatuh yang pecah justru lantainya.

 


4. Mengetik Lebih Baik

Smartphone hadir dengan pilihan tools keyboard untuk mengetik. Umumnya sih hadir dengan format tampilan keypad berupa keyboard QWERTY sentuh meski ada juga yang fisik. Kelebihan dari keyboard ini adalah tidak perlu repot mengetuk satu tombol beberapa kali. Pengguna yang terbiasa dengan keyboard komputer juga tak perlu kerepotan.

Sayangnya, keyboard QWERTY smartphone biasanya hadir dengan fitur autocrrect. Fitur ini membnatu pengguna memprediksi kata yang akan diketik. Alih-alih membantu, fitur ini malah kurang disukai oleh sebagian pengguna karena jadi typo  atau salah ketik.

Beda dengan sistem keypad pada ponsel biasa. Keypad ponsel biasa lebih sederhana dan lebih nyaman mengetik tanpa takut typo. Bisa dibilang lebih baik meski harus menekan tombol beberapa kali.

 


5. Tidak Takut Hilang

Pengguna ponsel biasa tidak akan merasa takut kehilangan jika ponselnya tersimpan dimana saja. Ini karena ponsel biasa  harganya lebih terjangkau. Dengan hanya Rp 100 ribuan saja, pengguna bisa punya featured phone yang menarik.  Yang ditakutkan justru biasanya bukan hilangnya ponsel, tetapi nomor yang biasanya sudah beredar ke banyak orang.

Bandingkan dengan para pengguna smartphone.  Para pengguna tersebut tak mau kehilangan smartphone kesayangan mereka. Apalagi jika harga sudah diatas RP 5 juta. Tentu mereka akan rugi materi.

Bukan cuman materi, pengguna yang kehilangan smartphone akan rugi karena privasi mereka bisa dilihat oleh orang yang menemukan smartphone tersebut.  Maklum, saat ini banyak orang yang menyimpan hal-hal pribadi di smartphone mereka. Termasuk, menyimpan akun tabungan atau ,kartu kredit. Jika sampai ketahuan, tentu akan bahaya besar.


Nah, 5 hal  yang saya paparkan tersebut merupakan yang utama dari keunggulan ponsel biasa.  Saya yakin banyak pembaca yang sependepat dengan saya bahwa ternyata gadget yang disebut featured phone masih ada keunggulannya dibandingkan smartphone.

Tapi, jika pembaca kurang setuju dengan pendapat saya, silakan utarakan!. Yuk tulis di komentar!

 

Tags Unik

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel