5 Tahap Adaptasi Ketika Menetap di Jepang

4 Feb 2016 17:00 9152 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tahapannya diklasifikasikan berdasarkan lamanya seseorang menetap.

Banyak alasan bagi seseorang untuk tinggal di negara lain ketimbang tinggal di negara sendiri. Selain karena faktor ekonomi di luar lebih menjanjikan, mencari pendamping hidup bule pun menjadi salah satu faktor umum bagi seseorang untuk tinggal di luar negeri.

Namun, tinggal di luar negeri itu tidaklah semudah yang dipikirkan. Karena selain kita harus menyiapkan biaya yang mungkin jauh lebih tinggi dibandingkan biaya hidup di negara sendiri, proses adaptasi dan perubahan gaya atau pola hidup pun harus dilakukan.

Jelas harus dilakukan karena setiap negara memiliki aturan dan budayanya sendiri.

Bagi mereka yang ingin yang tinggal di Jepang hingga akhir hayatnya, ada beberapa proses adaptasi yang harus dilakukan sebelum dapat merasa nyaman tinggal disana yang akan diklasifikasikan ke dalam beberapa grup berdasarkan seberapa lama waktu seseorang telah menetap di Jepang.

 

1. Awal Mula Menetap di Jepang hingga 3 Tahun Lamanya

Bagi Anda yang baru sampai di Jepang, dan sudah membulatkan tekad untuk tinggal di negari matahari terbit ini, Anda tentunya harus menyiapkan berbagai kebutuhan dasar untuk tinggal di negara tersebut seperti Visa untuk bekerja, Pekerjaan dengan penghasilan yang dapat menutupi pengeluaran setiap bulan, tempat tinggal, serta asuransi kesehatan.

Di 3 tahun pertama ini, pertama-tama Anda biasanya harus berusaha sekuat tenaga belajar bahasa Jepang lebih dalam lagi serta beradaptasi dengan budaya yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda.

Bukanlah hal yang aneh, di 3 tahun pertama ini Anda akan merasakan semuanya serba baru dan serba menegangkan. Apalagi orang Jepang biasanya menganggap orang asing itu sebagai orang yang spesial, jadi jangan heran jika banyak pandangan tertuju pada Anda.

 

2. Periode 3 hingga 5 Tahun

Setelah 3 tahun lamanya menetap dan bekerja di Jepang, Anda yang mungkin sudah memperpanjang kontrak kerja Anda atau mencari pekerjaan lain jangan sampai lupa untuk memperpanjang visa bekerja disana.

Di kurun waktu 3 hingga 5 tahun menetap ini, orang asing yang tinggal di Jepang biasanya mulai menemukan pendamping hidup yang merupakan warga Jepang (bagi yang masih single) dan mulai terlarut dengan budaya yang dimiliki Jepang seperti olahraga khas Jepang ataupun budaya Anime.

Di waktu ini juga, Anda yang sudah cukup lama tinggal di Jepang akan mulai mempertanyakan beberapa aspek dalam budaya Jepang.

Tags Jepang Unik

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel