Cara Membuat Smartphone jadi Remot Komputer

4 Feb 2016 14:00 7449 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengendalikan PC dari smartphone bukanlah hal yang sulit.

Bagi kalian yang punya smartphone, aktivitas apa yang kalian lakukan dengan gadget tersebut setiap harinya?

Mungkin banyak yang menjawab, hanya untuk bermain game, foto selfie, BBM-an dengan mantan, serta menelepon dan sms saja.

Tapi jangan salah, gadget sejuta umat yang kita kenal dengan smartphone ini punya banyak fungsi lainnya seperti untuk melempar suami yang pulang terlalu malam karena keluyuran tidak jelas, atau untuk dipakai sebagai pengganti setrika ketika suhunya meningkat drastis.

Tapi yang akan dibahas disini bukanlah fungsi smartphone seperti yang sudah disebutkan di atas melainkan fungsi gadget sejuta umat tersebut sebagai enhancement atau peningkatan dari suatu teknologi yang sudah ada.

Teknologi yang dimaksud disini adalah PC yang berfungsi sebagai Home Theatre.

Mengontrol PC mungkin dapat kita lakukan dengan stick wireless untuk bermain game, keyboard wireless yang memiliki tombol multimedia, serta mouse yang memiliki fungsi Macro.

Namun selain ketiga perangkat di atas, benda terdekat milik kita yaitu smartphone ternyata juga memiliki fungsi untuk mengontrol perangkat PC dari jarak jauh. Hal ini tentunya tidak dapat langsung dilakukan sebelum kalian memasang sebuah aplikasi bernama Unified Remote.

Aplikasi Unified Remote bekerja dengan cara menghubungkan smartphone yang kita punya dengan server dari aplikasi yang sudah kita pasang dimana letak servernya sendiri berada di PC yang kita ingin kontrol dengan smartphone.

Ketika hubungan antara kedua gadget terjalin, maka PC yang sudah terhubung dengan smartphone tersebut sudah siap difungsikan sebagai mouse, keyboard dan remot kontrol.

Unified Remote adalah aplikasi yang dapat kita download secara gratis di situs resminya. Namun, jika kalian merasa kurang dengan fitur yang ditawarkan aplikasi gratis ini, maka membeli versi berbayarnya adalah jalan untuk menghilangkan perasaan kurang tersebut.

Alasannya, versi berbayar menawarkan fungsi lebih spesifik dari sebuah pengontrol atau pengendali jarak jauh.

Sebagai catatan lainnya, aplikasi Unified Remote ini dapat dipasang di berbagai perangkat smartphone dengan sistem operasinya yang terbatas pada Android, iOS dan Windows.

Sedangkan media yang digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan PC yang kita miliki, aplikasi ini menawarkan konektivitas Wi-Fi dan bluetooth.

“Saya sudah unduh aplikasi ini, lalu bagaimana langkah-langkah pemasangan aplikasi ini?”

Jangan khawatir kalau bingung dalam pemasangan aplikasi ini, karena saya akan menjelaskan langkah-langkah mendetil tentang bagaimana cara memasang aplikasi ini sehingga dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan fungsi yang ditawarkan.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel