5 Antivirus Gratis Terbaik 2016

3 Feb 2016 16:10 4960 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
antivirus terbaik yang bisa kamu pilih

Saya kali ini akan membahas tentang  5 antivirus pilihan terbaik 2016 yang bisa kamu gunakan. Kelima antivirus ini bisa jadi andalan kamu dalam menghadang pengganggu dan perusak komputer yang tentunya selalu bikin kamu jengkel.

Nah, apa sajakah kelima antivirus terbaik di tahun 2016 ini? Silakan baca paparannya berikut ini!

 

1. Avast

5 Antivirus Gratis Terbaik 2016

Saya paling sering menggunakan Avast sebagai antivirus andalan. Padahal  dulu saya meragukan kemampuan dan kinerja Avast. Tapi, Avast telah membuktikan diri kalau mereka adalah antivirus yang mampu memindai virus komputer dengan baik.

Avast juga cukup sensitif terhadap jenis file .exe. Buat kamu yang sering instal program pasti tahu ada file .exe yang biasanya berupa aktivisasi untuk instal. Tapi file jenis ini sering disusupi virus atau malware. Nah, Avast ini mampu menghadang hal tersebut.

Hal lain yang saya suka dari Avast adalah tersedianya versi gratis dengan kinerja cukup baik dibandingkan antivirus gratis lainnya. Ukuran file gratisnya memang agak besar tetapi cukup ringan dan tidak membebani hardware. Untuk perfrma lebih baik dan  kinerja maksimal, Avast versi berbayar sangat disarankan.

 

2. AVG

5 Antivirus Gratis Terbaik 2016

Sebelum menggunakan Avast, komputer jadul saya terpasang antivirus AVG. Kinerjanya saat itu cukup baik. Sayangnya, AVG kinerja menurun. Tapi, beberapa tahun belakangan, antivirus ini meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik. Yang paling baik adalah AVG Anti Virus Free 2016 yang memiliki skor tinggi dalam sebuah ujicoba independen.

Dengan peningkatan yang lebih baik dan mendapatkan apresiasi dari tim independen, AVG bisa jadi andalan kamu untuk melindungi komputer atau laptop kamu dari serangan virus atau malware. Oh yah, AVG Internet  Security pun layak dicoba jika kamu aktif berinternet ria.

 

3. Avira

5 Antivirus Gratis Terbaik 2016

Avira Antivirus adalah antivirus alternatif terbaik yang bisa kamu gunakan. Antivirus ini mampu menghadirkan kinerja yang cukup baik meski menurut test, AVG masih tetap unggul. Tapi, tentu saja jika kamu kurang menyukai AVG dan membutuhkan antivirus pilihan terbaik, maka Avira adalah jawabannya.

Avira ini dulu sebenarnya antivirus yang saya hindari untuk digunakan. Ini lantaran antivirus berlogo payung ini terlalu sensitif terhadap data atau file. Sentivitas yang tinggi ini membuat file langsung terhapus dan tidak “dikarantina”. Tapi itu dulu, sekarang antivirus ini tidak kalah dengan AVG dan Avast. Tampilan antarmukanya juga lebih menarik.

 

4. Comodo Cleaning Essentials

5 Antivirus Gratis Terbaik 2016

Antivirus ini bagi saya terdengar baru.  Saya awalnya meragukan kemampuan antivirus ini. Tapi, antivirus ini ternyata mampu memberikan kinerja terbaik dalam membasmi virus-virus di komputer. 

Antivirus ini mampu menghapus virus tersembunyi, rootkit, ataupun registry key. Antivirus ini juga mampu mendeteksi proses yang berjalan. Artinya, jika komputer ada dalam tahap proses yang tidak wajar, antivirus ini medeteksi apakah ada virus yang mengganggu atau tidak.

Kelebihan lain dari Antivirus ini adalah sifatnya yang portabel.  Ini berarti, kamu tidak perlu menginstal yang kadang hanya memberatkan sistem. Kamu cukup pasang antivrus ini di USB dan biarkan antivirus ini bekerja dan memindai virus atau malware di komputer kamu dengan mudah dan sekali lagi, tanpa memberatkan sistem.

 

5. Smadav

5 Antivirus Gratis Terbaik 2016

Saya menyertakan antivirus lokal terbaik yang pernah saya pakai, Smadav. Antivirus ini merupakan pelindung komputer dari gangguan berbagai virus, terutama virus lokal.  Virus-virus lokal ini kadang tidak terdeteksi oleh antivirus lain. Nah, dengan Smadav, semua bisa diatasi dengan mudah.

Kelebihan lain dari Smadav adalah pemindaian komputer yang mendalam serta memiliki kinerja memperbaiki file yan terinfeksi malware. Jadi, kamu tidak akan kehilangan file penting yang terkena virus.

Satu hal lagi, antivirus yang identik dengan warna hijau ini memiliki kinerja yang baik dalam versi berbayarnya. Tenang, versi berbayarnya tidak mahal karena pengembang Smadav menerapkan sistem donasi dan bukan sistem harga pasti. Sesuatu yang sangat baik tentunya.

 

Nah, itulah 5 antivirus terbaik 2016 yang bisa kamu gunakan untuk komputer kamu. Kamu bebas memilih antivirus mana yang cocok dengan kamu. Hanya saja ingat, kamu tidak bisa memasang lebih dari satu antivirus karena selain memberatkan sistem juga akan berpengaruh terhadap saling terbacanya sebagai virus. Lain cerita untuk Smadav yang bisa dijalankan bersamaan dengan antivirus ternama lainnya.

 

 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel