Cara Bersihkan Komputer dalam Waktu 20 Menit

2 Feb 2016 17:00 6480 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan takut lagi membersihkan komputer sendiri, lakukan langkah-langkah berikut ini.

“Kebersihan adalah sebagian dari iman.”

Pasti banyak dari kita yang tahu tentang slogan tersebut. Menjaga kebersihan bagi kita adalah hal yang penting dan wajib dilakukan. Karena selain kita terjauh dari berbagai penyakit, menjaga kebersihan juga dapat memperlihatkan bahwa kita adalah orang yang suka kebersihan.

Bagi Anda yang punya perangkat komputer, menjaga kebersihan sendiri adalah hal yang wajib dilakukan setiap beberapa bulan sekali tergantung intensitas debu yang menumpuk di komputer. Karena jika komputer Anda dibiarkan penuh dengan debu, maka komputer Anda akan cepat panas dan akhirnya cepat rusak.

Membersihkan perangkat komputer bagi kebanyakan orang adalah hal yang sulit dilakukan. Selain karena takut merusak komponen yang terpasang di dalam komputer, banyak juga yang berpikir bahwa membersihkan perangkat komputer itu membutuhkan waktu lebih dari satu jam, bahkan hinggal 3 jam.

Membersihkan komputer sendiri sebenarnya cukup membutuhkan waktu 20 menit saja. Tentunya setelah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika Anda ingin membersihkan komputer Anda yang sudah berdebu.

 

1. Persiapan Dasar

Pastikan bahwa komputer Anda tidak terhubung dengan arus listrik, karena jika masih terhubung dengan arus listrik dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti sengatan listrik dan korsleting listrik.

Pastikan juga kabel-kabel yang terpasang pada perangkat komputer Anda terlepas seluruhnya, seperti kabel power, kabel usb, dan kabel-kabel lainnya.

Setelah selesai melepas kabel-kabel, bawalah komputer Anda ke tempat terbuka tapi teduh agar Anda nantinya dapat menghilangkan debu dengan mudah. Selain itu, demi menjaga pernapasan Anda agar tidak menghirup debu dari komputer, gunakanlah masker.

Selesai tahap persiapan, kita pindah ke tahap selanjutnya.

 

2. Persiapan Tahap Kedua: Siapkan Perlengkapan

Sebelum Anda membuka casing komputer Anda, sangatlah direkomendasikan bagi Anda untuk menyiapkan alat-alat untuk membersihkan komputer.

Alat-alat tersebut adalah:

• Obeng

• Sekaleng Air Duster yang dapat ditemukan di toko-toko

• Sehelai kain pembersih

• Thermal Paste bagi mereka yang ingin menambahkan pasta ke prosesornya

• Kuas cat berukuran kecil untuk membersihkan debu yang tidak terjangkau Air Duster.

• Pengikat Kabel

Bagi Anda yang tidak memiliki Air Duster dan lebih memilih menggunakan Vacuum Cleaner ataupun Air Blower, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Alasannya, vacuum cleaner dan sejenisnya dapat menyebabkan listrik statik yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen di motherboard, VGA dan tempat-tempat lainnya.

Setelah siap semuanya, saatnya Anda membuka casing dari komputer.

 

ke halaman berikutnya >>

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel