Para Remaja Korea Selatan Dikabarkan ingin Pindah Negara

29 Jan 2016 14:00 20948 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
7 Alasan berikut inilah penyebabnya.

Bagi yang suka budaya korea, baik itu film-filmnya ataupun lagu-lagunya pasti banyak memimpikan untuk tinggal selamanya atau setidaknya berkunjung sementara sebagai turis ke negara yang terkenal dengan operasi plastiknya tersebut.

Namun, ternyata bagi sebagian besar penduduk lokalnya yang berusia masih muda, Korea Selatan adalah sebuah negara yang ingin segera mereka tinggalkan.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah survey yang dilakukan oleh sebuah situs Korea Selatan bernama Saramin.

Situs ini melakukan survey terhadap 1,655 orang pria dan wanita dengan beberapa pertanyaan dengan salah satunya pertanyaan yang isinya menanyakan apakah mereka ingin bermigrasi keluar dari Korea Selatan atau tidak.

Cukup mengejutkan, dari semua responden yang disurvey, 78.6 persen diantaranya menjawab bahwa mereka ingin keluar dari negara tersebut jika mereka bisa. Diantara mereka yang ingin keluar tersebut, sebanyak 47.9 persen malah sudah membuat rencana untuk keluar dari Korea Selatan.

Dari hasil survey tersebut, 80 persen dari para partisipan yang berumur 20 tahun-an mengungkapkan keinginannya untuk pindah ke negara lain.

Kok bisa begitu? Apa yang menyebabkan para generasi penerus bangsa Korea Selatan tersebut ingin keluar dari negara tempat mereka dibesarkan?

Setidaknya ada 7 hal yang membuat banyak remaja Korea Selatan ingin segera keluar dari negara tersebut seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Kebebasan

Bagi kebanyakan orang luar, kehidupan di Korea Selatan mungkin terlihat sangat nyaman dan tanpa hambatan. Tapi bagi warga negara tersebut, gaya hidup di Korea Selatan dirasakan mereka sebagai gaya hidup yang penuh tekanan baik tekanan ketika mencari kerja dan tekanan ketika bekerja yang harus selalu mengejar waktu.

 

2. Kondisi Hidup dan Pekerjaan

Kondisi hidup yang tidak begitu nyaman dan terpenuhi segala kebutuhan setiap harinya jika dibandingkan dengan di negara-negara barat adalah salah satu penyebab para remaja disana ingin segera keluar dari negara tersebut.

Tidak hanyak itu, lingkungan pekerjaan di pabrik-pabrik di Korea Selatan juga cukup mengkhawatirkan.

Seperti yang dilansir oleh sebuah situs berita bernama Mic, lingkungan kerja di perusahaan-perusahaan pembuat smartphone di Korea Selatan seperti Samsung, sempat memakan korban dimana korbannya adalah para pekerjanya yang  terkena penyakit kanker darah atau yang biasa kita kenal dengan leukemia.

 

3. Ketidakseimbangan Kondisi Ekonomi

Setelah melalui masa-masa krisis moneter, Korea Selatan saat ini sedang mengalami sebuah hal yang dinamakan ketidakseimbangan kondisi ekonomi dimana penghasilan bagi kelas menengah dan kelas atas terpaut sangat jauh.

Padahal penduduk di Korea Selatan sendiri 70 persennya adalah warga kelas menengah.

 

4. Kegelisahan Setelah Berhenti Dari Pekerjaan

Bagi para karyawan swasta di Korea Selatan, pensiun dari pekerjaan adalah sebuah hal yang mereka tidak inginkan. Hal ini dikarenakan uang pensiun yang didapat setelah mereka berhenti bekerja dirasa tidak akan cukup untuk membiayai kehidupan mereka sehari-hari dalam waktu lama.

 

5. Lelah dengan Persaingan

Selain membantu satu sama lain, manusia hidup di dunia ini juga untuk bersaing dengan manusia lainnya.

Namun jika persaingannya terlalu ketat seperti apa yang terjadi di negara Korea Selatan, mereka yang sudah tidak tahan harus bersaing setiap hari dengan orang lain mau tidak mau akan jenuh dengan gaya hidup tersebut.

 

6. Rasa Tidak Percaya pada Negara

Setiap negara wajib melindungi penduduknya dari berbagai ancaman dan ketidaknyamanan.

Namun menurut sebagian besar penduduk Korea Selatan, negara yang juga terkenal dengan boyband dan girlband-nya  ternyata dianggap penduduk dari negara tersebut sebagai negara yang tidak begitu peduli pada keselamatan rakyatnya.

 

7. Negara Lain Lebih Menggiurkan

Ada pepatah berbunyi, “rumput tetangga selalu lebih hijau.”

Inilah yang sekarang sedang dirasakan sebagian besar penduduk di Korea selatan dimana mereka menganggap bahwa penghasilan di negara tersebut yang walaupun dari sudut pandang orang Indonesia dianggap besar, bagi warga Korea Selatan sendiri penghasilan yang didapat tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan ada beberapa warga yang menganggap bahwa penghasilan di negara-negara berkembang lebih menggiurkan dibandingkan Korea Selatan walaupun nilainya terpaut jauh jika nominalnya dibandingkan.

Hal ini dikarenakan di negara-negara berkembang yang menawarkan penghasilan lebih kecil dibandingkan Korea Selatan, biaya hidup sehari-harinya juga murah. [FM]

 

 

 

Sumber: Nate.com, Mic.com

 

About The Author

Fahd M. 79
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel