Kapasitas Power bank dan Aktivitas Bermain Smartphone

27 Jan 2016 19:00 2448 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sesuaikan kapasitas Power Bank yang dibeli dengan aktivitas keseharian Anda.

Smartphone sekarang ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer.

Hal ini sangat jelas terlihat dari kehidupan sehari-hari setiap orang yang hampir semuanya memegang smartphone ketika mereka sedang berjalan-jalan, sedang bekerja, sedang berkencan bahkan hingga ke kamar mandi.

Walaupun smartphone berhasil merubah hidup kita dengan berbagai keunggulannya, smartphone sendiri ternyata memiliki kekurangan fatal jika dibandingkan dengan ponsel yang masih berlayar hitam putih.

Kelemahan fatal tersebut adalah daya tahan baterainya yang paling lama hanya beberapa jam saja jika dipakai untuk melakukan berbagai aktivitas berat, ataupun kalau tidak digunakan sama sekali smartphone paling lama hanya akan bertahan dua hari saja.

Bagi yang menggunakan smartphone di rumah, mengisi daya baterai sangatlah gampang karena tinggal mencari colokan listrik terdekat yang jaraknya hanya beberapa langkah saja.

Namun bagaimana dengan mereka yang memiliki mobilitas tinggi?

Bagi mereka yang kehabisan baterai ketika sedang beraktivitas diluar, mencari colokan listrik untuk mengisi daya baterai adalah hal yang cukup sulit dan membuang-buang waktu.

Dari situlah tercipta sebuah benda pengisi daya baterai untuk smartphone bernama power bank.

Power bank adalah sebuah pengisi daya baterai smartphone ataupun ponsel yang portabel atau bisa dibawa kemana-mana sehingga cocok bagi mereka para pengguna smartphone yang punya mobilitas tinggi atau sering beraktivitas di luar ruangan.

Di pasaran, power bank sendiri terbagi pada berbagai banyak merek dan berbagai kapasitas, mulai dari merek tak ternama hingga merek ternama dengan kapasitas beragam yang umumnya berawal dari kapasitas 5000 mAh, 10000 mAh hingga 16000 mAh.

Bagi yang memiliki budget rendah, power bank berkapasitas 5000 mAh mungkin menjadi pilihan yang cukup bagi mereka yang suka beraktivitas diluar tapi tidak menggunakan smartphone untuk hal-hal yang berat karena kapasitas 5000 mAh sekarang ini umumnya hanya dapat digunakan untuk dua kali mengisi daya baterai sebuah smartphone terbaru kelas menengah yang ada di pasaran.

Harga untuk power bank dengan kapasitas 5000 mAh ini dipasaran Indonesia hanya berkisar 140 hingga 180 ribu saja.

Sedangkan power bank dengan kapasitas 16000 mAh sangat direkomendasikan bagi mereka yang punya budget tinggi dan setiap harinya selalu melakukan aktivitas berat dengan menggunakan smartphone.

Dengan kapasitas 16000 mAh sebuah powerbank dapat mengisi baterai hingga 4 kali pengisian untuk smartphone dengan kapasitas baterai 4000 mAh seperti Xiaomi Redmi Note 3, atau bisa hingga 5 kali pengisian untuk berbagai smartphone flagship yang rata-rata memiliki baterai dengan kapasitas 3000 mAh.

Harga yang ditawarkan untuk power bank dengan kapasitas 16000 ini terbilang murah jika dibandingkan dengan power bank berkapasitas 5000 mAh, hingga 2.5 kali lipatnya saja.

Kemudian yang terakhir adalah power bank dengan kapasitas 10000 mAh. Power bank ini adalah power bank yang mungkin paling saya rekomendasikan. Karena selain harganya sendiri jika dibandingkan dengan power bank berkapasitas 5000 mAh hanya memiliki selisihi 50 hingga 70 ribu rupiah saja, yaitu berada di kisaran 190 hingga 250 ribu rupiah saja.

Cukup hemat bukan untuk harga dengan kapasitas dua kali lipatnya?

Akhir kata, saya merekomendasikan untuk membeli power bank yang sesuai dengan budget dan situasi atau kondisi aktivitas sehari-hari dalam menggunakan smartphone.

Selain itu, dengan banyaknya merek-merek powerbank yang tersebar di pasaran, bagi kita yang ingin membeli power bank sebaiknya harus berhati-hati khususnya dengan power bank berkapasitas tinggi tapi dengan harga yang jauh dari apa yang disebutkan di atas.

Diharuskan berhati-hati karena di pasaran banyak power bank yang mengatakan bahwa power bank tersebut memiliki kapasitas mencapai 25000 bahkan 50000 mAh padahal kapasitas asli atau real capacity dari power bank tersebut hanyalah 3000 mAh atau malah 2000 mAh saja. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel