5 Alasan Kenapa Firefox Lebih Bagus Dibandingkan Chrome

19 Jan 2016 08:00 3084 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ada setidaknya 5 keunggulan Firefox yang tidak Chrome miliki

Browser apa yang Anda gunakan untuk berseluncur di dunia maya?

Perkembangan teknologi komputer hingga sekarang ini telah melahirkan berbagai macam browser yang memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Dua diantara sekian banyak browser yang beredar dan memiliki banyak pengguna diantaranya adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Kedua browser tersebut memang populer, tapi keduanya sepertinya tidak dapat disandingkan sejajar karena berdasarkan StatsCounter, Google Chrome mendominasi penggunaan browser di dunia dengan kepemilikan saham mencapai 47 persen di pasaran.

Walaupun jika dilihat dari angka penggunanya Firefox masih kalah jauh, dari segi kemampuan, browser ini sanggup berhadapan satu lawan satu dengan Google Chrome, bahkan mengalahkannya.

5 hal di bawah ini adalah alasan kenapa Firefox lebih bagus dibandingkan dengan Chrome.

 

1. Chrome itu lebih jelek dibandingkan Firefox karena selama bertahun-tahun sejak kelahirannya, browser ini dikenal sebagai browser yang haus akan resource. Sehingga, walaupun Google Chrome dikenal sebagai browser tercepat dalam hal merender halaman browser, penggunaan RAM dari browser ini cukup mengkhawatirkan.

Penggunaan RAM yang jauh lebih banyak khususnya pada laptop adalah sebuah masalah yang sangat besar, karena semakin besar penggunaan RAM pada sebuah laptop, maka semakin cepat juga baterai dari laptop tersebut habis.

Pada sebuah MacBook Pro Retina Display, penggunaan Firefox pada laptop tersebut dapat bertahan sampai 8-9 jam, sedangkan penggunaan Chrome hanya dapat bertahan 3 hingga 4 jam saja.

 

2. Chrome memang banyak memiliki apa yang dinamakan dengan “Extension.” Tapi apakah Anda tahu bahwa yang pertama kali memperkenalkan konsep “Extension” atau “Ekstensi” pada kita adalah Firefox?

Walaupun Chrome memiliki banyak ekstensi di Chrome Store, Firefox memiliki satu hal yang tidak browser Chrome miliki. Yaitu, ekstensi yang secara ekslusif diperuntukkan untuk Firefox saja. Salah satu contohnya adalah “NoScript” yang merupakan sebuah ekstensi yang sangat bermanfaat yang fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan keamanan dari browser Firefox sendiri dari ancaman yang berasal dari luar.

 

3. Privasi adalah sebuah hal yang sangat penting bagi sebagian orang. Dan tahukah Anda, bahwa dengan menggunakan Google Chrome artinya Anda sudah masuk ke mata pengawasan Google?

Dengan menggunakan browser Chrome, Google akan dapat melacak berbagai hal privat mengenai diri Anda seperti aktivitas yang sering Anda lakukan setiap hari. Tujuan dari Google dengan melakukan hal ini adalah untuk dapat mengirimkan iklan-iklan yang sesuai dengan minat Anda.

Contohnya saja Anda browsing menggunakan Google Chrome dan mencari sebuah sepeda di Google. Dengan Anda mengetikkan sepeda dan mengklik sebuah situs yang berkaitan dengan sepeda, Google akan secara otomatis menganalisa hal yang sedang Anda minati kemudian mengirimkan iklan-iklan komersil yang berkaitan dengan apa yan Anda minati.

Berbeda halnya dengan Firefox, Walaupun tidak ada browser yang memiliki privasi 100 persen aman, Firefox tidak seperti Google Chrome karena browser tersebut memiliki berbagai ekstensi yang siap dipasang untuk meningkatkan privasi Anda ketika berseluncur di internet.

 

4. Apabila Anda peselancar sejati yang suka berselancar di internet dengan membuka tab jendela browser hingga puluhan, maka Firefox lebih pas dipakai dibandingkan dengan Chrome.

Alasannya, semakin banyak Anda membuka tab pada browser Chrome, maka semakin kecil pula Elements yang ada pada tab tersebut sehingga Anda akan bingung ketika mencari tab spesifik yang sudah Anda buka.

Tidak hanya itu, Firefox juga memiliki kotak pencarian yang terpisah yang memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian lewat berbagai penyedia layanan seperti Bing dan DuckDuck Go.

 

5. Firefox memiliki Reader Mode sedangkan Google Chrome tidak. Reader Mode adalah sejenis fungsi dimana pengguna dapat mengganti sebuah halaman yang penuh dengan iklan menjadi sebuah halaman yang isinya hanyalah konten tertulis tanpa iklan dengan tampilan yang enak untuk dibaca. [FM]

 

 

 

sumber gambar: Lifehacker

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel